Apa itu Metal Duduk dan Metal Jalan? Ini 4 Perbedaannya!
Diterbitkan15 Mei 2025
Komponen metal duduk dan metal jalan bisa dibilang jarang didengar oleh AutoFamily. Kedua komponen ini sebenarnya ada di dalam mobil, tapi dengan bahasa yang berbeda. Fungsinya pun termasuk penting agar mobil bisa bekerja dengan maksimal. Jika AutoFamily penasaran untuk mengenal metal duduk dan metal jalan, simak penjelasannya lengkapnya di bawah ini.
Mengenal Metal Duduk dan Metal Jalan
Seperti yang dijelaskan di atas, jarang ada orang yang tahu tentang istilah metal duduk dan metal jalan. Padahal kedua komponen ini sebenarnya penting untuk mesin.
Pada dasarnya kedua komponen ini adalah jenis bearing dengan spesifikasi khusus untuk kecepatan serta tekanan tinggi. Bearing ini dikenal dengan nama journal bearing. Sistem kerjanya menggunakan lapisan fluida yang memisahkan antara as dengan bearing ini.
Bagaimana lapisan fluidanya bisa bekerja? Fluida ini dipasok melalui lubang yang ada di bearing itu sendiri. Kemudian fluida akan mengisi celah yang ada di antara metal dan as sehingga ketika dalam proses perputaran tidak akan bersentuhan langsung dengan permukaan dari journal bearing.
Kemudian ada di mana metal duduk dan jalan?
Jenis Journal Bearing
Metal duduk dan jalan sebenarnya ada di bagian journal bearing tapi terdiri dari dua komponen terpisah. Inilah dua jenis journal bearing:
1. Main Bearing (Metal Duduk)
Main bearing adalah tumpuan utama atau bantalan untuk kruk as ketika berputar. Lokasinya ada di bagian blok mesin.
2. Round Bearing (Metal Jalan)
Round bearing merupakan bearing untuk batang piston ketika sedang bergerak ke atas dan ke bawah. Letak dari round bearing ada di batang torak atau disebut juga connection rod. Fungsi dari round bearing sebenarnya hampir mirip dengan main bearing, yakni sebagai lapisan atau bantalan, tapi untuk stang piston. Dengan cara kerjanya yang bergerak ke atas dan ke bawah, inilah yang membuat komponen ini memiliki nama lain metal jalan.
Perbedaan Metal Duduk dan Metal Jalan
Meski sama-sama termasuk dalam jenis journal bearing, metal duduk dan metal jalan memiliki perbedaan dari segi posisi, fungsi, dan cara kerjanya di dalam mesin mobil. Berikut perbedaannya:
1. Lokasi Pemasangan
Perbedaan pertama terletak pada posisi atau lokasi pemasangan masing-masing komponen. Metal duduk, yang juga dikenal sebagai main bearing, dipasang di bagian blok mesin dan berfungsi sebagai bantalan utama dari poros engkol atau kruk as. Sementara itu, metal jalan atau round bearing terletak di batang torak atau connecting rod, yaitu bagian yang menghubungkan piston dengan kruk as.
2. Fungsi Utama
Dari segi fungsi, metal duduk berperan penting dalam menopang perputaran kruk as agar tetap stabil dan tidak bersentuhan langsung dengan blok mesin. Komponen ini menjaga kelancaran rotasi mesin secara keseluruhan.
Di sisi lain, metal jalan berfungsi sebagai bantalan untuk pergerakan naik-turun batang piston. Tanpa adanya metal jalan, gerakan piston akan menimbulkan gesekan yang bisa menyebabkan keausan dini dan menurunkan performa mesin.
3. Cara Kerja
Kedua komponen ini bekerja dengan sistem pelumasan fluida yang sangat penting untuk mencegah gesekan langsung antara logam. Namun, cara kerja masing-masing memiliki fokus berbeda. Metal duduk lebih berperan dalam menstabilkan perputaran horizontal kruk as, sedangkan metal jalan bekerja mengikuti pergerakan vertikal piston yang bergerak naik turun secara cepat dan berulang.
4. Beban Kerja
Beban kerja yang ditanggung juga menjadi pembeda antara keduanya. Metal duduk menahan beban dari putaran kruk as yang cenderung lebih stabil dan berkelanjutan. Sementara itu, metal jalan harus mampu menahan tekanan tinggi dari proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar, sehingga beban yang diterima bersifat lebih dinamis dan bervariasi dari waktu ke waktu.
Jadi sekarang Anda sudah tahu tentang jenis journal bearing yang sebenarnya terdiri dari metal duduk dan jalan. Jika membaca penjelasan di atas, sudah jelas bahwa fungsi yang dihadirkan oleh kedua komponen ini sangat krusial bagi mesin mobil.
Kalau tidak ada metal duduk, maka kruk as bekerja tanpa ada bantalan. Begitu juga dengan metal jalan yang membuat piston bisa bekerja maksimal. Tanpa ada bantalan yang dihadirkan oleh kedua komponen ini, mesin tidak akan bekerja maksimal. Bahkan bisa lebih cepat rusak.
Tidak akan satu orang pun yang ingin mobil kesayangan memiliki kerusakan. Apalagi di bagian mesin yang termasuk paling kompleks dalam sistem kerja mobil. Dengan kondisi ini maka sudah seharusnya Anda memiliki jadwal sendiri untuk melakukan servis mobil secara berkala.
Baca Juga: Cara Cek Pajak Kendaraan
Booking Servis Mobil Toyota dengan Mudah Melalui Auto2000 Digiroom!
Melakukan servis mobil pastinya wajib dilakukan dengan pergi ke bengkel. Tapi jangan sampai Anda salah pilih bengkel. Kalau urusan bengkel mobil maka harus mencari yang resmi. Apa bengkel resmi yang memiliki kinerja maksimal? Tentu saja Auto2000.
Auto2000 adalah bengkel resmi mobil Toyota di Indonesia. Dengan komitmen penuh untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan, mobil AutoFamily bisa kembali dalam kondisi prima layaknya baru. Auto2000 juga didukung oleh barisan teknisi yang berpengalaman sekaligus handal.
Cabang Auto2000 telah tersebar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, hingga Bali. Jadi semakin mudah untuk dikunjungi AutoFamily. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga.
Baca Juga: Cara Cek Pajak Kendaraan
Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!
Promo Terkait
Lihat semuaArtikel Lainnya
Lihat semuaShare With:

AUTO2000 DIGIROOM
Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.