jalan-tol-ciawi-sukabumi.jpg

Mengenal Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Tol Bocimi

Diterbitkan14 Jun 2023

Proyek jalan tol Ciawi-Sukabumi, yaitu seksi 2, sudah sempat dibuka selama Lebaran 2023 kemarin. Jalan tol ini sebenarnya merupakan bagian dari tol Bogor-Ciawi-Sukabumi alias tol Bocimi yang memiliki panjang sekitar 54 km.

Sejatinya tol ini sudah direncanakan sejak lama. Namun pembangunannya memang dilakukan secara bertahap hingga saat ini. Buat AutoFamily yang ingin melakukan perjalanan dari Sukabumi ke Bogor, Sukabumi ke Ciawi, dan sebaliknya, pastikan informasi berikut ini dipahami dengan baik.

Mulai dari tarifnya hingga exit dari tol yang digunakan, semua informasinya telah tersedia. Supaya perjalanan aman dan lancar sampai tujuan, ingat untuk membawa mobil AutoFamily ke bengkel Auto2000 secara berkala.

Bukan sekadar kewajiban, membawa mobil untuk servis sangat penting demi keselamatan AutoFamily beserta penumpang. Jangan sampai kecelakaan terjadi padahal AutoFamily bisa menghindarinya. Pastikan AutoFamily membawa mobil ke tempat tepercaya yang sudah terjamin aman dan didukung oleh teknisi berpengalaman seperti di bengkel Auto2000.

Bengkel Resmi Toyota sudah tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia sehingga AutoFamily bisa langsung menjadwalkan kedatangan dengan mudah. Bengkel Auto2000 siap membantu seluruh masyarakat Indonesia dalam perawatan servis terbaik demi performa mesin mobil yang tetap optimal.

Kalau mobil yang akan digunakan sudah siap, mari mengenal lebih jauh soal tol Bogor-Ciawi-Sukabumi di bawah ini.

Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Tol Bocimi

Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau yang sering disebut dengan tol Bocimi merupakan sebuah jalan tol yang menghubungkan Kota Bogor, Ciawi, dan Sukabumi di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Tol Bocimi tidak hanya dibuat untuk alasan konektivitas, tetapi juga untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di jalan utama dari Bogor ke Sukabumi dan sebaliknya.

Perlu diketahui bahwa pembangunan jalan tol satu ini sebenarnya sudah direncanakan sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sejak tahun 1997. Itu berarti sudah 26 tahun sejak pertama kali proyek ini dicanangkan. Hingga hari ini, pembangunan jalan tol Bocimi tetap dilakukan supaya masyarakat bisa bepergian ke kota tujuan mereka dalam waktu singkat.

Baca juga:Wajib Tahu! Informasi Aturan Kecepatan di Jalan Tol Terbaru

Namun memang tidak semua rencana berjalan mulus seperti yang diharapkan. Pada tahun 2009 dan 2010 proyek pembangunan ini sempat terhambat akibat dana yang belum cukup untuk melakukan kompensasi kepada warga setempat dengan tujuan pembebasan tanah.

Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ini termasuk proyek yang besar karena pembangunan dilakukan dengan total jalan sepanjang 54 km. Itu sebabnya proses pembangunan pun dilakukan secara bertahap dan terbagi menjadi 4 Seksi. Keempat seksi yang dimaksudkan ialah sebagai berikut:

  • Seksi 1 akan menghubungkan Ciawi dengan Cigombong yang memiliki total panjang jalan tol 15,35 km.

  • Seksi 2 akan menghubungkan Cigombong dengan Cibadak yang memiliki total panjang jalan tol 11,9 km.

  • Seksi 3 akan menghubungkan Cibadak dengan Sukabumi Barat yang memiliki total panjang jalan tol 13,7 km.

  • Seksi 4 akan menghubungkan Sukabumi Barat dengan Sukabumi Timur yang memiliki total panjang jalan tol 13,05 km.

DAPATKAN PROMO MENARIK MOBIL TOYOTA TERBARU HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

Untuk Seksi 1 sendiri, masyarakat sudah bisa menggunakannya secara bebas sejak tahun 2018 lalu. Tentunya pengoperasian tol Ciawi-Cigombong membuat masyarakat bisa bermobilisasi dalam waktu singkat. Meski sudah berkontribusi dalam mengurai kemacetan dari Ciawi ke Cigombong dan sebaliknya, tetapi operasional Seksi 1 saja masih belum cukup.

Proses pembangunan Seksi 2 pun berlanjut hingga pada akhir 2022 lalu sudah sempat dibuka satu jalur secara fungsional pada mudik Lebaran serta libur Natal dan Tahun Baru 2022. Kemudian tol Seksi 2 ini juga kembali dibuka pada mudik Lebaran 2023 lalu dengan tujuan mengurai kemacetan.

Setelah arus mudik dan lebaran tersebut, tol Seksi 2 (Cigombong-Cibadak) ini kembali ditutup. Jalan tol Seksi 2 yang dibuka secara fungsional dilakukan karena masih ada beberapa fasilitas yang harus dibangun. Pembangunan fasilitas tol tersebut mencakup gerbang tol, kantor tol, serta exit toll.

Meski ditutup kembali, masyarakat tidak perlu bersedih karena jalan tol Bocimi Seksi 2 ditargetkan akan dibuka pada Juni 2023 mendatang. Apabila semua berjalan sesuai rencana maka jalan tol Seksi 2 bisa mulai beroperasi optimal.

Lalu bagaimana dengan pembangunan jalan tol Seksi 3 dan 4? Pembangunan kedua seksi tersebut pastinya akan dilakukan setelah jalan tol Seksi 2 diselesaikan. Untuk pembebasan lahan seksi 3 sendiri sudah mencapai 94%, sedangkan jalan tol Seksi 4 masih berada dalam proses yang panjang, yakni baru 9,9%.

Walaupun terlihat bahwa proses pembangunan Seksi 3 dan 4 masih panjang, pihak penyelenggara menargetkan proyek ini akan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Tarif Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jalan tol Bocimi Seksi 1 dan 2 sudah mulai beroperasi. Kali ini Auto2000 telah menyediakan informasi tentang tarif tol yang harus dibayar ketika Anda melewatinya. Coba langsung perhatikan tabel tarifnya di bawah ini.

No.

Nama Jalan Tol

Gerbang Masuk Tol

Golongan Kendaraan

Tarif

1.

Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi)

Gol. I

Rp7.000

Gol. II

Rp11.500

Gol. III

Rp11.500

Gol. IV

Rp16.000

Gol. V

Rp16.000

2.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi

Simpang Susun Cigombong, Ciawi, dan Simpang Susun Ciawi

Gol. I

Rp14.000

Gol. II

Rp21.000

Gol. III

Rp21.000

Gol. IV

Rp28.000

Gol. V

Rp28.000

Saat ingin melewatinya, pastikan Anda membawa kartu elektronik dengan saldo yang cukup. Perhatikan juga gerbang masuk yang paling dekat dengan tempat tinggal supaya Anda tidak perlu mengambil jalan memutar hingga menyebabkan waktu tempuh perjalanan yang makin panjang.

DAPATKAN KUPON SERVIS UNTUK MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

Daftar Exit Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi

Jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi yang masih belum selesai sepenuhnya membuat beberapa exit toll tidak bisa digunakan. Sampai saat ini baru ada 4 exit yang tersedia, jadi jangan sampai Anda salah mengambil jalur keluar yang tepat sesuai dengan daerah tujuan. 4 jalan keluar yang dimaksudkan ialah sebagai berikut:

  • Exit toll Ciawi

  • Exit toll Cigombong

  • Exit toll Cangkuruda (15 april untuk mudik lebaran)

  • Exit toll Sundawenang

Namun penutupan jalan tol Seksi 2 membuat exit toll Cangkuruda dan Sundawenang tidak bisa digunakan sementara. Seperti yang ditargetkan, kedua exit toll diharapkan bisa kembali beroperasi pada Juni 2023 mendatang.

Secara keseluruhan, jalan tol Ciawi-Sukabumi mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik dengan jalan tol Seksi 2 yang sudah beroperasi beberapa kali secara fungsional. Namun masyarakat Indonesia masih perlu bersabar menunggu sisa pembangunan Seksi 3 dan 4 dari jalan tol Bocimi.

Oleh karena itu Anda harus benar-benar melakukan perencanaan rute yang matang agar tidak salah mengambil jalan saat ingin bepergian bersama keluarga atau kerabat. Pastikan Anda tidak salah masuk dan keluar jalan tol yang hanya mengakibatkan keterlambatan.

Baca juga:Mengenal Tol Getaci, Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Ingat juga untuk membawa mobil kesayangan Anda ke bengkel Auto2000 supaya bisa diperiksa secara menyeluruh. Anda bisa menjadwalkan Booking Servis Toyota dengan mengunjungi Auto2000 Digiroom.

Manfaatkan semua layanan yang tersedia untuk mengembalikan performa mesin mobil kesayangan Anda sekarang juga! Percayakan saja servis mobil Anda bersama Auto2000 Digiroom!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.