oleh-oleh-khas-manado.webp

10 Oleh-Oleh Khas Manado yang Banyak Direkomendasikan!

Diterbitkan17 Apr 2024

Saat AutoFamily berkunjung ke Manado, tak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh khas Manado yang terkenal dengan kelezatannya. Kota yang dikenal dengan kekayaan kuliner dan budayanya ini menawarkan berbagai pilihan oleh-oleh yang sayang untuk dilewatkan. 


Dari berbagai jenis ikan asin, seperti cakalang fufu dan trengguli, hingga makanan ringan tradisional seperti panada dan klappertaart, oleh-oleh khas Manado memiliki citarasa yang unik dan menggoda untuk dinikmati dan dibawa pulang.


Kalau begitu, yuk simak rekomendasi oleh-oleh khas Manado yang menjadi favorit wisatawan pada penjelasan di bawah ini.


10 Oleh-Oleh Khas Manado

Ketika berada di Manado, Anda akan dimanjakan dengan beragam oleh-oleh khas yang nikmat dan lezat. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Manado yang patut Anda pertimbangkan untuk dibawa pulang.


1. Cakalang Fufu

Cakalang fufu merupakan salah satu oleh-oleh khas Manado yang paling terkenal. Ikan cakalang diasinkan dan kemudian diasapkan sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan khas. Proses pembuatannya yang memakan waktu dan penuh perhatian menjadikan cakalang fufu sebagai oleh-oleh yang istimewa. Kelezatan cakalang fufu membuatnya menjadi pilihan favorit bagi para pengunjung yang ingin membawa sedikit rasa Manado pulang ke rumah.


2. Klappertaart

Klappertaart adalah salah satu makanan ringan yang tak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Manado. Terbuat dari kelapa parut, susu, telur, gula, dan tepung terigu, klappertaart memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang kaya. 


Keunikan dari klappertaart Manado terletak pada penggunaan parutan kelapa muda yang segar, serta memberikan aroma dan rasa yang khas. Memiliki cita rasa yang menggoda, klappertaart menjadi oleh-oleh favorit yang sering diburu oleh para wisatawan.


Baca Juga: 16 Tempat Wisata Di Manado Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan


3. Panada

Panada merupakan camilan tradisional Manado yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan campuran daging cakalang atau daging sapi yang telah dibumbui dengan rempah-rempah khas. 


Setelah diisi, adonan dipanggang hingga berwarna kecokelatan dan memiliki aroma yang menggugah selera. Panada memiliki rasa yang unik dan tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam. Kombinasi antara rempah-rempah dan cita rasa daging yang gurih membuat panada menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Manado.

NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


4. Sambal Roa

Sambal roa menjadi salah satu oleh-oleh khas Manado yang cocok bagi pecinta pedas. Sambal ini terbuat dari ikan roa yang diasapkan dan dihaluskan bersama cabai serta bahan-bahan lainnya. Rasanya yang pedas dan gurih membuat sambal roa menjadi pelengkap yang sempurna untuk hidangan di rumah. Selain sebagai oleh-oleh, sambal roa juga sering digunakan sebagai bumbu tambahan untuk meningkatkan cita rasa masakan.


5. Gohu Ikan Tuna

Gohu ikan tuna adalah hidangan segar yang terbuat dari potongan daging tuna mentah yang dicampur dengan bawang merah, cabai, jeruk nipis, dan rempah-rempah lainnya. Hidangan ini memiliki rasa yang segar dan pedas yang berasal dari campuran bumbu-bumbu tradisional Manado. 


Makanan ini sering disajikan sebagai oleh-oleh khas Manado yang dapat dinikmati langsung atau diolah lebih lanjut sesuai selera. Keunikan rasa dan bahan-bahan alaminya menjadikan gohu ikan tuna sebagai oleh-oleh yang sangat diminati oleh para pengunjung.


6. Brengkes

Brengkes merupakan hidangan tradisional Manado yang terbuat dari ikan atau udang yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas, seperti lengkuas, kunyit, dan daun kemangi. Proses pembuatan brengkes yang memadukan bumbu-bumbu segar dengan ikan atau udang segar menghasilkan rasa yang lezat dan aroma yang menggugah selera. Brengkes sering dijadikan oleh-oleh karena kemudahannya dalam penyimpanan dan kelezatannya yang tahan lama.


Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Khas Lombok yang Jadi Favorit Wisatawan!


7. Sambal Dabu-Dabu

Sambal dabu-dabu adalah saus pedas khas Manado yang terbuat dari campuran cabai, tomat, bawang merah, dan bumbu-bumbu lainnya. Sambal ini memiliki cita rasa segar dan pedas yang menyegarkan, membuatnya cocok sebagai pelengkap untuk berbagai hidangan, mulai dari ikan bakar hingga ayam goreng. Keunikan sambal dabu-dabu yang segar dan pedas membuatnya menjadi oleh-oleh yang populer di kalangan wisatawan.


8. Kue Saguer

Kue saguer termasuk salah satu jenis kue khas Manado yang terbuat dari sagu, gula, dan kelapa parut. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis, serta aroma kelapa yang khas. Kue saguer sering dijadikan oleh-oleh karena kepraktisannya dan kemampuannya dalam bertahan dalam waktu yang lama. Selain itu, kue saguer juga sering disajikan sebagai hidangan penutup dalam acara-acara khusus.


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM

9. Ikan Asin

Manado terkenal dengan berbagai jenis ikan asinnya, seperti ikan tongkol, ikan roa, dan ikan bolu. Proses pengasinan yang dilakukan secara tradisional menjadikan ikan asin Manado memiliki cita rasa yang unik dan khas. Ikan asin ini biasanya dijual dalam berbagai ukuran dan kemasan, sehingga memudahkan para pengunjung untuk memilih sesuai dengan kebutuhan.


10. Gogoso

Gogoso adalah camilan tradisional Manado yang terbuat dari adonan tepung terigu yang digoreng hingga berwarna keemasan. Biasanya, gogoso disajikan dengan taburan gula halus atau meses, sehingga memberikan rasa manis yang lezat. Camilan ini sering dijadikan oleh-oleh karena kepraktisannya dan kemampuannya dalam menyenangkan lidah siapa pun yang mencicipinya.


Dari rekomendasi oleh-oleh khas Manado di atas, mana yang paling menarik perhatian AutoFamily? Mulai dari Klappertaart yang menawarkan cita rasa kelapa yang lezat dengan tekstur yang lembut, dan Panada yang menyajikan kombinasi daging cakalang atau sapi yang kaya rempah dengan adonan renyah di luar dan lembut di dalam. Keduanya merupakan pilihan yang sempurna untuk membawa sedikit rasa Manado pulang ke rumah.


Bagi Anda yang tertarik untuk menjelajahi kelezatan Manado dengan menggunakan mobil pribadi, ada beberapa tips persiapan traveling pakai mobil pribadi yang perlu diperhatikan. Mulai dari memastikan mobil dalam kondisi prima, membawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup, hingga menyusun rute perjalanan yang aman dan nyaman. 


Untuk memastikan mobil siap digunakan, jangan lupa untuk servis mobil terlebih dahulu di bengkel Auto2000 terdekat. Yuk kunjungi Auto2000 sekarang juga dan tingkatkan performa mobil Anda untuk menemani perjalanan yang menyenangkan di Manado. 


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.