oleholeh khas kendari.webp

7 Oleh-Oleh Khas Kendari, Favorit Banyak Wisatawan!

Diterbitkan29 Mei 2024

Liburan tidak terasa lengkap tanpa membawa pulang buah tangan dari tempat yang dikunjungi. Bagi AutoFamily yang mengunjungi Kendari, oleh-oleh khas daerah ini menjadi menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara, oleh-oleh khas Kendari menawarkan berbagai macam pilihan, mulai dari makanan hingga kerajinan tangan yang autentik.


Dalam artikel ini, AutoFamily akan menemukan tujuh rekomendasi oleh-oleh dari Kendari yang menjadi favorit banyak wisatawan. Tanpa panjang lebar lagi, simak artikel di bawah ini sampai selesai!


Oleh-Oleh Khas Kendari

Saat di Kendari, terdapat berbagai buah tangan yang dapat Anda hadiahkan ke teman maupun keluarga. Berikut rekomendasi oleh-olehnya.


Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Khas Palu yang Wajib Anda Bawa!


1. Kacang Mete

Kacang mete merupakan salah satu oleh-oleh paling terkenal dari Kendari. Kacang mete dari ini terkenal dengan kualitasnya yang tinggi dan karena diolah dengan teknik khusus yang menjaga rasa alaminya. Selain itu, kacang mete Kendari tersedia dalam berbagai varian rasa yang dapat disesuaikan dengan selera, mulai dari rasa orisinal, asin, manis, cokelat, pedas, hingga dibuat keripik.


2. Abon Ikan Marlin

Abon ikan marlin adalah camilan gurih yang terbuat dari ikan marlin segar. Proses pengolahan yang teliti menghasilkan abon dengan rasa gurih dan tekstur renyah yang unik. Abon ini tidak hanya enak dinikmati sebagai camilan langsung, tetapi juga sempurna sebagai lauk yang disajikan bersama nasi putih.


Kandungan protein yang tinggi dari ikan marlin membuat abon ini tidak hanya lezat tetapi juga bergizi, sehingga menjadikannya oleh-oleh yang cocok bagi siapa saja yang ingin membawa pulang rasa khas Kendari.


MOBIL TERBARU TOYOTA YANG BERGARANSI TERBAIK BISA ANDA DAPATKAN DI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG JUGA!


3. Gula Ni’i

Mencari jajanan yang manis? Gula ni’i dapat menjadi oleh-oleh yang pas. Gula ni'i merupakan jajanan khas yang sering ditemui di Kendari. Seperti namanya, gula ni’i terbuat dari gula aren cair, kelapa, dan beras ketan yang dibalut menggunakan daun jagung kering. Tekstur gula ini bervariasi, mulai dari keras padat hingga legit, yang dipengaruhi oleh jenis gula aren yang digunakan.

4. Bagea

Oleh-oleh berikutnya adalah jajanan tradisional yang terbuat dari sagu, yaitu Bagea. Jajanan ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang keras. Biasanya, jajanan ini diberi tambahan biji kenari, kacang tanah, serta rempah-rempah seperti kayu manis untuk memperkaya rasa dan aromanya. Oleh-oleh ini cocok untuk dinikmati bersama secangkir kopi atau teh hangat.


Baca Juga: Keunikan Budaya & Kuliner Oleh-Oleh Khas Makassar


5. Ikan Dole

Selanjutnya, kita beralih ke hidangan tradisional Kendari, yaitu ikan dole. Ikan ini dapat diolah dengan berbagai cara, seperti dibakar, digoreng, atau dimasak dengan kuah. Setelah dimasak, ikan ini disajikan dengan aneka bumbu dan rempah-rempah khas Kendari, seperti sambal atau bumbu kuning yang kaya rasa. Hidangan ikan dole biasanya disantap bersama nasi atau makanan pokok lainnya dan sering menjadi hidangan utama dalam berbagai acara atau perayaan tradisional.


6. Kain Tenun Khas Kendari

Kain tenun khas Kendari dikenal dengan motifnya yang indah dan warna-warni yang cerah. Terbuat dari benang sutra atau katun, kain tenun ini diolah dengan teknik tenun ikat tradisional oleh para perajin lokal yang sudah berpengalaman. Setiap motif pada kain tenun memiliki makna dan cerita tersendiri yang mencerminkan budaya dan kearifan lokal.


Kain tenun khas Kendari biasanya digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pakaian tradisional, sarung bantal, atau hiasan dinding. Dengan kualitas dan keindahannya, kain ini menjadi oleh-oleh yang sangat berharga untuk dibawa pulang.


7. Suvenir Khas Kendari

Kendari menawarkan berbagai macam suvenir khas yang bisa menjadi kenang-kenangan dari perjalanan. Suvenir ini tersedia dalam berbagai bentuk dan bahan, seperti miniatur perahu layar dalam botol yang menggambarkan kekayaan budaya maritim Kendari, gantungan kunci, hingga kaus dengan motif khas daerah.


Tip Memilih Oleh-Oleh Khas Kendari

Berikut beberapa tip penting yang perlu diperhatikan saat memilih oleh-oleh khas Kendari.


1. Sesuaikan dengan Selera

Memilih oleh-oleh yang sesuai dengan selera sendiri dan keluarga menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa oleh-oleh tersebut dapat dinikmati. Jika tahu keluarga atau teman lebih suka makanan manis, Anda bisa memilih gula ni’i. Sebaliknya, jika mereka lebih suka camilan gurih, kacang mete atau abon ikan marlin bisa menjadi pilihan yang tepat. Memahami preferensi penerima oleh-oleh akan membuat hadiah lebih berarti dan dihargai.


TEMUKAN BERBAGAI PROMO MENARIK YANG MENGUNTUNGKAN DARI AUTO2000 DIGIROOM!


2. Perhatikan Kualitas

Kualitas oleh-oleh adalah faktor utama yang harus diperhatikan. Pastikan Anda membeli dari toko yang tepercaya dan memiliki reputasi baik. Toko yang terkenal biasanya menjual produk yang terjamin kualitasnya, baik dari segi bahan baku maupun cara pengolahannya.


Untuk itu, jangan ragu bertanya kepada penduduk setempat atau mencari ulasan online tentang toko-toko terbaik di Kendari. Kualitas yang baik tidak hanya memastikan rasa yang enak tetapi juga menjamin keamanan konsumsi produk tersebut.


3. Bandingkan Harga

Sebelum membeli, ada baiknya membandingkan harga di beberapa toko. Hal ini penting untuk memastikan Anda mendapatkan harga yang terbaik dan tidak membayar terlalu mahal. Pasar tradisional dan toko oleh-oleh biasanya menawarkan harga yang bervariasi, dan sering kali Anda bisa mendapatkan diskon jika membeli dalam jumlah banyak.

4. Pertimbangkan Berat dan Ukuran

Jika bepergian menggunakan pesawat, pertimbangkan berat dan ukuran oleh-oleh yang akan dibawa. Maskapai penerbangan memiliki batasan berat bagasi, dan membawa oleh-oleh yang terlalu berat atau besar bisa menyebabkan Anda harus membayar biaya tambahan.


Baca Juga: Itulah berbagai oleh-oleh khas Kendari yang menjadi favorit banyak wisatawan. Setiap oleh-oleh tidak hanya menawarkan kelezatan dan keunikan tersendiri, tetapi juga membawa keindahan dan budaya Kendari. Baik itu kacang mete, abon ikan marlin yang kaya protein, atau kain tenun yang indah, semua oleh-oleh ini akan memberikan kesan yang mendalam.


Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Makassar yang Cocok Untuk Keluarga


5 TEMPAT WISATA DI MAKASSAR YANG COCOK UNTUK KELUARGA

Setelah menemukan oleh-oleh yang tepat, pastikan perjalanan Anda kembali ke rumah tetap nyaman dan aman. Untuk perjalanan jauh, memilih kendaraan yang tepat sangat penting. Mobil Toyota seperti Toyota Kijang Innova dan Toyota Corolla Cross menawarkan kenyamanan, ruang yang luas, dan fitur keamanan yang canggih, menjadikannya sebagai rekomendasi mobil Toyota untuk perjalanan jauh.


AutoFamily dapat menemukan berbagai model mobil Toyota di Auto2000 Digiroom, yang menyediakan berbagai pilihan mobil dengan harga dan layanan terbaik. Selain membantu memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan, Auto2000 Digiroom juga menawarkan penawaran menarik serta pelayanan purnajual yang memuaskan.


Jadi, selain membawa pulang oleh-oleh khas Kendari, pastikan Anda siap berpetualang dengan kendaraan yang andal dari Auto2000 Digiroom!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.