oleholeh khas palu.webp

13 Oleh-Oleh Khas Palu yang Wajib Anda Bawa!

Diterbitkan26 Jun 2024

Saat melakukan perjalanan pulang kampung ke Palu, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas Palu. Kota yang terletak di Sulawesi Tengah ini memiliki beragam oleh-oleh yang tak hanya lezat, tetapi juga sarat dengan keunikan dan kekayaan budaya daerahnya. 


Salah satu oleh-oleh yang paling populer adalah kue-kue tradisional Palu seperti dodol Palu, yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kelapa dan gula merah. Dodol Palu memberikan rasa autentik dari daerah ini yang pasti akan memanjakan lidah AutoFamily. 


Tidak hanya itu, bagi pecinta kerajinan tangan, oleh-oleh khas Palu juga mencakup berbagai macam produk kerajinan seperti tenun tradisional, ukiran kayu, dan anyaman bambu yang memperlihatkan keindahan seni dan keahlian para perajin lokal.

 

Membawa pulang oleh-oleh khas Palu bukan hanya sekadar sebagai kenang-kenangan, tetapi juga sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan ekonomi lokal serta pelestarian warisan budaya yang berharga. 

Jika Anda sedang mencari referensi oleh-oleh yang sebaiknya dibawa pulang, yuk simak rekomendasinya di bawah ini. 


13 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Palu


Jika Anda sedang berada di Palu dan ingin membawa pulang oleh-oleh khas yang tak terlupakan, Anda berada di tempat yang tepat. Kota ini memiliki banyak pilihan oleh-oleh yang tak hanya lezat, tetapi juga kaya akan cita rasa dan keunikan budaya. Berikut ini rekomendasi oleh-oleh khas Palu yang patut dipertimbangkan.


1. Dodol Palu


Dodol merupakan salah satu oleh-oleh khas yang wajib dibawa pulang dari Palu. Dodol Palu terbuat dari bahan-bahan alami seperti kelapa, gula merah, dan santan yang dikukus hingga menjadi kental. Rasanya manis dengan aroma kelapa yang khas, membuat dodol ini selalu dinantikan oleh para pengunjung.


2. Ikan Asap


Palu dikenal dengan ikan asapnya yang lezat. Ikan segar diproses dengan cara diasap dengan menggunakan kayu bakar tradisional, memberikan cita rasa yang kaya dan berbeda. Ikan asap Palu tersedia dalam berbagai jenis seperti ikan tongkol, ikan mujair, dan ikan lele, siap untuk dinikmati di rumah bersama keluarga.


Baca Juga : 12 Oleh-Oleh Khas Bogor, Wajib Dibawa Pulang Saat Mudik!


3. Kain Tenun Tradisional


Salah satu oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan adalah kain tenun tradisional khas Palu. Kain tenun ini memiliki motif-motif yang khas dan bervariasi, mencerminkan keindahan alam serta kekayaan budaya Sulawesi Tengah. Setiap helai kain tenun memiliki nilai estetika tinggi dan merupakan hasil karya para perajin lokal yang sangat terampil.


DAFTAR BENGKEL DAN DEALER TOYOTA AUTO2000 TERDEKAT DAPAT ANDA TEMUKAN DI AUTO2000 DIGIROOM!


4. Kerajinan Anyaman Bambu


Palu juga terkenal dengan kerajinan anyaman bambunya yang indah dan fungsional. Dari keranjang hingga tas tangan, kerajinan anyaman bambu Palu memperlihatkan keahlian tinggi para perajin dalam mengolah bahan alami menjadi produk yang bernilai seni tinggi. Produk-produk anyaman bambu ini tidak hanya praktis, tetapi juga cocok sebagai hiasan rumah yang unik.


5. Keripik Pisang


Bagi pecinta camilan, keripik pisang khas Palu merupakan pilihan yang sempurna untuk dibawa pulang. Pisang dipotong tipis dan dikeringkan hingga menjadi keripik yang renyah dan gurih. Rasanya yang manis dengan sedikit rasa garam membuatnya cocok sebagai camilan ringan di saat bersantai atau sebagai oleh-oleh untuk teman dan keluarga di rumah.


6. Kerajinan Ukiran Kayu


Palu juga terkenal dengan kerajinan ukiran kayunya yang memukau. Para perajin lokal menghasilkan berbagai macam barang dari kayu seperti patung, pigura, dan perabotan rumah tangga dengan detail ukiran yang halus dan artistik. Setiap karya ukiran kayu dari Palu tidak hanya sebagai barang praktis, tetapi juga sebagai karya seni yang bernilai tinggi.


Baca Juga : 15 Oleh Oleh Khas Solo yang Banyak Direkomendasikan!


7. Kopi Toraja


Palu berdekatan dengan daerah Toraja yang terkenal dengan kopi berkualitas tinggi. Oleh karena itu, membawa pulang kopi Toraja sebagai oleh-oleh dari Palu adalah pilihan yang sangat tepat. Kopi ini memiliki aroma yang khas dan cita rasa kuat yang memanjakan lidah pecinta kopi di mana pun berada.


8. Sarung Tenun


Sarung tenun khas Palu juga merupakan pilihan oleh-oleh yang istimewa. Dibuat dengan teknik tenun tradisional, sarung ini memiliki motif-motif yang unik dan warna-warna yang cerah. Selain memiliki nilai estetika yang tinggi, sarung tenun Palu juga merupakan simbol kebanggaan dan identitas budaya masyarakat setempat.


9. Manisan Buah Khas


Palu juga terkenal dengan manisan buahnya yang lezat dan segar. Buah-buahan lokal seperti mangga, nanas, dan rambutan diolah menjadi manisan yang manis dan menyegarkan. Manisan buah khas Palu ini menjadi pilihan oleh-oleh yang menyehatkan dan cocok untuk dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.


DAPATKAN MOBIL IMPIAN ANDA DENGAN JAMINAN GARANSI TERBAIK HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM!


10. Gantungan Kunci Tenun


Jika Anda mencari oleh-oleh yang praktis namun tetap mengandung nilai budaya, gantungan kunci tenun khas Palu bisa menjadi pilihan yang tepat. Gantungan kunci ini terbuat dari kain tenun tradisional Palu yang dipotong dan dijahit dengan apik menjadi berbagai macam bentuk yang lucu dan unik. Memberikan sentuhan lokal pada barang sehari-hari, gantungan kunci tenun Palu akan selalu mengingatkan Anda akan keindahan dan keberagaman budaya Indonesia.


11. Bawang Goreng

Bawang goreng khas palu menjadi makanan yang perlu Anda coba dan bawa pulang jika berkunjung ke Palu. Keistimewaan dari bawang goreng Palu terletak pada rasanya. Bawang goreng Palu memiliki karakteristik rasa yang khas, yakni gurih, wangi tajam, kepingan bawang yang renyah, dan tanpa meninggalkan rasa pahit di lidah.


Bawang goreng Palu ini dapat bertahan hingga satu tahun. Rasa bawang goreng yang khas ini dipengaruhi oleh bahan baku dan lingkungan tempat tanaman tersebut tumbuh. Bawang goreng Palu ini menggunakan bawang batu yang tumbuh di Lembah Kota Palu, Kabupaten Sigi, dengan kualitas bawang nomor satu.


12. Sambal Ikan Roa

Sambal adalah pelengkap khas ketika menyantap makanan yang terbuat dari bahan dasar cabai serta bumbu khas lainnya yang dicampukan menjadi satu. Hampir diseluruh daerah di Indonesia, memiliki ciri khas sambal tersendiri begitu pun sambal di Kota Palu, Sulawesi Tengah, yang biasa disebut sambal ikan Roa.


Sambal ikan Roa dinamai demikian karena menggunakan ikan Roa atau ikan Julung-Julung sebagai bahan utamanya. Ikan tersebut banyak ditemukan di perairan Sulawesi, sehingga memberi inspirasi untuk memberi nama sambal ini "Roa".


13. Keripik Buah Naga

Keripik Buah Naga adalah salah satu camilan yang terbuat dari buah naga sebagai bahan dasarnya. Saat memakannya, camilan khas Palu ini memberikan sensasi yang unik saat dinikmati. Selain enak sebagai camilan, keripik buah naga ini juga kaya manfaat.


Kripik yang bahannya dari Buah naga ini mengandung vitamin dan mineral yang baik. Keripik ini juga menjadi incaran wisatawan saat berkunjung ke Palu untuk dibawa pulang. Oleh karena itu, keripik ini merupakan pilihan yang tepat untuk oleh-oleh keluarga di rumah. 


Oleh-oleh khas Palu menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Dari dodol yang manis hingga kerajinan tangan yang indah, setiap produk membawa cerita dan keunikan budaya Sulawesi Tengah. Membawa pulang oleh-oleh khas Palu bukan hanya tentang memanjakan lidah, tetapi juga tentang mendukung ekonomi lokal dan melestarikan warisan budaya yang berharga.


Untuk AutoFamily yang berencana mengunjungi Palu atau merencanakan perjalanan pulang kampung, jangan lupa untuk menjadikan oleh-oleh khas Palu sebagai bagian dari pengalaman Anda. Setiap produk yang dibawa pulang tidak hanya menjadi kenang-kenangan, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi masyarakat lokal.


Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan rekomendasi mobil Toyota untuk perjalanan jauh, seperti Avanza dan Fortuner. Mobil ini memiliki performa yang andal dan kenyamanan yang terjamin. Mobil dari Toyota akan menjadi teman perjalanan yang sempurna untuk menjelajahi destinasi dengan aman dan nyaman. 


Jadi, tunggu apalagi? Miliki mobil Toyota sekarang juga hanya di Auto2000


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.