LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Pahami Beda Perawatan Mobil Baru dan Mobil Lama

 

Auto2000.co.id – Perawatan merupakan kunci utama supaya kondisi mobil selalu prima dan bisa diandalkan ketika diajak beraktivitas.

Buat pemilik mobil dengan usia baru dan lama, ternyata ada perbedaan perawatannya. Tujuannya tentu untuk memastikan kondisi kendaraan tetap terjaga.

Perawatan ini biasa dilakukan sesudah mobil melakukan perjalanan jauh, bisa ke luar kota atau sehabis liburan bersama keluarga keliling kota misalnya.

Menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, paling mudah itu mengelompokkan mobil yang usianya di bawah atau lebih dari 5 tahun pemakaian.

BACA JUGA : Begini Cara Cegah Karat Tumbuh di Bodi Mobil, Nomor 1 Deteksi Dini

Untuk mobil baru, kata Suparna, perawatan usai perjalanan jauh bisa cukup dilakukan dengan melakukan servis berkala saja. Lagi pula, seharusnya jarak tempuh belum sampai 50.000 km, dan konsumen masih mendapat fasilitas free service.

“Dari segi teknis ada perbedaan perawatan mobil baru dan lama. Mobil baru biasanya memang tidak ada kerusakan, tinggal manfaatkan layanan gratisnya saja sudah cukup, apalagi bila hanya berjalan 1.000 sampai 1.500 km saja,” katanya.

Sementara untuk mobil yang sudah berumur atau digunakan lima tahun lebih, bentuk perawatannya memang tak berbeda jauh. Seperti pengecekan kondisi mesin, oli, kaki-kaki, pengereman, dan lain sebagainya.

Hanya saja teknisnya akan lebih detail. Contohnya, untuk mobil manual selain oli transmisi juga dicek kondisi kampas koplingnya, lalu timing belt, sampai kaki-kaki.

BACA JUGA : Wajib Paham! Ini Alasan Ban Mobil Anda Harus Spooring dan Balancing

Begitu juga untuk mobil matik, mulai dari oli, kampas kopling otomatis, kampas rem, bahkan sampai pelumas di power steering.

Menurut Suparna, dengan usia mobil yang makin hari makin bertambah, ada kemungkinan komponen yang digunakan juga mulai terkikis. Karena itu dibutuhkan pengecekan ekstra untuk memastikan kondisinya.

“Filter udara juga beda, kalau mobil baru biasanya hanya dibersihkan namun mobil lama lebih baik langsung diganti saat servis pasca perjalanan jauh,” jelas Suparna.

“Kaki-kaki, dan pendingin udara juga pasti akan mendapat perhatian lebih bagi mobil yang sudah lima tahun, intinya lebih detail karena untuk memastikan mobil sehat digunakan kembali beraktivitas,” katanya.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia