oleholehkhassukabumi.webp

7 Oleh Oleh Khas Sukabumi, Wajib Dibawa Pulang Saat Mudik

Diterbitkan28 Mei 2024

Sukabumi, sebuah kota yang terletak di Jawa Barat, menawarkan keindahan alam yang memukau dan kekayaan budaya yang menarik. Selain dikenal dengan tempat-tempat wisata alamnya, Sukabumi juga memiliki beragam kuliner khas yang dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman. 


Ketika berkunjung ke Sukabumi, Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan, tetapi juga membawa pulang kenangan manis dalam bentuk makanan khas yang lezat dan unik. 


Dari mochi hingga kue jahe, oleh-oleh khas Sukabumi menawarkan cita rasa yang autentik dan tak terlupakan. Coba cari tahu beberapa oleh-oleh yang wajib AutoFamily bawa pulang berikut ini!


7 Oleh-Oleh Khas Sukabumi yang Wajib Dicoba

Sukabumi memiliki beragam oleh-oleh khas yang tidak hanya lezat tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi daerahnya. Berikut beberapa oleh-oleh khas Sukabumi yang wajib Anda coba dan bawa pulang.


Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Sukabumi yang Menakjubkan


1. Mochi Kaswari Lampion

Mochi Kaswari Lampion jelas termasuk oleh-oleh paling terkenal dari Sukabumi. Mochi ini memiliki tekstur kenyal dengan isian kacang tanah yang manis dan gurih. Kulitnya yang tipis dan lembut membungkus isi yang lezat sehingga memberikan sensasi makan yang unik. 


Mochi Kaswari Lampion sangat digemari karena kualitas bahan dan cara pembuatannya yang tradisional, menjaga rasa autentik dari generasi ke generasi. Rasanya yang khas menjadikannya oleh-oleh yang wajib dibawa pulang bagi siapa saja yang berkunjung ke Sukabumi.


DAPATKAN PENAWARAN TOYOTA TERBARU DI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG JUGA


2. Bandros

Bandros adalah kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung beras dan kelapa parut. Kue ini dipanggang hingga matang hingga menghasilkan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Bandros biasanya disajikan dengan taburan gula pasir atau keju untuk menambah kelezatannya. Aroma kelapa yang kuat dan rasa gurih membuat Bandros menjadi camilan yang sempurna untuk segala usia. Bandros juga tahan lama dan tetap enak meskipun sudah dingin, sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh.


3. Sate Aci

Sate Aci mengacu pada camilan khas Sukabumi yang terbuat dari tepung kanji atau aci. Aci nantinya akan dibentuk menjadi bulatan kecil, ditusuk dengan lidi, dan dibakar hingga matang. Sate Aci disajikan dengan bumbu kacang yang pedas dan manis untuk memberikan sensasi rasa yang nikmat. 


Camilan ini sangat populer di kalangan anak-anak dan dewasa karena rasanya yang khas serta cara makannya yang praktis. Sate Aci tak sulit ditemukan, Anda hanya perlu pergi ke pasar dan pusat oleh-oleh di Sukabumi maka sate aci tersebut pasti bisa dinikmati.


4. Sagon Bakar

Sagon Bakar adalah kue tradisional yang terbuat dari kelapa parut, tepung ketan, dan gula. Adonan ini dipanggang hingga matang untuk menghasilkan kue dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Sagon Bakar memiliki rasa kelapa yang dominan, menjadikannya camilan yang lezat dan bergizi. 


5. Kue Jahe

Kue Jahe merupakan kue tradisional yang memiliki rasa manis dengan aroma dan rasa jahe yang khas. Kue ini terbuat dari campuran tepung, gula, dan jahe yang dipanggang hingga matang. 


Kue Jahe tidak hanya enak, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan karena kandungan jahe yang baik untuk tubuh. Kue ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh, terutama bagi mereka yang menyukai kue tradisional dengan cita rasa khas. Kue Jahe sering disajikan dalam berbagai acara dan menjadi favorit di kalangan masyarakat lokal.


6. Geco

Geco, atau Taoge dan Taoco, adalah makanan khas Sukabumi yang terbuat dari campuran taoge, taoco, ketupat, mi, dan bumbu kacang. Rasanya yang gurih dengan aroma taoco yang khas membuatnya menjadi makanan yang disukai banyak orang. 


Geco biasanya disajikan sebagai hidangan utama atau camilan berat. Meskipun tidak bisa dijadikan oleh-oleh dalam bentuk jadi, bumbu dan bahan dasar Geco sering dibeli oleh wisatawan untuk dibuat sendiri di rumah. 


Baca Juga: Informasi Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi)


7. Deblo

Deblo termasuk makanan ringan khas Sukabumi yang terbuat dari singkong yang diparut dan dicampur dengan kelapa parut, gula, dan garam. Adonan ini kemudian dibentuk menjadi bulatan dan digoreng hingga matang. Rasanya yang gurih dan manis dengan tekstur yang renyah membuat Deblo menjadi camilan yang disukai oleh semua kalangan. Deblo sangat cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh karena daya tahannya yang cukup lama. Camilan ini juga sering dijadikan teman minum teh atau kopi.

Tips Berkendara Aman ke Sukabumi

Perjalanan ke Sukabumi bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan jika Anda mempersiapkannya dengan baik. Mengingat jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta dan Bandung, banyak wisatawan yang memilih berkendara untuk menikmati pemandangan alam sepanjang jalan. Namun penting untuk memastikan perjalanan Anda aman dan nyaman. Itu sebabnya pastikan Anda memperhatikan beberapa tips berkendara aman ke Sukabumi di bawah ini.


1. Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Berangkat

Sebelum memulai perjalanan, pastikan kendaraan Anda berada dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap mesin, rem, ban, dan lampu dengan membawa mobil ke bengkel Auto2000. Teknisi pasti akan memeriksa oli dan air radiator sehingga kondisinya baik untuk setiap perjalanan. Memeriksa kondisi kendaraan secara menyeluruh akan mengurangi risiko terjadinya kerusakan di tengah perjalanan dan memastikan keselamatan Anda.


2. Siapkan Perlengkapan Darurat

Selalu bawa perlengkapan darurat di dalam kendaraan. Perlengkapan ini termasuk kotak P3K, ban cadangan, dongkrak, dan alat-alat penting lainnya seperti kunci roda sekaligus senter. Perlengkapan darurat akan sangat membantu jika terjadi masalah teknis atau kecelakaan kecil selama perjalanan. Selain itu pastikan juga Anda membawa peta atau menggunakan GPS untuk navigasi.


3. Istirahat yang Cukup Sebelum Berkendara

Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan jauh. Mengemudi dalam kondisi lelah dapat meningkatkan risiko kecelakaan karena penurunan konsentrasi dan reaksi yang lebih lambat. Jika Anda merasa lelah atau mengantuk di tengah perjalanan, berhentilah di tempat yang aman untuk beristirahat sejenak. Jangan salah, menjaga kondisi fisik yang baik juga termasuk kunci untuk berkendara dengan aman.

4. Patuhi Rambu Lalu Lintas dan Aturan Jalan

Selalu patuhi rambu lalu lintas dan aturan jalan yang berlaku. Jangan terburu-buru dan tetap tenang saat mengemudi. Mematuhi batas kecepatan, menggunakan lampu sein saat berbelok, dan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan akan membantu menjaga keselamatan Anda sekaligus pengguna jalan lainnya. Menghormati rambu lalu lintas juga membuat perjalanan lebih nyaman dan terhindar dari tilang.


TRADE IN MOBIL LAMA DENGAN MOBIL BARU TOYOTA IMPIAN ANDA SEKARANG JUGA


5. Hindari Berkendara di Malam Hari

Jika memungkinkan, hindari berkendara pada malam hari. Berkendara pada siang hari lebih aman karena visibilitas yang lebih baik. Jalanan menuju Sukabumi kadang berkelok-kelok dan kurang pencahayaan pada malam hari yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Jika Anda terpaksa harus berkendara pada malam hari, pastikan lampu kendaraan berfungsi dengan baik dan tetap waspada terhadap kondisi jalanan.


Baca Juga: Keindahan Alam Pantai Pelabuhan Ratu


Dengan memperhatikan tips-tips di atas, perjalanan Anda ke Sukabumi pasti akan lebih aman dan nyaman. Pastikan untuk selalu mempersiapkan diri dengan baik sebelum berangkat dan menjaga keselamatan selama perjalanan. 


Untuk memastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima, Anda dapat memanfaatkan paket servis Toyota yang tersedia di Auto2000 Digiroom. Tidak hanya itu, Auto2000 Digiroom juga menawarkan berbagai pilihan mobil untuk perjalanan jauh sehingga Anda bisa berkendara dengan nyaman dan aman. 


Kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang dan temukan mobil Toyota terbaik untuk kebutuhan perjalanan Anda!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Gambar di atas hanyalah ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.