kuliner khas nganjuk .webp

8 Wisata Kuliner Khas Nganjuk Enak & Terkenal

Diterbitkan28 Mei 2024

Nganjuk, sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, dikenal memiliki kekayaan kuliner yang mengundang selera. Kuliner khas Nganjuk menawarkan cita rasa yang unik dan autentik, mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat setempat. 


Dari hidangan utama hingga camilan tradisional, setiap makanan khas Nganjuk dibuat dengan bahan-bahan pilihan dan resep yang telah diwariskan secara turun-temurun. Dalam artikel berikut, Auto2000 akan mengajak Anda untuk mengenal berbagai kuliner khas Nganjuk yang menggugah selera dan wajib Anda coba saat berkunjung ke kota ini.


Kuliner Khas Nganjuk

Saat berkunjung ke kota Nganjuk, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi berbagai kuliner khas Nganjuk yang menggugah selera. Tenang saja, biasanya berbagai makanan khas ini mudah ditemukan terutama di tempat-tempat wisata. Apa saja kuliner yang wajib dicoba? Simak informasi selengkapnya di bawah ini:


1. Nasi Becek

Nasi Becek adalah salah satu kuliner yang paling terkenal di Nganjuk. Hidangan ini terdiri dari nasi yang disiram dengan kuah kental berwarna kecokelatan yang terbuat dari rempah-rempah khas dan santan. Kuah ini memiliki rasa gurih dan sedikit pedas yang sangat menggugah selera. 


Nasi Becek biasanya disajikan dengan potongan daging sapi yang empuk dan taburan bawang goreng. Hidangan ini seringkali disandingkan dengan pelengkap seperti sate kambing atau jeroan sapi yang dipanggang. Cita rasa yang kaya dan lezat membuat Nasi Becek menjadi favorit banyak orang.


2. Sego Banting

Sego Banting adalah sajian sederhana yang terdiri dari nasi putih yang dilengkapi dengan lauk pauk seperti tempe, tahu, sayuran, dan rempeyek. Hal yang membuat Sego Banting unik adalah penggunaan sambal khas Nganjuk yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti cabai, bawang putih, dan terasi. 


Sambal ini memberikan rasa pedas yang menggigit dan aroma yang kuat. Hidangan ini sering disajikan dengan pelengkap berupa lalapan seperti mentimun dan daun kemangi. Kesederhanaan dan kelezatan Sego Banting membuatnya menjadi salah satu kuliner yang digemari oleh masyarakat Nganjuk.


3. Onde-onde Ketawa

Onde-onde Ketawa adalah jajanan tradisional dengan bentuk yang unik dan mekar, mirip dengan senyum atau tawa, sehingga membuatnya disebut Onde-onde Ketawa. Kue ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan gula dan bahan lainnya, lalu dibentuk bulat dan digoreng hingga kering. 


Tekstur luarnya yang renyah berpadu dengan rasa manis yang lezat di dalamnya. Onde-onde Ketawa sering dinikmati sebagai camilan sore hari bersama teh atau kopi. Keunikan bentuk dan rasanya yang enak membuat Onde-onde Ketawa selalu menarik perhatian.


4. Nasi Jagung

Nasi Jagung adalah hidangan yang terdiri dari nasi dicampur dengan jagung pipil yang sudah dimasak. Nasi Jagung seringkali disajikan dengan lauk sederhana seperti ikan asin, tempe, tahu, dan sayuran. 


Nasi Jagung memiliki rasa yang khas, sedikit manis dan gurih, yang berasal dari jagung yang digunakan. Hidangan ini bukan hanya lezat, tetapi juga mengandung nutrisi yang baik karena jagung kaya akan serat dan vitamin. 


5. Dumbleg

Dumbleg adalah jajanan khas Nganjuk yang terbuat dari tepung beras ketan, gula merah, dan santan. Kue ini dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus hingga matang. Dumbleg memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis yang khas dari gula merah. Aromanya yang harum berasal dari daun pisang yang digunakan sebagai pembungkus. 


Dumbleg sering dijadikan sebagai kudapan atau oleh-oleh khas Nganjuk yang sangat disukai. Keunikan rasa dan cara pembuatannya membuat Dumbleg menjadi salah satu kuliner tradisional yang patut dicoba.


6. Nasi Tumpang

Nasi Tumpang adalah sajian nasi yang disajikan dengan sambal tumpang, yaitu sambal yang terbuat dari tempe yang sudah difermentasi (tempe bosok). Sambal ini dimasak dengan santan dan berbagai bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan daun salam. 


Nasi Tumpang biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam, telur, dan sayuran seperti bayam atau kangkung. Rasa sambal tumpang yang gurih dan sedikit pedas berpadu sempurna dengan nasi putih yang hangat. 


7. Asem-asem Kambing

Ingin mencoba hidangan berkuah? Asem-asem kambing bisa jadi pilihan yang tepat. Makanan yang satu ini terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan bumbu asem dan rempah-rempah. Kuahnya yang segar dan asam berasal dari penggunaan asam Jawa dan tomat. Hidangan ini memiliki rasa yang kaya dan kompleks, dengan perpaduan antara rasa gurih dari daging kambing dan asam dari kuahnya. 


Asem-asem Kambing biasanya disajikan dengan nasi putih dan pelengkap seperti kerupuk atau emping. Kelezatan dan keunikan rasa dari Asem-asem Kambing membuatnya menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat Anda berkunjung ke Nganjuk.


8. Kerupuk Upil

Kerupuk Upil adalah salah satu camilan khas Nganjuk yang memiliki nama unik dan rasa yang enak. Kerupuk ini terbuat dari adonan tepung tapioka yang diberi bumbu rempah-rempah, kemudian digoreng hingga kering dan renyah. 


Nama "Upil" mungkin terdengar aneh, tetapi kerupuk ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang sangat renyah, sehingga cocok dijadikan camilan atau pelengkap hidangan. Kerupuk Upil sering dijual dalam kemasan plastik dan mudah ditemukan di pasar atau toko oleh-oleh di Nganjuk. 


BOOKING SERVIS UNTUK MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA SEKARANG DI AUTO2000 DIGIROO

Pesona Wisata Nganjuk

Selain kuliner yang lezat, Nganjuk juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang dapat Anda eksplorasi di Nganjuk.


Baca Juga: 12 WISATA ALAM JAWA TIMUR YANG HARUS DIKUNJUNGI!


1. Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo adalah salah satu destinasi wisata alam yang paling terkenal di Nganjuk. Terletak di Kecamatan Sawahan, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 105 meter dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah. Air Terjun Sedudo tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga memiliki sejarah dan mitos yang menarik. 


Konon, air terjun ini memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit dan memberikan kesegaran bagi siapa saja yang mandi di bawahnya. Keindahan alam dan cerita-cerita yang melingkupinya membuat Air Terjun Sedudo menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi.


2. Goa Margo Tresno

Goa Margo Tresno menawarkan keindahan alam bawah tanah. Goa ini terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngetos. Di dalam goa, AutoFamily akan menemukan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami selama ribuan tahun. 


Goa Margo Tresno juga memiliki suasana yang sejuk dan tenang, cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus mencari ketenangan. Selain itu, goa ini juga sering dijadikan sebagai tempat meditasi oleh masyarakat sekitar. Keunikan dan keindahan alam yang ditawarkan membuat Goa Margo Tresno menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi.


3. Taman Pandan Wilis

Taman Pandan Wilis adalah taman rekreasi yang terletak di pusat kota Nganjuk dan menawarkan berbagai fasilitas untuk rekreasi dan bersantai, seperti area bermain anak, jogging track, dan area piknik. 


Taman Pandan Wilis juga sering digunakan sebagai tempat untuk berbagai acara dan kegiatan komunitas. Keberadaan pepohonan yang rindang dan berbagai fasilitas yang disediakan membuat taman ini menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. 


4. Candi Lor

Candi Lor adalah situs sejarah yang terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Candi Lor terbuat dari batu bata merah dan memiliki arsitektur yang khas. Selain sebagai situs sejarah, candi ini juga sering dijadikan sebagai tempat peribadatan oleh masyarakat sekitar. 


5. Taman Nasional Gunung Wilis

Taman Nasional Gunung Wilis adalah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan pegunungan dan hutan tropis. Taman nasional ini terletak di perbatasan antara Nganjuk dan beberapa kabupaten lainnya. Di dalam taman nasional, Anda dapat menemukan berbagai flora dan fauna yang khas, serta menikmati kegiatan seperti hiking, camping, dan birdwatching


Nganjuk tidak hanya kaya akan kuliner yang lezat, tetapi juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik dan beragam. Dengan mengunjungi kota ini, AutoFamily dapat menikmati kelezatan kuliner khas Nganjuk sekaligus mengeksplorasi keindahan alam dan situs sejarah yang ada.


Baca Juga: 10 WISATA NGANJUK YANG MENAKJUBKAN UNTUK DIKUNJUNGI


Jika AutoFamily berencana untuk mengunjungi Nganjuk, pastikan untuk menyusun rencana perjalanan yang matang agar dapat menikmati seluruh keindahan dan kelezatan kuliner khas Nganjuk.

Untuk mendukung perjalanan Anda menjelajahi kuliner khas Nganjuk, pastikan AutoFamily memilih kendaraan yang nyaman dan efisien. Mobil LCGC untuk perjalanan jarak jauh dari Toyota yaitu Toyota Calya adalah pilihan tepat. 


Toyota Calya menawarkan performa andal, kenyamanan optimal, dan efisiensi bahan bakar yang tinggi untuk menemani perjalanan jarak jauh AutoFamily. Dengan Toyota Calya, perjalanan bersama keluarga atau teman-teman akan semakin menyenangkan dan bebas hambatan. 

Segera kunjungi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan penawaran terbaik dan jadikan perjalanan Anda ke berbagai kota di Indonesia menjadi lebih sempurna.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Gambar di atas hanyalah ilustrasi.


Gambar hanya ilustrasi.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.