oleholehkhasaceh.webp

10 Oleh-Oleh Khas Aceh, Wajib Dibawa Pulang Saat Mudik

Diterbitkan28 Mei 2024

Mudik ke Aceh bukan hanya tentang menikmati keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga tentang menjelajahi kekayaan budaya dan kuliner yang khas. Salah satu hal yang wajib dibawa pulang sebagai kenang-kenangan adalah oleh-oleh khas Aceh. 


Dari jajanan tradisional hingga kerajinan tangan yang unik, setiap jenis oleh-oleh ini memuat cerita dan keunikan tersendiri yang mampu mewakili pesona budaya Aceh yang begitu kaya. Jika AutoFamily mencari referensi oleh-oleh yang hendak dibawa pulang, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.


10 Oleh-Oleh Khas Aceh

Mengunjungi Aceh tidak hanya memberikan pengalaman luar biasa melalui pemandangan alamnya yang memesona, tetapi juga membuka pintu menuju kelezatan dan kekayaan budaya yang unik. Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan saat berada di Aceh adalah membeli oleh-oleh khasnya. Berikut rekomendasi oleh-oleh yang bisa Anda bawa:


Baca Juga: Trip Jakarta ke Aceh Berapa Jam Naik Mobil?


1. Rendang Aceh

Rendang Aceh merupakan salah satu oleh-oleh khas kuliner yang paling terkenal dari provinsi Aceh. Dibuat dengan menggunakan daging sapi yang dimasak dalam campuran rempah-rempah khas Aceh, rendang ini memiliki cita rasa yang kaya dan kompleks. 

Proses memasak yang panjang membuat daging menjadi empuk dan rempah-rempah meresap, menciptakan hidangan yang lezat dan menggugah selera. Rendang Aceh seringkali dianggap sebagai salah satu rendang terbaik di Indonesia, dan menjadi oleh-oleh yang sangat diinginkan oleh para wisatawan yang mengunjungi Aceh.

2. Kopi Gayo

Kopi Gayo adalah salah satu varietas kopi terbaik di Indonesia yang berasal dari daerah Gayo di Aceh. Kopi Gayo dikenal karena kualitasnya yang unggul, dengan rasa yang kaya dan aroma yang harum. 

Proses pengolahan kopi yang teliti dan tanaman kopi yang tumbuh di ketinggian memberikan karakteristik yang istimewa pada kopi ini. Kopi Gayo seringkali menjadi oleh-oleh favorit bagi para pengunjung yang ingin membawa pulang potongan dari kekayaan kopi Indonesia.


3. Keripik Jamur

Keripik jamur merupakan camilan khas Aceh yang terbuat dari jamur yang diiris tipis, kemudian digoreng hingga menjadi renyah. Jamur yang digunakan biasanya adalah jamur khas Aceh seperti jamur tiram atau jamur kuping. 


Oleh-oleh ini memiliki cita rasa gurih dan renyah yang membuatnya menjadi camilan yang sangat populer di kalangan wisatawan. Selain rasanya yang lezat, keripik jamur juga memiliki keunggulan sebagai oleh-oleh karena daya tahan yang cukup lama, sehingga bisa bertahan dalam perjalanan pulang.


4. Batik Aceh

Batik Aceh adalah salah satu karya seni tekstil tradisional yang khas dari Aceh. Motif-motif batik Aceh seringkali terinspirasi dari alam dan budaya lokal, seperti motif gambar pohon pinang atau motif hewan laut. 


Proses pembuatan batik Aceh membutuhkan keahlian dan ketelatenan yang tinggi, mulai dari proses mewarnai hingga proses canting yang menghasilkan motif yang indah dan detail. Batik Aceh menjadi oleh-oleh yang sangat dihargai karena keindahan dan keunikan motifnya, serta nilai budaya yang terkandung di dalamnya.


DAFTAR BENGKEL DAN DEALER TOYOTA AUTO2000 TERDEKAT DAPAT ANDA TEMUKAN DI AUTO2000 DIGIROOM! 


5. Rencong

Rencong merupakan senjata tradisional khas Aceh yang memiliki bentuk yang unik dan memiliki nilai sejarah yang penting. Meskipun pada zaman sekarang lebih sering dijadikan sebagai barang hiasan atau koleksi, rencong tetap menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diinginkan oleh para pengunjung yang mengunjungi Aceh. 


Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Khas Lampung, Wajib Coba!


Dengan gagang yang terbuat dari kayu dan bilah yang terbuat dari besi yang dilengkapi dengan hiasan yang indah, rencong menjadi simbol keberanian dan kekuatan dalam budaya Aceh.


6. Keripik Pisang

Keripik pisang adalah camilan khas Aceh yang terbuat dari irisan pisang yang kemudian digoreng hingga renyah. Pisang yang digunakan umumnya jenis pisang kepok atau pisang raja. Camilan ini memiliki rasa manis alami dari pisang yang dipadu dengan rasa gurih dari proses penggorengan, hingga menciptakan kombinasi cita rasa yang lezat.


7. Sirup Khas Aceh

Sirup khas Aceh seringkali dibuat dari bahan-bahan alami seperti bunga kembang sepatu atau buah-buahan tropis yang tumbuh di daerah Aceh. Sirup ini memiliki rasa yang segar dan manis, dan sering digunakan sebagai campuran dalam minuman atau sebagai sirup penyedap pada makanan.


Baca Juga: 8 Pantai di Sumatera yang Indah untuk Berlibur


8. Wayang Aceh

Wayang Aceh adalah seni pertunjukan tradisional yang unik dari Aceh, yang menggunakan wayang-wayang berukuran besar yang dipahat dari kayu. Setiap wayang memiliki penampilan yang unik dan seringkali mewakili tokoh-tokoh dalam cerita-cerita epik Aceh. Wayang Aceh sering dijadikan sebagai suvenir yang istimewa karena keindahan dan keunikannya.

9. Kerajinan Perak

Aceh dikenal akan kerajinan peraknya yang indah dan berkualitas tinggi. Berbagai jenis perhiasan dan barang-barang dekoratif seperti gelang, kalung, dan cincin, dibuat dengan menggunakan teknik tradisional oleh para perajin perak Aceh. Kerajinan perak ini menjadi oleh-oleh yang sempurna bagi Anda yang menghargai keindahan dan kehalusan dalam perhiasan.


DAPATKAN MOBIL IMPIAN ANDA DENGAN JAMINAN GARANSI TERBAIK HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM!


10. Petai Aceh

Petai Aceh adalah jenis petai yang tumbuh di daerah Aceh dan memiliki rasa yang khas dan unik. Biasanya dikemas dalam bentuk kering atau diasinkan, petai Aceh menjadi oleh-oleh kuliner yang unik dan berbeda, cocok untuk dibawa pulang sebagai cenderamata dari perjalanan Anda di Aceh.


Oleh-oleh khas Aceh tidak hanya sekadar barang dagangan atau camilan, tetapi juga merupakan simbol kekayaan budaya dan keindahan alam yang dimiliki oleh provinsi ini. Dari kuliner lezat hingga kerajinan tangan yang indah, setiap oleh-oleh membawa cerita dan nilai-nilai yang khas dari Aceh.


Jadi, jika Anda merencanakan perjalanan jauh ke Aceh atau destinasi lainnya, pastikan Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Salah satu aspek penting dalam merencanakan perjalanan adalah memilih kendaraan yang tepat untuk memastikan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.


Auto2000 menyediakan rekomendasi mobil Toyota untuk perjalanan jauh, seperti Avanza, Innova, hingga Land Cruiser. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Auto2000 dan dapatkan mobil Toyota impian Anda untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.