Pakai Mobil Diesel Harus Pintar Pilih Pom Bensin"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Pakai Mobil Diesel Harus Pintar Pilih Pom Bensin

Auto2000.co.id – Mobil diesel memiliki kelebihan tersendiri saat dikendarai jarak jauh, relatif lebih irit bahan bakar dibandingkan mobil berbahan bakar bensin.

Namun untuk menjaga performanya, pemilik mobil diesel wajib memperhatikan beberapa hal penting. Paling utama adalah ketika akan mengisi bahan bakar.

Pastikan memilih pom bensin (SPBU) yang tepat. Artinya memiliki kualitas terpercaya, pasalnya SPBU yang bagus tentunya akan selalu ramai dikunjungi yang menandakan putaran sirkulasi di tangki timbun lebih cepat.

“Bila sirkulasi diesel di tangki timbun lebih cepat, artinya tidak akan ada pengendapan karena terlalu lama,” ucap Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna.

BACA JUGA : Spesial Untuk Generasi Millenial, Aplikasi Auto2000 Mobile Siap Memanjakan Kebutuhan Perawatan dan Pembelian Mobil Toyota

“Memang akan sedikit sulit mencarinya, terutama setelah lepas dari jalan tol masuk ke daerah, hal ini lantaran pemerataan kualitas bahan bakar diesel belum terlaksana dengan baik,” lanjutnya.

Untuk mengatasi hal ini, Suparna menganjurkan untuk memilih SPBU yang kondisinya ramai, terutama saat masuk ke kota-kota besar.

SPBU yang cenderung sepi atau terlihat tak terawat cenderung putaran stok BBM juga lambat, artinya akan ada proses pengendapan yang terjadi di dalam tangki timbun.

Seperti diketahui, BBM sejenis solar memiliki kadar sulfur yang cukup tinggi. Pada sulfur terkandung residu yang biasanya akan mengendap di dalam tangki SPBU bila terlalu lama.

BACA JUGA : Waspadalah! Ini Pemicu Karat Tumbuh di Bodi Mobil Anda

Akan lebih parah lagi bila sudah tercampur air, kondisi inilah yang biasanya terjadi di SPBU yang sepi atau yang tergolong sudah berumur dan minim perawatan.

Karena itu, bila menemukan SPBU yang ramai, jangan tunda untuk mengisi kembali BBM. Apalagi bila memang indikator bahan bakar sudah setengah, karena belum tentu akan menemukan SPBU besar lainnya.

“Kalau dari Jakarta menuju daerah mungkin tidak begitu sulit, arah baliknya ini yang akan sulit,” terang Suparna.

“Bila memang terpaksa mengisi di SPBU yang dengan kualitas rendah, disarankan cek lagi kondisi mesin dan filter usai sampai di kota tujuan. Hal ini berguna untuk menjaga performa kendaraan tetap prima,” tutupnya.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia