Listrik PLN Mati, Begini Cara Rawat Kelistrikan Mobil Agar Tidak Ikut Mati"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Listrik PLN Mati, Begini Cara Rawat Kelistrikan Mobil Agar Tidak Ikut Mati

Auto2000.co.id – Sejak Minggu (6/8/2019) lalu, di sebagian wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat terjadi pemadaman listrik akibat kerusakan pada sistem pembangkit Jawa – Bali sehingga aktivitas masyarakat terganggu.

Hal yang sama juga bisa terjadi pada sistem kelistrikan mobil Anda jika tidak dirawat dengan baik. Mulai gangguan kecil seperti radio tiba-tiba mati, hingga mogok karena aki soak bahkan mobil terbakar sendiri.

Kalau sudah begini, aktivitas Anda dijamin bakal terganggu. Padahal, ada cara mudah untuk merawat sistem kelistrikan mobil agar tidak sampai terkena masalah. Berikut beberapa di antaranya.

BACA JUGA : Ada Hadiah Oli Gratis, Bengkel Resmi Auto2000 Buka di Hari Minggu

1. Perhatikan Kondisi Kabel dan Soket

Perhatikan kondisi kabel-kabel kelistrikan beserta soketnya. Seperti pada kabel busi, kabel distributor dan kabel lainnya di area ruang mesin. Terutama kabel aki yang paling berat tugasnya.

Lapisan kabel yang terkelupas atau sobek sangat berpotensi menghasilkan hubungan arus pendek (korsleting) hingga membuat mobil bisa terbakar sendiri. Sedangkan kondisi soket yang kotor atau longgar akan mengganggu kerja kelistrikan.

Bersihkan soket jika terlihat kotor dengan cairan penetran agar tidak ada penumpukan karat dan kerak. Jangan lupa untuk mengencangkan soket untuk mencegah potensi loncatan bunga api yang bisa menyulut kebakaran.

BACA JUGA : Dilarang Beroperasi di Jakarta, Tukar Tambah Mobil Tua Anda di Auto2000

2. Rawat Aki Mobil

Secara berkala, periksa dan bersihkan aki atau baterai, termasuk kabel aki lantaran karat akan menumpuk di kabel aki mobil Anda. Cek aki dan kabel sebulan sekali untuk memastikan tidak ada penumpukan kerak dan karat.

Periksa level cairan aki secara berkala untuk aki basah. Jangan sampai air aki di bawah level minimal atau low level karena akan membuat sel aki cepat rusak dan tidak bisa menyimpan daya listrik.

Mengisi air pun tak boleh melebihi level atas karena, pada saat aki panas, air bisa tersembur keluar bersamaan uap yang sangat korosif. Penambahan air aki disarankan menggunakan air aki murni, bukan air aki zuur agar sel aki tak cepat rusak.

BACA JUGA : Tips Cara Pilih Oli yang Sesuai Spesifikasi Mesin Toyota

3. Hati-hati Modifikasi Kelistrikan

Karena semua kabel dan sistem kelistrikan kendaraan saling terhubung satu sama lain, kesalahan pada satu titik akan berdampak besar pada seluruh sistem.

Tidak ada salahnya jika Anda ingin melakukan modifikasi yang berhubungan dengan kelistrikan mobil, seperti upgrade audio atau lampu, pastikan untuk menyerahkan pekerjaan pada ahlinya.

Selain itu, jangan asal pasang aksesori yang bisa berakibat fatal terhadap sistem kelistrikan mesin dan kendaraan. Jika ingin melakukan perubahan, jangan ragu untuk mendatangi bengkel resmi Auto2000 untuk konsultasi.

BACA JUGA : Cara Lipat Bangku Toyota Sienta Bermodalkan Fitur Dive-In Seat yang Praktis

4. Piggyback Mengganggu Kerja ECU

Salah satu alternatif untuk mendongkrak tenaga mesin adalah dengan memasang perangkat elektronik tambahan berupa chip microcomputer atau biasa disebut piggyback.

Tapi sistem kerja piggyback yang mengubah pola kerja engine control unit (ECU) berdampak cukup besar bagi mesin. Pemasangan pigyback itu membuat ECU dipaksa berkerja ekstra keras.

Memang tenaga mobil akan lebih responsif dibandingkan setingan standar pabrikan, tapi efek samping dari penggunaan pigyback itu bisa membuat ECU mobil rusak, bahkan jebol. ECU yang rusak harga dan biaya gantinya mahal.

BACA JUGA : Jangan Panik, Lakukan Langkah Ini Ketika Ban Mobil Pecah di Jalan Tol

5. Hindari Kebocoran Cairan

Jaga komponen kelistrikan agar terhindar dari rembesan pelumas dan cairan lain karena akan menimbulkan karat dan korsleting. Selain itu, ada risiko hawa panas dari percikan cairan bisa menyebabkan kabel terbakar.

6. Servis Berkala di Auto2000

Cara termudah dan efektif untuk menjaga dan merawat sistem kelistrikan mobil Toyota adalah dengan rutin menjalani servis berkala di bengkel resmi Auto2000.

Saat servis berkala, sistem kelistrikan mobil Anda akan dicek dan dirawat, termasuk memperhatikan jika ada potensi masalah. Semua 5 poin di atas juga akan dilakukan secara seksama.

Anda juga bisa berkonsultasi kalau dirasa ada masalah atau ingin memodifikasi mobil, seperti menambah speaker audio atau aplikasi aksesoris lainnya. Alhasil, sistem kelistrikan mobil akan selalu terjaga kondisinya dan potensi mati bisa direduksi.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia