Namun, yang agak sulit dipahami adalah apabila ban habis pada sebelah bagian saja. Lalu, apa penyebab ban mobil habis sebelah? Apakah ada cara untuk mengatasinya? Yuk, AutoFamily simak langkahnya di sini!
1. Pengaturan sudut kemiringan ban tidak lurus
Penyebab ban mobil habis sebelah yang utama adalah pengaturan sudut kemiringan ban tidak lurus. Bagian antara permukaan ban tidak sama-sama rata menyentuh jalan sehingga ada bagian yang lebih condong ke luar dan tergerus aspal lebih dulu. Kondisi ini pastinya akan membuat sisi dalam ban lebih mudah aus karena bergesekan lebih keras dengan jalan.
Biasanya, pengaturan sudut yang tidak lurus ini terjadi saat penyetelan spooring. Setelan toe in dan toe out jauh dari nilai standar sehingga menyebabkan aus.
Kalau sudah begini, Anda disarankan segera mengunjungi bengkel Auto2000 untuk memperbaiki pengaturan ban dan mengganti komponen aus dengan yang baru.
2. Setelan suspensi
Di samping pengaturan sudut ban yang kurang lurus, penyebab ban mobil habis sebelah bisa pula dikarenakan setelan suspensi.
Kondisi tersebut terkait dengan sudut tapak ban ke tanah yang tidak pas tegak lurus dengan tanah, entah itu menyebabkan ban miring ke dalam atau luar.
Kalau ada sisi permukaan ban yang lebih miring, maka sudah pasti membuat area tersebut lebih cepat aus bergesekan dengan jalan.
Selain itu, suspensi yang kurang pas berpengaruh pula pada camber. Bila sisi bawah ban miring ke arah luar, maka dikatakan membentuk camber negatif sehingga bagian dalam ban yang akan terkikis lebih cepat.
Sebaliknya, bila sisi bawah ban miring ke arah dalam, maka akan membentuk camber positif dengan bagian sisi luar ban aus duluan.
Hal ini perlu diperhatikan karena fungsi suspensi juga vital untuk keseimbangan mobil saat berkendara.
Baca juga: Komponen Kepala Silinder Mesin Mobil
3. Tekanan angin
Tekanan angin pada ban yang tidak sesuai dengan pedoman juga bisa menjadi penyebab ban mobil habis sebelah. Kalau ban terlalu sedikit menerima tekanan angin, maka sisi permukaan luarnya lah yang akan cepat aus.
Sedangkan, apabila tekanan terlalu tinggi melebihi pedoman, maka sisi bagian tengah yang lebih mudah terkikis lebih dulu.
AutoFamily juga perlu berhati-hati bila memompa ban tidak sesuai dengan tekanan yang disarankan. Terutama bila tekanan yang diberikan berlebih, karena putaran panas yang tinggi di dalam ban bisa menambah tekanan di dalamnya sehingga berisiko memecahkan lapisan ban. Selalu patuhi pedoman pengisian tekanan ban untuk menjaga komponen paling bawah mobil ini.
Cara mengatasi ban mobil habis sebelah
Sebenarnya, penyebab ban mobil habis sebelah bisa langsung diatasi kalau Anda segera mengunjungi bengkel Auto2000. Teknisi profesional akan dengan sigap mengecek dan melakukan servis. Namun, bila belum memungkinkan untuk pergi ke bengkel, berikut cara mengatasi ban mobil habis sebelah:
- Ambil dongkrak dan pasangkan pada bagian chasis untuk membuat bagian ban tergantung.
- Goyangkan ban ke kiri, kanan, atas, dan bawah. Jika posisinya terasa longgar, maka itu tandanya memang benar ada masalah.
- Dalam posisi yang tidak didongkrak, fokuskan perhatian Anda pada posisi ban dan lihat apakah ada sudut kemiringan. Bila memang benar miring, maka ball joint-nya bisa jadi aus. Anda dapat menyetel baut sayap yang bisa digeser untuk menyelaraskan kembali posisi ban.
Bila ternyata penanganan mandiri ban aus sebelah tidak memberikan hasil maksimal, maka segeralah mengunjungi bengkel Auto2000 untuk melakukan servis.
Penyebab ban mobil habis sebelah akan dicari tahu oleh montir bengkel sehingga dapat dilakukan perbaikan. Pemilik mobil Toyota seri apapun dapat menikmati fasilitas layanan bengkel Auto2000 ini dengan lakukan booking online terlebih dahulu untuk melakukan servis di cabang Auto2000 terdekat Anda.
Dapatkan juga berbagai informasi, promo hingga spesifikasi mobil Toyota Fortuner, Toyota Kijang Innova, Toyota Sienta, hingga Toyota Yaris terbaru untuk Anda selengkapnya di Auto2000 Digiroom.
Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil Secara Efektif