oleholehkhastuban.webp

12 Oleh-Oleh Khas Tuban, Wajib Dibawa Pulang Saat Mudik

Diterbitkan29 Mei 2024

Saat mudik ke Tuban, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas Tuban untuk keluarga di rumah. Kota yang terletak di pesisir utara Jawa Timur ini memiliki beragam kuliner dan kerajinan unik yang menjadi ciri khasnya. 


Dari makanan tradisional hingga kerajinan tangan, Tuban menawarkan berbagai pilihan oleh-oleh yang tak hanya lezat, tetapi juga luar biasa. Jika AutoFamily memerlukan rekomendasi oleh-oleh khas Tuban, Anda bisa simak informasi lengkap di bawah ini.


12 Oleh-Oleh Khas Tuban

Saat berkunjung ke Tuban, membawa pulang oleh-oleh khas Tuban adalah sebuah keharusan. Kota yang dikenal dengan julukan Kota Wali ini memiliki beragam oleh-oleh yang unik dan berkesan, mulai dari kuliner khas hingga suvenir kerajinan tangan yang menawan. 


Oleh-oleh ini tidak hanya sebagai tanda mata, tetapi juga sebagai cara untuk memperkenalkan budaya dan kekayaan lokal Tuban kepada keluarga dan teman di rumah. Berikut beberapa oleh-oleh khas Tuban yang wajib Anda bawa pulang:


Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Tuban untuk Keluarga


1. Kecap Laron

Kecap laron adalah salah satu produk kuliner khas Tuban yang sangat populer. Terbuat dari kedelai berkualitas tinggi dan difermentasi dengan cara tradisional, kecap ini memiliki rasa yang khas dan aroma yang menggugah selera. Selain digunakan sebagai bumbu masak, kecap ini juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena keunikannya yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

2. Ledre Pisang

Ledre pisang merupakan camilan manis yang terbuat dari pisang yang dibungkus dengan adonan tipis dan renyah. Camilan ini memiliki rasa manis yang pas dan tekstur yang crunchy, tidak heran jika makanan ini menjadi favorit banyak orang. Ledre pisang sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena tahan lama dan mudah dibawa.


3. Batik Gedog

Batik gedog adalah salah satu kerajinan tangan khas Tuban yang memiliki nilai seni tinggi. Batik ini dibuat dengan teknik tradisional yang diwariskan secara turun-temurun. Motifnya yang unik dan warnanya yang khas membuat batik gedog sangat diminati oleh kolektor dan pecinta seni. Membawa pulang batik gedog sebagai oleh-oleh adalah pilihan yang tepat untuk memberikan kesan mendalam tentang budaya Tuban.


4. Karena Lamongan

Meski bukan asli Tuban, karena Lamongan sering dijual di pasar-pasar Tuban sebagai salah satu oleh-oleh populer. Ini adalah kerupuk yang terbuat dari ikan atau udang, dengan tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Karena Lamongan sangat cocok dijadikan camilan saat bersantai bersama keluarga.


DAFTAR BENGKEL DAN DEALER TOYOTA AUTO2000 TERDEKAT DAPAT ANDA TEMUKAN DI AUTO2000 DIGIROOM! 


5. Brem

Brem Tuban adalah minuman fermentasi yang terbuat dari ketan. Rasanya yang manis dan sedikit asam membuatnya menjadi minuman yang menyegarkan. Brem Tuban sering disajikan dalam acara-acara adat dan merupakan bagian dari warisan budaya setempat. Membawa brem sebagai oleh-oleh dapat menjadi cara yang baik untuk memperkenalkan cita rasa minuman tradisional Tuban.


Baca Juga: 10 Kuliner di Jalur Pantura Tuban, Lezatnya!


6. Topeng Keramik

Topeng keramik khas Tuban merupakan suvenir yang unik dan artistik. Topeng-topeng ini dibuat oleh perajin lokal dengan detail yang sangat halus, menggambarkan karakter-karakter dalam cerita rakyat dan legenda setempat. Topeng keramik ini tidak hanya berfungsi sebagai hiasan, tetapi juga sebagai cerminan dari kekayaan budaya Tuban.


7. Rengginang

Rengginang adalah camilan tradisional yang terbuat dari beras ketan yang dikeringkan dan digoreng hingga renyah. Rengginang Tuban terkenal dengan rasanya yang gurih dan teksturnya yang kriuk-kriuk. Camilan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena mudah dibawa dan disukai oleh berbagai kalangan usia.


8. Mangut Manyung

Mangut manyung merupakan olahan ikan manyung yang dimasak dengan bumbu mangut khas Tuban. Rasanya yang pedas dan gurih membuat hidangan ini sangat diminati. Meskipun lebih cocok disantap di tempat, Anda juga bisa membawa bumbu mangut sebagai oleh-oleh agar bisa memasak sendiri di rumah.


9. Empek-Empek Tunas

Empek-empek tunas adalah salah satu variasi pempek yang khas dari Tuban. Berbeda dengan pempek Palembang, empek-empek tunas memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasa yang khas. Disajikan dengan kuah cuko yang manis pedas, oleh-oleh ini akan menjadi favorit di rumah.


10. Kerajinan Anyaman Pandan

Kerajinan anyaman pandan merupakan salah satu produk unggulan dari Tuban. Berbagai barang seperti tas, tikar, dan dompet dibuat dari daun pandan yang dianyam dengan teknik tradisional. Kerajinan ini tidak hanya cantik, tetapi juga ramah lingkungan, menjadikannya oleh-oleh yang istimewa dan bermakna.

 

DAPATKAN MOBIL IMPIAN ANDA DENGAN JAMINAN GARANSI TERBAIK HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM!


11. Kopi Tuban

Kopi Tuban dikenal memiliki cita rasa yang khas dan aroma yang kuat. Ditanam di dataran tinggi dengan iklim yang cocok untuk perkebunan kopi, biji kopi dari Tuban menghasilkan rasa yang unik dan berbeda dari kopi lainnya. Membawa pulang kopi Tuban akan menjadi pilihan oleh-oleh yang sempurna bagi pecinta kopi di rumah.


12. Keripik Tempe

Keripik Tempe khas Tuban adalah camilan yang terbuat dari tempe yang diiris tipis dan digoreng hingga renyah. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kriuk membuat keripik tempe ini sangat digemari. Selain menjadi camilan, keripik tempe juga cocok sebagai teman makan nasi atau sekadar ngemil di waktu senggang.


Baca Juga: 8 Wisata Kuliner Khas Nganjuk Enak & Terkenal


Membawa oleh-oleh khas Tuban saat mudik bukan hanya sekadar tradisi, tetapi juga cara untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan kuliner dari kota ini. Tersedia berbagai pilihan oleh-oleh mulai dari kecap Laron yang khas, ledre pisang yang manis, hingga kerajinan tangan seperti batik gedog dan topeng keramik, Tuban menawarkan sesuatu yang istimewa bagi setiap orang. 


Jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang oleh-oleh khas Tuban yang dapat membuat keluarga dan teman di rumah merasakan keistimewaan kota ini. Selain itu, pastikan perjalanan mudik AutoFamily lebih nyaman dengan memilih kendaraan yang tepat. 


Untuk perjalanan jarak jauh yang nyaman, cek rekomendasi mobil hatchback yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh di Auto2000. Temukan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Auto2000 dan nikmati perjalanan mudik yang aman dan menyenangkan!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.