tarif-tol-surabaya-malang.jpeg

Ketahui Tarif Tol Surabaya-Malang Terbaru

Diterbitkan29 Nov 2023

Pergi ke Malang dari Surabaya kini bisa lebih cepat berkat adanya jalan tol. Dulu, sebelum dibangun jalan tol, perjalanan darat Surabaya menuju Malang bisa menghabiskan waktu maksimal 4 jam. Apalagi kalau macet, tentu akan lebih lama. Namun, berkat jalan tol, Anda bisa memangkas waktu tempuh tersebut menjadi minimal 1 jam.

Agar bisa menikmati perjalanan tersebut, tentu AutoFamily harus menyiapkan biaya khusus untuk membayar tarif tol Surabaya-Malang. Selama perjalanan, Anda akan melewati beberapa ruas jalan tol. Cari tahu rinciannya di bawah ini!

Berapa Jam Perjalanan Surabaya - Malang Lewat Jalan Tol?

Jalan tol Surabaya-Malang merupakan bagian dari tol Trans Jawa, dan perjalanan dari Surabaya ke Malang melalui jalan tol kini dapat ditempuh maksimal dalam waktu 1 jam. Arus mobilisasi barang dan jasa pun jadi lebih efisien. Bahkan tempat wisata di daerah sekitar berpotensi terus tumbuh karena adanya jalan tol ini.

Untuk jalan tol Pandaan-Malang memiliki total panjang jalan 38,488 km yang terbagi ke dalam 3 seksi. Seksi satu ada Pandaan - Purwodadi sepanjang 15,475 km. Seksi dua Purwodasi - Lawang penjang 8,50 km. Seksi tiga Lawang - Singosari sepanjang 7,51 km.

Rincian Lengkap Tarif Tol Surabaya-Malang2023

Jalan tol Surabaya Malang mempunyai sejumlah ruas yang akan AutoFamily lewati saat melakukan perjalanannya. Berikut ini adalah rincian lengkap mengenai biaya tol Surabaya - Malang terbaru berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 164/KPTS/M/2022 yang perlu Anda ketahui:

1. Jalan Tol Dalam Kota

Karena memulai perjalanan dari Surabaya, maka Anda harus terlebih dahulu masuk ke tol dalam kota untuk menuju kawasan Waru. Di Surabaya, ada beberapa titik pintu masuk tol dalam kota yang bisa Anda pilih, mulai dari pintu masuk tol Dupak, Gunung Sari, Kota Satelit, Banyu Urip, dan Tanjung Perak.

Tarif yang berlaku untuk tol dalam kota Surabaya ini hanya dibedakan berdasarkan golongan kendaraannya. Berikut adalah tarifnya:

  • Gunung Sari - Waru Sistem Terbuka: Rp 5.000

  • Dupak - Waru Sistem Terbuka: Rp 5.000

  • Banyu Urip - Waru Sistem Terbuka: Rp 5.000

  • Kota Satelit - Waru Sistem Terbuka: Rp 5.000

  • Tanjung Perak - Waru Sistem Terbuka: Rp 5.000

Baca Juga:Rekomendasi Penggunaan Bahan Bakar Untuk Mesin Diesel Toyota

2. Jalan Tol Surabaya-Gempol

Begitu sampai di Waru, pilih jalur menuju Sidoarjo/Porong/Gempol untuk melanjutkan perjalanan menuju ruas tol Surabaya-Gempol. Ruas jalan tol tersebut membentang sepanjang kurang lebih 46,5 km. Ruas tol satu ini menghubungkan Surabaya dengan daerah Gempol, Pasuruan.

Anda juga perlu menyiapkan biaya untuk tarif tol Surabaya-Gempol di area ini. Berikut adalah tarifnya:

  • Seksi Kejapanan - Gempol: Rp 3.000

  • Seksi Porong- Kejapanan: Rp 6.000

3. Jalan Tol Gempol-Pandaan

Jika Anda bepergian menggunakan jalur tol ruas Surabaya-Malang, maka biaya untuk tarif tol Gempol-Pandaan yang membentang sepanjang kurang lebih 13,61 km harus masuk dalam budget perjalanan Anda.

Sesuai namanya, ruas jalan tol ini menghubungkan kawasan Gempol dan Pandaan. Keduanya sama-sama masih berada di Kabupaten Pasuruan. Berikut ini rincian tarif tolnya:

  • Gempol IC - Gempol JC: Rp 3.000

  • Gempol IC - Pandaan IC: Rp 11.000

  • Gempol JC- Pandaan IC: Rp 8.500

  • Pandaan IC - Pandaan: Rp 1.500

4. Jalan Tol Pandaan-Malang

Kini Anda telah sampai di ruas terakhir, yaitu jalan tol Pandaan-Malang. Dari tol Pandaan, Anda bisa memilih untuk keluar langsung di pintu Malang yang mengarah ke tengah kota atau daerah Malang lainnya. Rincian tarif tol Pandaan - Malang bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Pandaan - Purwodadi: Rp 14.000

  • Pandaan - Lawang: Rp 21.000

  • Pandaan - Singosari: Rp 27.500

  • Pandaan - Pakis: Rp 32.000

  • Pandaan - Malang: Rp 34.000

Berapa Total Tarif Tol Surabaya-Malang?

Berdasarkan informasi yang telah disampaikan di atas, kendaraan Golongan I membutuhkan biaya sekitar Rp 70.500.

Perlu AutoFamily ketahui bahwa daftar besaran tarif tol Surabaya-Malang di atas dapat berubah sewaktu-waktu tertentu. Jadi, pastikan saldo kartu tol Anda selalu cukup supaya bisa membayar dengan lancar di setiap gerbang tol. Tenang, di awal tahun 2023 ini, masih belum ada perubahan harga terbaru. Sehingga informasi di atas bisa Anda gunakan untuk membuat rincian biaya perjalanan. Agar perjalanan ke Malang jadi semakin lancar, aman, dan nyaman, pastikan pula mobil Anda dalam kondisi optimal.

Baca Juga:7 Tanda Mobil Toyota Anda Perlu Spooring dan Balancing

Sebelum berangkat, lakukan servis dan perawatan di bengkel Auto2000. Dengan tim teknisi berpengalaman dan spare part original, Auto2000 siap memberikan layanan terbaik. Tunggu apa lagi? KunjungilahAuto2000 Digiroomsekarang juga apabila AutoFamily ingin melakukan servis berkala.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui websiteatau aplikasi Auto2000 Digiroom kami.

KunjungiDealer Toyotasekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungandi sini.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.