oleh oleh khas toraja

Jangan Lewatkan Beli 8 Oleh-Oleh Khas Toraja Berikut Ini

Diterbitkan19 Jun 2024

Toraja, dengan budaya dan tradisinya yang kaya, tidak hanya menawarkan pengalaman wisata yang memukau tetapi juga berbagai oleh-oleh khas yang menarik. Setiap oleh-oleh dari Toraja memiliki cerita dan keunikan tersendiri sehingga sangat cocok dijadikan kenang-kenangan dari perjalanan AutoFamily. 


Dari kopi yang nikmat hingga kerajinan tangan yang artistik, oleh-oleh khas Toraja bisa jadi cara untuk membawa pulang sepotong kecil keindahan dan warisan budaya dari daerah ini. Supaya Anda tak bingung barang atau makanan seperti apa yang perlu dibeli, Auto2000 sudah menyiapkan 8 rekomendasi di bawah ini. Mari mulai pembahasannya sekarang juga!


Mengenal Toraja Lebih Dekat

Toraja, sebuah daerah di Sulawesi Selatan, Indonesia, terkenal dengan kekayaan budaya dan tradisi yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Salah satu aspek yang paling dikenal dari Toraja ialah upacara pemakamannya yang unik dan rumit, yang dikenal sebagai Rambu Solo. 


Upacara ini bisa berlangsung selama beberapa hari dan melibatkan serangkaian ritual yang sangat sakral dan penting bagi masyarakat Toraja. Selain itu Toraja juga terkenal dengan rumah adatnya yang disebut Tongkonan dengan bentuk atap melengkung menyerupai perahu. Tongkonan tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, tetapi juga sebagai pusat kegiatan sosial dan budaya bagi masyarakat Toraja.


Pemandangan alam Toraja juga sangat memukau. Area ini dikelilingi oleh pegunungan hijau, lembah yang indah, dan sawah terasering yang menakjubkan. Daerah ini merupakan destinasi wisata yang populer bagi mereka yang ingin merasakan suasana pedesaan yang tenang dan jauh dari hiruk-pikuk kota. 


Tidak hanya itu, Toraja juga memiliki kekayaan kuliner yang khas dan berbagai kerajinan tangan yang artistik. Dengan segala keindahan alam dan kekayaan budayanya, Toraja jelas jadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi bagi Anda yang ingin mengeksplorasi keunikan budaya Indonesia.


INGIN MEMILIKI MOBIL BEKAS DENGAN SERTIFIKAT RESMI DAN TEPERCAYA? KUNJUNGI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG JUGA!

8 Oleh-Oleh Khas Toraja yang Perlu Anda Coba

Saat berkunjung ke Toraja, jangan sampai lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khasnya. Oleh-oleh ini tidak hanya unik tetapi juga sarat dengan nilai budaya dan tradisi yang mendalam. Berikut 8 oleh-oleh khas Toraja yang tidak boleh Anda lewatkan.


1. Kopi Toraja

Kopi Toraja adalah salah satu kopi terbaik di dunia yang memiliki cita rasa khas dengan aroma yang memikat. Kopi ini ditanam di dataran tinggi Toraja dengan iklim dan kondisi tanahnya yang sangat ideal untuk pertumbuhan biji kopi berkualitas tinggi. 


Rasa kopi Toraja yang kompleks, dengan perpaduan asam, manis, dan sedikit pahit, membuatnya menjadi favorit di kalangan pecinta kopi. Anda dapat membeli biji kopi yang sudah dipanggang atau bahkan bubuk kopi yang siap diseduh.


2. Kacang Sembunyi

Kacang Sembunyi termasuk camilan khas Toraja yang unik dan lezat. Camilan ini terdiri dari kacang tanah yang dibungkus dengan adonan tepung renyah, kemudian digoreng hingga berwarna keemasan. 


Rasa gurih dari kacang berpadu dengan kerenyahan lapisan tepung, menciptakan kombinasi sempurna untuk dinikmati sebagai camilan sehari-hari. Kacang Sembunyi biasanya dikemas dalam kantung plastik atau wadah khusus, sehingga mudah untuk dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh.


3. Deppa Tori

Deppa Tori adalah kue tradisional Toraja yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan kelapa parut. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis yang khas, menjadikannya camilan yang sempurna untuk dinikmati kapan saja. Deppa Tori umumnya dijadikan suguhan pada acara-acara khusus dan merupakan salah satu makanan yang harus dicoba saat berkunjung ke Toraja. 


Baca Juga: Yuk Eksplor 9 Kuliner Khas Aceh yang Unik & Lezat


4. Bannang-Bannang

Kemudian ada juga kue yang disebut sebagai bannang-bannang alias kue rambut. Pasalnya kue ini memang berbentuk seperti rambut dengan rasanya yang manis. Kue ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang diproses dengan keterampilan khusus. 


INGIN PERGI LIBURAN BERSAMA KELUARGA TANPA MASALAH? JANGAN LUPA JADWALKAN BOOKING UNTUK MOBIL KESAYANGAN ANDA DI AUTO2000 DIGIROOM

5. Miniatur Rumah Adat Tongkonan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Tongkonan termasuk budaya yang dipertahankan secara turun-temurun. Itu sebabnya rumah tongkonan ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh dalam bentuk miniatur. Oleh-oleh seperti ini dibuat mendetail yang sangat mirip dengan aslinya, lengkap dengan ukiran dan atap berbentuk melengkung.


6. Ukiran Khas Toraja

Ukiran khas Toraja juga termasuk salah satu bentuk seni yang sangat dihargai. Ukiran ini biasanya dibuat dari kayu dan memiliki motif rumit serta penuh makna filosofis. Setiap motif ukiran memiliki arti tersendiri yang berkaitan dengan kehidupan, alam, juga spiritualitas masyarakat Toraja. Ukiran ini bisa berupa panel dinding, patung, atau hiasan lainnya yang akan mempercantik interior rumah dan mengingatkan Anda akan kekayaan budaya Toraja.


7. Kain Tenun Toraja

Apabila Anda suka dengan kain unik dari seluruh penjuru Indonesia maka kain tenun dari Toraja ini tak boleh dilewatkan. Kain tenun Toraja merupakan salah satu hasil kerajinan tangan yang ditenun dengan menggunakan teknik tradisional yang diwariskan turun-temurun. Motifnya yang khas dan warna-warnanya yang cerah membuat kain tenun Toraja sangat menarik.


Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Khas Aceh yang Wajib Dibawa Pulang


8. Tau-Tau

Tau-Tau sebenarnya mengacu pada patung kayu yang merupakan replika dari orang yang telah meninggal dan umumnya dibuat sebagai bagian dari tradisi pemakaman di Toraja. Meskipun pada awalnya Tau-Tau digunakan dalam upacara adat, kini patung-patung tersebut juga dibuat sebagai oleh-oleh khas Toraja. 


Tau-Tau ini biasanya dibuat dalam ukuran kecil dan dijual sebagai suvenir. Membawa pulang Tau-Tau bisa menjadi cara unik untuk mengingat perjalanan Anda dan memperkenalkan budaya Toraja kepada teman dan keluarga di rumah.


Setiap oleh-oleh, mulai dari kopi yang nikmat hingga kerajinan tangan yang artistik, menceritakan kisah tentang keindahan dan keunikan Toraja. Meski ada banyak kesempatan untuk kembali ke Toraja, tentu Anda tak boleh kelewatan untuk membeli oleh-oleh khasnya.


Pastikan kamu menjelajahi kekayaan budaya dan tradisi Toraja melalui oleh-oleh khasnya yang menawan. Kemudian pastikan Anda juga melakukan persiapan terbaik untuk memastikan perjalanan ke Toraja nyaman dan menyenangkan. Jika membutuhkan kendaraan yang tepat, Auto2000 punya rekomendasi mobil touring terbaik dari Toyota.


Anda bisa langsung mencari mobil yang tepat sesuai kebutuhan hanya dengan mengunjungi Auto2000 Digiroom. Di sini Anda bisa melihat berbagai jenis mobil dengan spesifikasi berbeda-beda. Anda bahkan bisa menjadwalkan test drive untuk mencoba mengendarai dan memastikan semua fitur yang tersemat dalam mobil sesuai dengan kebutuhan berkendara. Langsung jadwalkan test drive Anda di Auto2000 Digiroom sekarang!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar di atas hanyalah ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.