fungsi-poros-engkol-crankshaft.jpg

Fungsi Poros Engkol Crankshaft Mobil

Diterbitkan1 Agu 2021

Banyaknya komponen di dalam mesin membuat AutoFamily wajib tahu setiap sisi bagian yang ada. Selain itu jangan lupa untuk mengetahui fungsinya juga. Salah satu komponen mesin yang memiliki nilai penting dalam mempertahankan kinerja adalah poros engkol atau crankshaft. Apa fungsi poros engkol (crankshaft) beserta bagian di dalamnya?

Crankshaft adalah sebuah komponen mesin yang letaknya ada di bagian bawah silinder mesin mobil. Lebih tepatnya terpasang di blok silinder. Dari segi fungsi, tentu saja banyak yang dihasilkan dari komponen poros engkol (crankshaft) ini.


Fungsi Poros Engkol (Crankshaft)

Fungsi utama dari crankshaft di dalam mesin adalah mengubah gerakan naik turun piston yang ada. Gerak naik turun piston ini akan menjadi gerak putar sehingga bisa menggerakan fly wheel dengan optimal.

Crankshaft biasanya bekerja dengan cara berputar di bagian bawah blok silinder serta dihubungkan dengan piston. Gerak putar crankshaft bekerja melalui batang piston.

Hal ini membuat posisinya akan tetap bertahan kuat di sana. Gerak naik turun piston mesin akan dipindahkan ke crankshaft melalui batang piston yang sudah dipasang terlebih dahulu ke bantalan dari poros engkol.

Mungkin sampai sini AutoFamily masih bingung apa yang akhirnya dihasilkan oleh crankshaft sehingga berguna untuk mesin. Gerak putar yang dihasilkan akan diteruskan ke transmisi mobil. Inilah yang akhirnya membuat mobil Anda bisa bergerak maju dan mundur.

Namun tidak berhenti disitu saja. Crankshaft membutuhkan peran crank pin yang merupakan bearing tambahan di ujung batang piston pada tiap silinder. Dengan begitu proses pengubahan gerak naik turun piston bisa berjalan dengan lancar.

Karena berguna untuk transmisi mobil, crankshaft harus terbuat dari bahan material dengan kualitas yang maksimal. Begitu juga dengan teknik pembuatannya. Sebenarnya ada tiga teknik membuat crankshaft, yaitu casting, forging, dan billet machine.

Casting menjadi cara yang paling banyak digunakan pabrik mobil. Untuk cara forging, baja akan diberikan panas lalu dikerjakan dengan pengerasan pada poros sesuai bentuk yang diinginkan.

Sedangkan cara billet machine memaksimalkan proses machining kepada billet baja yang padat. Akhirnya crankshaft akan menjadi sangat kuat. Seluruh proses ini perlu sekali menggunakan kemampuan dan kekuatan yang tinggi.


Baca Juga:Mesin Mobil Cepat Panas? Cari Tahu Penyebabnya!


Bagian-Bagian Crankshaft

Ada beberapa bagian dalam crankshaft, yaitu:


1. Crank Pin Journal

Crack pin journal adalah bagian dari crankshaft yang berhubungan dengan batang piston. Di dalamnya terdapat lubang oli yang berguna untuk melumasi bidang gesek dari crank pin dengan batang piston. Biasanya dipasang juga con rod bearing di bagian ini.


2. Main Journal

Selanjutnya ada main journal yang berhubungan dengan blok silinder mesin mobil. Terdapat main bearing dan juga lubang oli untuk melumasi bagian tersebut sehingga tidak ada proses pergesekan yang merusak bidang.


3. Crank Pin Oil Hole

Sesuai namanya, bentuknya berupa lubang tempat oli mesin mengalir ke seluruh bagian crankshaft. Lubang oli ini berada di antara main journal dan crank pin journal yang saling terhubung.


4. Counter Weight

Bagian ini berguna untuk menyeimbangkan crankshaft yang berputar. Terdapat lubang-lubang yang sengaja dibuat untuk mengatur berat dari setiap counter weight. Hasilnya akan membuat crankshaft seimbang.


5. Crank Arm

Terakhir ada crank arm yang menjadi bagian dari crankshaft untuk menghubungkan crank journal dengan crank pin. Keberadaannya membuat bagian crankshaft menjadi terhubung dengan baik.

Baca Juga:5 Cara Membersihkan Jok Mobil Kain

Itulah fungsi poros engkol (crankshaft) yang krusial untuk mesin. Semoga informasi ini dapat berguna untuk AutoFamily dalam mengenal mesin mobil Toyota secara lebih mendalam.Jika mengalami keresahan untuk servismobil ToyotaAnda, silahkan lakukan booking service melaluiLayanan bengkel Auto2000.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.