Cancel

Lepas Sekring Alarm Bila Sirine Terus Meraung

Betulkah alarm mobil selalu membantu pemilik kendaraan? Belum tentu. Seperti perangkat elektronik lainnya, suatu saat komponen ini juga bisa menjadi peranti yang merepotkan pengendara.

Anda mungkin pernah melihat, atau malah mengalami sendiri kerusakan pada alarm. Misalnya, ketika tombol remote alarm ditekan berkali-kali, alarm tidak merespon. Sirine tidak berbunyi dan pintu mobil tetap terkunci. Dan, ketika pintu dibuka paksa, sirine meraung-raung. Celakanya, bunyi tersebut tidak mau berhenti.

Kasus seperti di atas juga sering ditemui Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld. Pemilik mobil akan merasa tak nyaman karena bunyi alarm yang bising seolah ingin memekakkan telinga orang-orang yang berada di dekatnya.

Untuk mengatasi masalah ini, mau tidak mau kita harus melepas sekering alarm atau receiver alarm. Ini langkah pertama yang harus dilakukan agar bunyi tersebut berhenti. Dengan melepas sekring atau receiver, berarti alarm tidak berfungsi.

Cara Melepas Sekring Alarm Mobil

Ada beberapa langkah untuk mematikan alarm mobil dengan melepas sekringnya. Anda dapat mengikuti cara ini sambil melihat buku panduan jika memang memilikinya. Jadi gimana cara melepaskannya?

1. Buka tutup mesin

Untuk langkah awal, Anda harus membuka kap mesin mobil. Cek posisi tuas pembuka kap mesin untuk membukanya. Lalu sekarang Anda bisa mulai mengerjakan pelepasan sekring alarm mobil.

2. Cari lokasi aki

Cek lokasi aki mobil Anda untuk melakukan proses pelepasan dengan lancar. Aki menjadi sumber kelistrikan utama mobil, termasuk di dalamnya sistem alarm.

3. Urutkan kabel

Sekarang waktunya mengurutkan kabel tambahan yang berada di sekitar baterai sampai Anda menemukan rumah sekring. Urutkan agar tidak salah memilih kabel.

4. Lepas sekring

Jika sudah menemukan rumah sekring, langsung coba lepaskan secara hati-hati. Jangan sampai malah ada bagian lain yang rusak ketika sedang melakukan pelepasan ini.

Sementara, untuk melepas receiver, kita terlebih dahulu harus mengetahui letaknya. Karena, penempatan komponen ini tidak sama pada semua tipe kendaraan. Biasanya ada di bawah dashboard, bawah jok, atau pun di dalam konsol box. Bila sudah ketemu, lepaslah soket receiver alarm tersebut.

Jangan lupa, segera perbaiki alarm untuk mengaktifkannya kembali.

Perlu diketahui, langkah-langkah di atas hanya berlaku pada sistem alarm yang dipasang sebagai accessories (bukan standar dari pabrikan). Untuk sistem alarm yang sudah include dari pabrikan, letak sekring agak sedikit berbeda. Untuk mencarinya, temukan dulu aki. Biasanya, di dekat aki terdapat sebuah kotak. Di dalam kotak inilah sekring berada. Sering disebut dengan sekring dome. Lepaslah sekring tersebut untuk menghilangkan bunyi sirine sementara.

Dan yang lebih penting lagi, agak berbeda dengan sistem alarm accessories, pada sistem alarm yang sudah include dari pabrikan, pelepasan tadi akan mengakibatkan mesin mati. Artinya, ketika sistem alarm di-nonaktifkan, mesin tak bisa dihidupkan. Sebab, sumber listrik menuju ke komputer mesin diputus.

Nah, untuk menghidupkan mesin, kita harus mencari receiver alarm terlebih dulu (letaknya berbeda untuk masing-masing tipe). Setelah receiver ketemu, lepaslah receiver. Lalu, cari dua kabel yang ujungnya terdapat soket yang tidak saling terhubung (letaknya berada di sekitar receiver). Sambungkanlah kedua ujung kabel tersebut. Lalu, start mesin untuk menghidupkannya.

Selain problem di atas, beberapa penyakit lain yang biasa menghinggapi alarm mobil adalah: sirine justru tidak berbunyi tapi lampu masih berkedip, bahkan mobil tidak dapat di-starter pada saat alarm dinonaktifkan.

Penyebab Umum Alarm Mobil Error

Sebagian besar, seperti kerusakan yang kerap terjadi pada banyak perangkat elektronik, problem-problem itu muncul karena masalah usia. Faktor yang juga sering menjadi pemicu adalah masalah pada saat pemasangan. Misalnya, ikatan diantara kabel-kabel alarm kurang kuat.

Kendati kerusakan alarm sulit diprediksi, ada beberapa tips yang baik untuk diterapkan demi meminimalisir kerusakan pada alarm mobil:

  1. Jangan memarkir kendaraan dekat dengan daerah yang bertegangan tinggi atau mempunyai frekuensi yang kuat. Lingkungan seperti ini bisa mempengaruhi frekuensi alarm.
  2. Gantilah baterai remote alarm mobil apabila lampu indikator pada remote sudah mulai redup. Biasanya, kalau baterai sampai drop, alarm akan err.​​​​​​

Baca Juga: Mobil Bergetar Karena Kopling? Ini Penyebabnya

Oleh karena itu, rawat alarm mobil anda ke bengkel resmi terpercaya agar mobil anda ditangani oleh tangan yang tepat. Agar lebih mudah anda juga bisa booking servis di Auto2000 digiroom. Pelayanan prima untuk konsumen toyota diseluruh Indonesia. Tak perlu khawatir karena bengkel Auto2000 ada diseluruh kota di Indonesia.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo - aMAYzing dengan Paket Avanza, Veloz, Rush & Raize
Rasakan ketangguhan Toyota Rush dan All New Toyota Veloz dengan program Mudik Asik dari Auto2000. Mulai dari DP ringan 20% dengan bunga 0%, DP Ringan Rp 30 Juta, atau Bunga Ringan 0% untuk tenor 1 tahun!*

AutoFamily juga bisa mendapatkan saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap tukar tambah melalui layanan Toyota Trust dan Free Insurance selama 2 Tahun.*

Ayo mulai perjalanan penuh percaya diri dengan mengisi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk memberikan penawaran terbaik!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan Avanza
Nikmati perjalanan bersama keluarga yang lebih seru dengan All New Toyota Avanza. Nikmati Program Promo aMAYzing dari Auto2000 dengan beragam pilihan Paket Kredit mulai dari bunga 0% untuk tenor 6 bulan, cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.7 Jutaan/bulan, hingga DP mulai dari Rp 32.1 Jutaan untuk pembelian All New Toyota Avanza.*

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 melalui program tukar tambah Toyota Trust.

Yuk mulai perjalanan bersama All New Toyota Avanza dengan mengisi formulir di bawah dan tim Auto2000 akan segera menghubungi untuk memberikan penawaran terbaik.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan DP Ringan
Nikmati setiap momen perjalanan bersama Toyota Impian. Nikmati promo DP Ringan Rp 34 Juta untuk pembelian Toyota Agya dan Toyota Calya melalui program Promo aMAYzing hanya melalui Auto2000.

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap program tukar tambah melalui Toyota Trust.

Jadi tunggu apa lagi? Segera isi formulir di bawah ini dan Tim Auto2000 akan segera menghubungi AutoFamily.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan EZ Deal
Ingin nyaman berkendara bersama keluarga? Sekarang promo aMAYzing telah hadir memberikan solusi yang terbaik untuk mobil baru pilihan mu loh! Nikmati cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.5 Jutaan per bulan di program Promo aMAYzing dari Auto2000.

Ini dia beberapa model Toyota yang bisa dicicil melalui program EZ Deal:
Toyota Raize, cicilan mulai Rp 2.5 juta/bulan*
Toyota Avanza, cicilan mulai Rp 2.7 juta/bulan*
Toyota Rush, cicilan mulai Rp 3.1 juta/bulan*
Toyota Veloz, cicilan mulai Rp 3.2 juta/bulan*
Toyota Yaris, cicilan mulai Rp 3.3 juta/bulan*
Toyota Vios, cicilan mulai Rp 3.5 juta/bulan*

AutoFamily juga bisa mendapatkan saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap tukar tambah melalui program Toyota Trust, lho!

Hemat bukan? Yuk, segera isi formulir di bawah untuk mendapatkan penawaran terbaik dari Auto2000 sekarang!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF