Toyota Innova Zenix

10 Kuliner di Jalur Pantura Tuban: Jelajahi Hidangan Lezatnya!

Diterbitkan19 Feb 2024

Jika AutoFamily sedang merencanakan perjalanan mudik melalui jalur Pantura Tuban, persiapkan diri untuk menyambut petualangan kuliner yang tak terlupakan. Jalur Pantura Tuban, yang terletak di Jawa Timur, tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang memesona, tetapi juga kaya akan ragam kuliner lezat yang memanjakan lidah. Dalam artikel ini, Auto2000 akan membantu memberikan AutoFamily rekomendasi kuliner di jalur Pantura Tuban. 


Mulai dari nikmatnya sajian seafood segar di pinggir pantai hingga cita rasa khas hidangan nasi campur khas Tuban. Melalui berhenti sejenak untuk mencicipi hidangan lokal, Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dalam perjalanan mudik. Simak di bawah ini sebagai pertimbangan kuliner apa yang akan Anda coba saat melintasi Pantura Tuban.


10 Kuliner di Jalur Pantura Tuban

Saat berada di jalur Pantura Tuban, Anda akan menemukan beragam kuliner lezat yang patut untuk dicoba. Berikut ini adalah 10 kuliner di jalur Pantura Tuban yang harus AutoFamily cicipi saat berada di sana:


1. Rawon

Rawon adalah salah satu hidangan khas Jawa Timur yang wajib dicoba ketika Anda berada di jalur Pantura Tuban. Hidangan ini terkenal dengan kuahnya yang berwarna hitam pekat, sebuah biji hitam yang memberikan rasa khas dan warna gelap pada kuahnya. 


Daging sapi yang diiris tipis dan direbus dalam kuah rawon akan memberikan cita rasa gurih yang memanjakan lidah. Ditambah dengan irisan telur asin, taoge, bawang goreng, dan sambal yang pedas, rawon Tuban menjadi hidangan yang memikat dan menggugah selera. 


2. Lontong Pecel 

Lontong pecel adalah salah satu hidangan yang menjadi ikon kuliner di jalur Pantura Tuban. Lontong tersebut disajikan dengan pecel, campuran sayuran segar seperti kacang panjang, kecambah, taoge, daun singkong, dan kangkung yang direbus. 


Seluruh bahan sayuran ini kemudian dilumuri dengan sambal pecel yang kaya akan cita rasa pedas, gurih, dan sedikit manis. Kelezatan lontong pecel Tuban tidak hanya terletak pada kombinasi rasa yang sempurna antara sambal dan sayuran, tetapi juga pada kesegaran sayuran yang masih renyah serta lontong yang mengenyangkan. 


Baca juga: Yuk, Cari Tahu Cara Merawat Mobil Pulang Liburan


3. Rujak Engos-Engos

Rujak engos-engos adalah salah satu hidangan rujak yang menjadi kebanggaan kuliner pesisir di Kabupaten Tuban. Hidangan ini terkenal karena bahan utamanya, yaitu rebusan rumput laut, yang memberikan tekstur unik dan segar pada hidangan tersebut. Disajikan bersama dengan beragam sayuran seperti kangkung, kecambah, dan buah-buahan segar.


Selain itu, tambahan lontong dapat disesuaikan dengan selera masing-masing pembeli. Rujak ini menggunakan bumbu ulekan yang khas, terdiri dari cabai merah, cabai rawit, terasi, asam Jawa, petis, dan garam sehingga memberikan sentuhan pedas, gurih, dan segar yang memperkaya rasa hidangan ini.

 

DAPATKAN BANTUAN PURNA JUAL TERBAIK DI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG

4. Serabi Lodeh

Serabi Lodeh adalah salah satu hidangan unik yang dapat ditemui di Tuban, di mana serabi yang biasanya disajikan dengan santan atau sebagai varian manis dengan aneka topping khas Jawa Barat, diubah menjadi hidangan yang menggoda selera dengan tambahan sayur lodeh. 


Dalam hidangan ini, serabi yang lembut dan empuk disajikan bersama dengan sayur lodeh. Kuah sayur lodeh yang pedas dan asin dengan campuran berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, terong, labu siam, dan tempe, yang direbus dalam kuah santan kental. 


5. Ketan Tuban

Tapai Ketan khas Tawaran, Kabupaten Tuban, memang memiliki keunikan tersendiri dalam penyajiannya. Meskipun tidak jauh berbeda dengan tapai ketan di tempat lain, cara penyajian yang tradisional dan unik menjadikan tapai ketan ini istimewa. 


Salah satu aspek yang membedakannya adalah kemasannya yang dilakukan dengan menggunakan daun ploso. Perbedaan ini menciptakan identitas tersendiri bagi tapai ketan khas Tuban, membedakannya dari tapai ketan di daerah lain yang umumnya dibungkus dengan daun pisang.


Baca juga: Ketahui Kecepatan Mobil Yang Dianjurkan di Jalan


6. Becek Mentok

Becek Mentok adalah salah satu hidangan yang menjadi kegemaran di Tuban, terutama bagi para pencinta cita rasa pedas. Hidangan ini terdiri dari kuah becek yang kaya akan bumbu rempah pedas, dicampur dengan santan yang memberikan tekstur lembut dan kental pada kuahnya. 


Daging entok yang empuk dan beraroma khas, berpadu sempurna dengan kuah becek yang pedas dan gurih. Kelezatan becek mentok tidak hanya terletak pada kepedasan kuahnya, tetapi juga pada perpaduan rempah-rempah yang meresap.


7. Pelas Palang

Kuliner di jalur Pantura Tuban selanjutnya adalah pelas palang. Hidangan ini sering dikenal sebagai dadar jagung, bakwan jagung, atau gimbal jagung di beberapa daerah, merupakan salah satu kuliner yang menjadi daya tarik di jalur Pantura Tuban. 


Asalnya berasal dari Kecamatan Palang, membuatnya sering dijadikan sebagai pendamping nasi dan olahan ikan khas daerah tersebut. Cita rasa pelas palang sangat khas, dengan kombinasi pedas, gurih, dan manis yang membuatnya sangat disukai oleh masyarakat setempat. 



JANGAN LEWATKAN PROMO TOYOTA TERBAIK DI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG


8. Dumpek

Dumpek adalah salah satu kuliner di jalur Pantura Tuban yang menarik perhatian dengan citarasa manisnya yang khas. Hidangan ini memiliki bentuk yang unik, memanjang dan dibungkus dengan daun lontar, kemudian dibentuk menyerupai trompet.


 Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan Dumpek antara lain beras yang dihaluskan, gula merah, dan santan. Proses pengolahannya memadukan bahan-bahan tersebut secara cermat sehingga menghasilkan tekstur yang lembut namun kaya akan cita rasa manis. 


9. Kari Rajungan

Kari rajungan adalah hidangan khas Tuban yang patut untuk dicicipi oleh para pecinta kuliner. Rajungan adalah bahan utama dalam hidangan ini yang memberikan cita rasa unik dan gurih. Kari rajungan disajikan dalam kuah kari yang kaya akan rempah-rempah, santan, dan bumbu-bumbu lainnya yang memberikan rasa yang begitu lezat dan memikat.


10. Legen

Legen adalah minuman khas Tuban yang diambil dari nira pohon Lontar atau Siwalan. Minuman ini merupakan salah satu kebanggaan kuliner dari daerah Tuban, karena tidak mengandung campuran bahan pengawet dan memiliki daya tahan yang cukup lama, dapat bertahan hingga 12 hari dalam kondisi dingin. 


Bahan baku utamanya adalah legen yang masih segar, baru saja dipetik dari pohonnya. Proses pembuatannya dimulai dengan penyaringan legen secara berulang-ulang untuk memastikan kebersihannya, kemudian direbus dengan api kecil.


Baca juga: Wajib Untuk Perjalanan Jauh! Makanan Dan Minuman Pencegah Mabuk Perjalanan

Dari sepuluh kuliner di jalur Pantura Tuban yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa jalur Pantura Tuban menawarkan beragam kuliner yang menggugah selera dan unik. Setiap hidangan memiliki ciri khasnya sendiri yang memikat para pecinta kuliner. Oleh karena itu, AutoFamily dapat mempertimbangkan untuk mencicipi hidangan-hidangan tersebut saat melewati jalur Pantura Tuban sehingga pengalaman perjalanan berkesan.


Jika Anda ingin menjelajahi kelezatan kuliner di jalur Pantura Tuban dengan nyaman bersama keluarga, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Auto2000 Digiroom! Anda dapat menjelajahi berbagai pilihan mobil keluarga empat seater dari Toyota yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga untuk menemukan mobil Toyota yang sempurna untuk perjalanan mudik Anda!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.