LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Mobil Jarang Digunakan, Masih Perlukah Mengganti Ban?

Auto2000.co.id – Mobil yang jarang digunakan ternyata belum tentu bebas dari perawatan. Meski kondisinya jarang bergerak, tetapi tetap ada komponen yang perlu pergantian, salah satunya ban.

Perlu diketahui, ban bukan sekadar berfungsi sebagai alas dari pelek saat mobil berjalan, tapi juga penahan beban total dari kendaraan.

Jadi meski mobil jarang digunakan atau hanya diam terparkir saja, pada dasarnya ban tetap akan menahan beban dari kendaraan.

Jika terlalu lama berdiam, kondisi ini justru bisa membuat tekanan udara pada ban berkurang dan berdampak pada kerusakan material si karet bundar.

BACA JUGA : Dear Generasi Millenial, Aplikasi Ini Paling Top Untuk Jadi Asisten Urusan Servis Mobil Anda

Menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, patokan pergantian ban tidak ada kaitannya dengan mobil jarang digunakan atau tidak.

“Jarang digunakan belum tentu ban lebih awet, bisa jadi justru sebaliknya,” jelas Suparman.

“Bila berpatokan pada pedoman, baik mobil jarang atau aktif digunakan itu harusnya tetap melakukan pergantian tiap 4 tahun sekali. Ini untuk ban yang sudah terpasang di roda,” lanjutnya.

Suparman menjelaskan, biasanya kerusakan ban mobil yang jarang digunakan terjadi akibat terlalu lama menjadi tumpuan pada satu sisi saja.

Artinya, akibat tidak adanya perputaran atau rotasi, bisa berpotensi ban mengalami perubahan bentuk dalam jangka tertentu.

BACA JUGA : Jangan Pakai Oli Transmisi Matik Biasa Untuk Matik CVT, Ini Alasannya

Terlebih bila usia ban sudah beranjak lebih dari tiga atau empat tahun, karena pada masa-masa ini telah terjadi perubahan struktur pada materialnya yang dapat membuat ban tidak dapat menjalankan fungsi secara optimal ketika digunakan.

Oleh karena itu, Suparman mengingatkan pemilik mobil untuk tidak cuek soal masalah waktu pergantian ban.

Bahkan potensi kerusakan bukan hanya pada ban saja, tapi juga bisa menyerang sektor komponen kaki- kaki lainnya. Contoh seperti bearing roda dan perangkat pelengkap lain.

“Intinya bila ban sudah terpasang, otomatis ban itu sudah pernah digunakan. Terlepas dari mobil jarang digunakan, waktu pergantian itu tiap empat tahun sekali karena seiring waktu akan ada penurunan kualitas pada material ban,” ujar Suparman.

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF