LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Cara Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil secara Efektif

Cara menghilangkan noda aspal di bodi mobil yang secara tidak sengaja timbul karena percikan butiran yang menempel ke bodi mobil bagian bawah. 

Kesalnya, noda aspal yang menempel ini akan makin mengeras dan berisiko merusak lapisan cat mobil. Tidak jarang pula noda percikan aspal mengotori bumper, grill, rumah spion, dan bawah pintu.

Cara Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil dalam 4 Langkah

Karenanya, Anda harus segera cari tahu cara menghilangkan noda aspal di bodi mobil seperti berikut ini. 

1. Bersihkan dulu seluruh bodi mobil 

Sebelum AutoFamily melakukan cara menghilangkan noda aspal di bodi mobil, akan jauh lebih baik bila Anda mencuci mobil dulu dengan menggunakan air biasa.

Tujuannya untuk menghapus debu, kotoran, dan noda lain di samping noda aspal yang menempel. Bila debu dan kotoran telah terbasuh, Anda akan lebih jelas melihat bagian bodi mobil yang terkena aspal. 

Setelah mencuci mobil dengan air, pastikan seluruh bagian bodi luarnya telah kering dengan sempurna. Jangan pernah membersihkan noda aspal apabila mobil Anda masih dalam keadaan basah. 

Hal ini akan meningkatkan risiko cat tergores saat pembersihan dilakukan. Tidak hanya bodi mobil saja yang perlu dibersihkan, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan kabin mobil.

Baca juga: Ini 8 Cara Membersihkan Radiator Mobil

2. Gunakan cairan penetran 

Setelah mobil dicuci dan kering, kini Anda bisa melihat dengan jelas bagian mana saja yang terkena noda aspal. Biasanya area velg, bumper, grill, hingga bawah pintu adalah bagian rawan terkena percikan aspal. Oleh karena itu, fokuskan perhatian Anda pada bagian-bagian bawah bodi mobil sebelum beralih ke bagian atas. 

Cara menghilangkan noda aspal di bodi mobil yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan cairan penetran. Cairan ini sudah banyak dikenal di dunia otomotif sebagai cairan pembersih karat. 

Bila noda aspalnya belum terlalu kering dan menempel ketat, maka ini bisa membantu. Langkahnya, semprotkan ke noda aspal di bodi mobil. Kemudian, diamkan beberapa saat untuk membiarkan cairan meresap. Setelah itu, usap noda dengan perlahan menggunakan kain lembut. 

3. Hindari menekan noda aspal

Saat Anda menggunakan cairan, hindari menekan atau menggosok kasar permukaan bodi mobil yang terkena noda aspal. Alih-alih noda terangkat dan bagian luar kendaraan jadi bersih, yang akan Anda dapatkan adalah goresan dan cat yang terkelupas. Oleh karena itu, usap saja secara perlahan bagian noda yang sudah disemprot menggunakan kain lap yang lembut. Bila tidak terangkat, gunakan cara berikutnya. 

4. Bila noda sudah membandel, gunakan tar remover

Cara menghilangkan noda aspal di bodi mobil paling ampuh dan sering berhasil adalah dengan menggunakan tar remover. Ini adalah cairan khusus yang dipakai untuk menghapus noda membandel pada bodi mobil, termasuk noda aspal.

Namun, berbeda dari yang bisa langsung disemprotkan ke bodi mobil, tar remover wajib disemprotkan pada kain lembut atau busa sebelum diusapkan ke bagian panel bodi mobil. 

Usapkan kain lap atau busa tersebut ke bodi mobil yang kena aspal. Bila noda sudah terangkat dan bodi mobil bersih, segera cuci bagian panel tersebut menggunakan sampo khusus mobil dan bilas dengan air agar tar remover terangkat seluruhnya.

Satu hal penting untuk diperhatikan, Anda harus melakukan pembersihan dan pencucian mobil ini sekaligus. Jadi, misalnya ada tiga bagian mobil yang kena aspal, bersihan dulu satu bagian dengan tar remover dan cuci dengan sabun, baru beralih ke bagian lain. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Kerak Oli Pada Mesin Mobil

Mudah saja sebenarnya cara menghilangkan noda aspal di bodi mobil. Anda bisa melakukannya asal punya tar remover, kain lembut, dan sabun khusus mobil. 

Namun, apabila AutoFamily kurang yakin dan khawatir terhadap cat mobil Toyota, maka sebaiknya kunjungi saja cabang Auto2000 terdekat atau menggunakan layanan Bodi & Cat dari Auto2000 yang dapat dipesan secara online. 

Dapatkan berbagai informasi hingga penawaran menarik dari Toyota Fortuner dana Toyota Kijang Innova di Auto2000.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo OCTOFEST Calya DP Ringan
Penawaran spesial di bulan Oktober, ikutan OCTOFEST dan nikmati keuntungannya! Dapatkan mobil Calya sekarang dengan DP Ringan mulai dari 24 jutaan* aja dan Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa pompa elektrik. Anda juga akan mendapatkan potongan PPnBM hingga 100%* loh.

Yuk dapatkan penawarannya sekarang dan nikmati mudahnya beli mobil bersama Auto2000.

Isi formulir di bawah untuk dapatkan penawarannya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku

14 Oktober 2021
Promo OCTOFEST Avanza
Mau beli mobil Avanza yang banyak keuntungannya? Ikutan program special dari Auto2000 di bulan Oktober yuk!

Hanya di Auto2000, Anda bisa mendapatkan asuransi all risk 1 tahun hanya dengan membayar 2 juta rupiah*! Anda cukup melakukan pembelian Toyota Avanza secara cash, dan Anda bisa nikmati keuntungannya.

Tak hanya itu, setiap pembelian melalui Digiroom Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier! Yuk dapatkan penawarannya sekarang dengan megisi formulir di bawah.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*Syarat dan ketentuan berlaku

14 Oktober 2021
Octo Fest Cicilan Ringan
Mau punya mobil stylish tanpa perlu bayar mahal? Ikutan program Cicilan Ringan aja! Melali EZ Deal Anda bisa mendapatkan mobil
- All New Yaris dengan cicilan mulai dari 3,4juta / bulan
-Toyota Raize dengan cicilan mulai 2,7 juta / bulan*
-Toyota Vios dengan cicilan 4 juta / bulan*
-Toyota Rush dengan cicilan mulai 3,4 juta / bulan*

Dengan mengikuti program ini, cicilannya terjamin ringan! Anda juga bisa mendapatkan potongan PPnBM hingga 100%* loh. Yuk isi formulir di bawah untuk dapatkan penawarannya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku

11 Oktober 2021
Toyota Flexi Service
Mau servis mobil tapi takut harga gak bersahabat? Ikutan Toyota Flexi Service aja! Anda bisa fleksibel pilih servis yang Anda perlukan dan sesuai untuk kebutuhan mobil Toyota Anda.

AutoFamily bisa memilih beberapa pilihan paket seperti:
- Paket Servis Rem mulai dari 226ribu*
- Paket Tune Up mulai dari 336ribu*
- Paket Servis AC mulai dari 215ribu*
- Paket Wiper Set + Wiper Fluid mulai dari 118ribu*
Semakin hemat kan? Program ini bisa Anda dapatkan untuk booking servis di bengkel ataupun melalui THS Auto2000 Home Service loh.

Penawaran ini berlaku sampai dengan 31 Desember 2021.

Booking servis sekarang dan jangan sampai ketinggalan promonya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

01 Oktober 2021
Tanya TasiaBackground Lazy GIF