oleholehkhasjepara.webp

7 Oleh-Oleh Khas Jepara, Banyak Direkomendasikan!

Diterbitkan28 Mei 2024

Berkunjung ke Jepara, kota ukiran yang tersohor di Jawa Tengah, tak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner lezat dan membawa pulang oleh-oleh khasnya. Oleh-oleh khas Jepara tak hanya memanjakan lidah, tapi juga menjadi kenangan indah dari perjalanan Anda.


Di artikel ini, Auto2000 akan mengupas tuntas tentang oleh-oleh khas Jepara yang wajib Anda pilih. Mulai dari kuliner yang menggoda selera hingga produk-produk unggulan Jepara yang terkenal dengan kualitasnya. Siapkan diri Anda untuk menjelajahi surga ukiran dan kuliner Jepara melalui oleh-oleh khasnya yang istimewa di bawah ini!


7 Oleh-Oleh Khas Jepara yang Wajib Anda Coba

Jepara sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan keindahan alam dan seni ukirnya, juga memiliki berbagai macam oleh-oleh khas yang sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda yang berkunjung ke Jepara, membawa pulang oleh-oleh khas dari kota ini tentu menjadi agenda yang tidak boleh terlewatkan. Cari tahu beberapa rekomendasinya di bawah ini!


Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Jepara & Rekomendasi Kuliner


1. Kawista Sirup

Sirup Kawista adalah minuman khas Jepara yang terbuat dari buah kawista, sering disebut juga sebagai “cola dari Jawa”. Sirup ini memiliki rasa yang khas dan segar, serta aroma unik yang menyegarkan. Buah kawista sendiri memiliki rasa manis dengan sedikit asam sehingga dapat memberikan cita rasa yang eksotis pada sirup ini. 


Anda bisa menemukan sirup ini di berbagai toko oleh-oleh di Jepara dan sering disajikan dengan es batu untuk menambah kesegarannya. Kawista Sirup juga bisa digunakan sebagai campuran berbagai minuman lainnya, menjadikannya pilihan yang tepat untuk oleh-oleh yang membawa cita rasa khas Jepara ke rumah Anda.


TRADE IN MOBIL LAMA DENGAN TOYOTA TERBARU HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM


2. Rondho Royal

Rondho Royal, atau yang juga dikenal dengan nama Monyos, merupakan kue tradisional khas Jepara yang terbuat dari tape singkong yang digoreng. Kue ini memiliki cita rasa manis dan sedikit asam dari tape, serta tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Rondho Royal biasanya dinikmati sebagai camilan atau teman minum teh di sore hari. Keunikan dari Rondho Royal terletak pada rasa khas tape yang fermentasinya sempurna untuk memberikan sensasi rasa yang tidak ditemukan di kue lain.

3. Turuk Bintul

Turuk Bintul adalah makanan khas Jepara yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah dan dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini biasanya disajikan saat acara-acara khusus atau sebagai hidangan penutup. 


Rasa manis dari gula merah yang meleleh di dalam tepung ketan yang kenyal membuat Turuk Bintul menjadi favorit banyak orang. Proses pembuatannya yang tradisional dan penggunaan bahan-bahan alami menjadikan Turuk Bintul sebagai salah satu oleh-oleh yang istimewa. 


4. Kacang Oven

Kacang Oven adalah oleh-oleh ringan dan gurih yang terbuat dari kacang tanah yang dipanggang dengan oven. Kacang ini memiliki cita rasa gurih dan renyah sehingga sangat cocok untuk dijadikan camilan sehari-hari atau oleh-oleh bagi keluarga di rumah. 


Proses pemanggangan kacang dengan oven memberikan tekstur yang renyah dan menjaga keaslian rasa kacangnya. Anda bisa menemukan kacang oven ini dengan berbagai varian rasa, seperti asin, pedas, atau manis.


5. Tenun Troso

Selain makanan, Jepara juga terkenal dengan kerajinan tenunnya, salah satunya ialah Tenun Troso. Kain tenun ini dibuat secara tradisional dengan motif yang khas dan warna yang menarik. Tenun Troso bisa dijadikan sebagai bahan pakaian, selendang, atau dekorasi rumah. 


Proses pembuatan Tenun Troso juga melibatkan teknik tradisional yang diwariskan dari generasi ke generasi, membuat setiap helai kain memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi. Membawa pulang Tenun Troso sebagai oleh-oleh tak hanya memberikan Anda produk berkualitas, tetapi juga mendukung perajin lokal dan melestarikan budaya tradisional Jepara.


6. Sambal Samtis

Bagi Anda yang suka dengan makanan pedas, Sambal Samtis adalah pilihan yang tepat. Sambal khas Jepara ini terbuat dari campuran berbagai rempah yang menghasilkan rasa pedas, manis, dan gurih yang khas. 


Sambal Samtis bisa dijadikan pelengkap berbagai hidangan untuk menambah cita rasa makanan. Setiap sendok Sambal Samtis menawarkan ledakan rasa yang memanjakan lidah, menjadikannya oleh-oleh yang sempurna bagi pecinta makanan pedas. Sambal ini juga memiliki variasi rasa dan tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.


7. Kerupuk Udang Echo

Kerupuk Udang Echo mengacu pada kerupuk khas Jepara yang terbuat dari udang segar. Kerupuk ini memiliki rasa yang gurih dan renyah sehingga bahkan sangat tepat dijadikan camilan atau teman makan nasi. Kerupuk Udang Echo diproses dengan cara tradisional, menggunakan bahan-bahan berkualitas yang memberikan cita rasa autentik dan nikmat. Anda bisa membeli kerupuk ini dalam berbagai ukuran kemasan sehingga mudah dibawa pulang sebagai oleh-oleh. 


Baca Juga: 8 Kuliner Khas Madiun yang Siap Menggoyang Lidah Anda


Persiapan Berlibur ke Jepara yang Perlu Anda Lakukan

Berlibur ke Jepara bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan hanya jika Anda mempersiapkannya dengan baik. Selain menikmati keindahan alam dan berbagai objek wisata menarik, persiapan yang matang juga akan memastikan liburan Anda berjalan lancar dan bebas dari kendala. Berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum berlibur ke Jepara.


1. Riset Tempat Wisata

Sebelum berangkat, lakukan riset tentang tempat-tempat wisata yang ada di Jepara. Jepara memiliki banyak destinasi menarik seperti Pantai Kartini, Pulau Karimunjawa, Benteng Portugis, dan Museum RA Kartini. Membuat daftar tempat yang ingin dikunjungi akan membantu Anda mengatur jadwal perjalanan dengan lebih baik. Selain itu cari tahu juga tentang jam buka, harga tiket masuk, dan fasilitas yang tersedia di setiap tempat wisata.


2. Siapkan Akomodasi

Jepara memiliki berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel, homestay, hingga villa. Untuk menghindari kehabisan tempat, terutama saat musim liburan, sebaiknya Anda memesan penginapan jauh-jauh hari. 

Pilihlah akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, serta yang lokasinya strategis dekat dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi. Membaca ulasan dari tamu sebelumnya bisa membantu Anda mendapatkan gambaran tentang kualitas akomodasi yang akan dipilih.


3. Cek Kondisi Kendaraan

Jika berencana menggunakan kendaraan pribadi untuk berlibur ke Jepara, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Lakukan servis rutin sebelum berangkat dengan membawanya ke bengkel Auto2000 untuk memastikan semua sistem kendaraan berfungsi dengan baik. Membawa kendaraan dalam kondisi baik tidak hanya akan membuat perjalanan Anda lebih nyaman, tetapi juga lebih aman.

4. Bawa Barang Penting

Selama perjalanan, pastikan Anda juga membawa semua barang penting yang diperlukan. Selain pakaian dan perlengkapan pribadi, bawalah peta atau GPS, charger, kamera, obat-obatan, dan keperluan pribadi lainnya. 

Jika berencana melakukan aktivitas di luar ruangan seperti hiking atau snorkeling, pastikan Anda membawa perlengkapan yang sesuai. Membuat daftar barang yang perlu dibawa bisa membantu memastikan tidak ada yang terlupakan.


TEMUKAN MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA SEKARANG HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM


5. Siapkan Uang Tunai

Meski sekarang banyak tempat sudah menerima pembayaran dengan kartu atau e-wallet, membawa uang tunai tetap penting, terutama untuk keperluan mendadak di tempat-tempat yang tidak menerima pembayaran non-tunai. 


Baca Juga: 7 Kuliner Khas Klaten, Wajib Coba Saat Wisata!


Sebaiknya, bawa uang tunai dalam jumlah cukup yang tidak berlebihan. Anda juga bisa mengecek lokasi ATM terdekat dari tempat Anda menginap atau berwisata untuk berjaga-jaga jika membutuhkan uang tunai tambahan.


Mengunjungi Jepara tidak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh khasnya yang kaya akan cita rasa dan budaya lokal. Dari Kawista Sirup yang segar hingga Tenun Troso yang elegan, setiap oleh-oleh menawarkan keunikan tersendiri yang akan selalu mengingatkan Anda pada keindahan Jepara. Selain memberikan kebahagiaan bagi keluarga dan teman di rumah, oleh-oleh ini juga membantu melestarikan tradisi dan mendukung ekonomi lokal.


Setelah menikmati liburan yang menyenangkan dan berburu oleh-oleh di Jepara, pastikan mobil kesayangan Anda tetap dalam kondisi prima dengan memanfaatkan paket servis Toyota yang tersedia di Auto2000 Digiroom. 


Auto2000 Digiroom tidak hanya menawarkan kemudahan dalam merawat mobil, tetapi juga menawarkan berbagai pilihan mobil LCGC untuk perjalanan jauh. Beberapa rekomendasi mobil LCGC dari Auto2000 Digiroom yang ekonomis dan nyaman ialah Toyota Agya dan Toyota Calya.


Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai kedua mobil tersebut, jangan ragu untuk mengunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.Gambar di atas hanyalah ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.