Cancel

Pahami Beda Perawatan Mobil Baru dan Mobil Lama

 

Auto2000.co.id – Perawatan merupakan kunci utama supaya kondisi mobil selalu prima dan bisa diandalkan ketika diajak beraktivitas.

Buat pemilik mobil dengan usia baru dan lama, ternyata ada perbedaan perawatannya. Tujuannya tentu untuk memastikan kondisi kendaraan tetap terjaga.

Perawatan ini biasa dilakukan sesudah mobil melakukan perjalanan jauh, bisa ke luar kota atau sehabis liburan bersama keluarga keliling kota misalnya.

Menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, paling mudah itu mengelompokkan mobil yang usianya di bawah atau lebih dari 5 tahun pemakaian.

BACA JUGA : Begini Cara Cegah Karat Tumbuh di Bodi Mobil, Nomor 1 Deteksi Dini

Untuk mobil baru, kata Suparna, perawatan usai perjalanan jauh bisa cukup dilakukan dengan melakukan servis berkala saja. Lagi pula, seharusnya jarak tempuh belum sampai 50.000 km, dan konsumen masih mendapat fasilitas free service.

“Dari segi teknis ada perbedaan perawatan mobil baru dan lama. Mobil baru biasanya memang tidak ada kerusakan, tinggal manfaatkan layanan gratisnya saja sudah cukup, apalagi bila hanya berjalan 1.000 sampai 1.500 km saja,” katanya.

Sementara untuk mobil yang sudah berumur atau digunakan lima tahun lebih, bentuk perawatannya memang tak berbeda jauh. Seperti pengecekan kondisi mesin, oli, kaki-kaki, pengereman, dan lain sebagainya.

Hanya saja teknisnya akan lebih detail. Contohnya, untuk mobil manual selain oli transmisi juga dicek kondisi kampas koplingnya, lalu timing belt, sampai kaki-kaki.

BACA JUGA : Wajib Paham! Ini Alasan Ban Mobil Anda Harus Spooring dan Balancing

Begitu juga untuk mobil matik, mulai dari oli, kampas kopling otomatis, kampas rem, bahkan sampai pelumas di power steering.

Menurut Suparna, dengan usia mobil yang makin hari makin bertambah, ada kemungkinan komponen yang digunakan juga mulai terkikis. Karena itu dibutuhkan pengecekan ekstra untuk memastikan kondisinya.

“Filter udara juga beda, kalau mobil baru biasanya hanya dibersihkan namun mobil lama lebih baik langsung diganti saat servis pasca perjalanan jauh,” jelas Suparna.

“Kaki-kaki, dan pendingin udara juga pasti akan mendapat perhatian lebih bagi mobil yang sudah lima tahun, intinya lebih detail karena untuk memastikan mobil sehat digunakan kembali beraktivitas,” katanya.

Auto2000

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo - aMAYzing dengan Paket Avanza, Veloz, Rush & Raize
Rasakan ketangguhan Toyota Rush dan All New Toyota Veloz, Toyota Raize, All New Avanza dengan program aMAYzing dari Auto2000. Mulai dari DP ringan 20% dengan bunga 0%, DP Ringan Rp 30 Juta, atau Bunga Ringan 0% untuk tenor 1 tahun!*

AutoFamily juga bisa mendapatkan hadiah langsung saldo astra pay senilai Rp 3.000.000 plus saldo astra pay senilai 1.000.000 untuk setiap program trade in dan free insurance selama 2 tahun.*

Ayo mulai perjalanan penuh percaya diri dengan mengisi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk memberikan penawaran terbaik!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan Avanza
Nikmati perjalanan bersama keluarga yang lebih seru dengan All New Toyota Avanza. Nikmati Program Promo aMAYzing dari Auto2000 dengan beragam pilihan Paket Kredit mulai dari bunga 0% untuk tenor 6 bulan, cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.7 Jutaan/bulan, hingga DP mulai dari Rp 32.1 Jutaan untuk pembelian All New Toyota Avanza.*

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 melalui program tukar tambah Toyota Trust.

Yuk mulai perjalanan bersama All New Toyota Avanza dengan mengisi formulir di bawah dan tim Auto2000 akan segera menghubungi untuk memberikan penawaran terbaik.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan DP Ringan
Nikmati setiap momen perjalanan bersama Toyota Impian. Nikmati promo DP Ringan Rp 34 Juta untuk pembelian Toyota Agya dan Toyota Calya melalui program Promo aMAYzing hanya melalui Auto2000.

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap program tukar tambah melalui Toyota Trust.

Jadi tunggu apa lagi? Segera isi formulir di bawah ini dan Tim Auto2000 akan segera menghubungi AutoFamily.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan EZ Deal
Ingin nyaman berkendara bersama keluarga? Sekarang promo aMAYzing telah hadir memberikan solusi yang terbaik untuk mobil baru pilihan mu loh! Nikmati cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.5 Jutaan per bulan di program Promo aMAYzing dari Auto2000.

Ini dia beberapa model Toyota yang bisa dicicil melalui program EZ Deal:
Toyota Raize, cicilan mulai Rp 2.5 juta/bulan*
Toyota Avanza, cicilan mulai Rp 2.7 juta/bulan*
Toyota Rush, cicilan mulai Rp 3.1 juta/bulan*
Toyota Veloz, cicilan mulai Rp 3.2 juta/bulan*
Toyota Yaris, cicilan mulai Rp 3.3 juta/bulan*
Toyota Vios, cicilan mulai Rp 3.5 juta/bulan*

AutoFamily juga bisa mendapatkan saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap tukar tambah melalui program Toyota Trust, lho!

Hemat bukan? Yuk, segera isi formulir di bawah untuk mendapatkan penawaran terbaik dari Auto2000 sekarang!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
More News
digiroom
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF