tarif-tol-jakarta-bandung.jpeg

Informasi Lengkap Tarif Tol Jakarta-Bandung Terbaru 2024 Semua Gerbang

Diterbitkan25 Sep 2023

Sejak 17 Januari 2021 lalu, diberlakukan penyesuaian tarif tol Jakarta-Bandung. Tarif tol ini berlaku untuk tiga ruas jalan, yaitu tol Jakarta-Cikampek, tol Padaleunyi, dan tol Cipularang.


Ketiga ruas tol tersebut memang menjadi akses jalan bebas hambatan yang biasa dilalui dari Jakarta menuju Bandung. Tidak mengherankan apabila ketiga ruas tersebut termasuk jalan tol yang paling sibuk di Indonesia.


Adanya penyesuaian tarif tentu berpengaruh terhadap biaya yang harus AutoFamily keluarkan jika hendak pergi ke Bandung dari Jakarta dengan mengendarai mobil. Agar bisa mempersiapkan biaya dalam jumlah tepat, berikut informasi terbaru mengenai tarif tol Jakarta-Bandung pada tahun 2024.


Namun ingat, mobil yang kerap bolak-balik Jakarta-Bandung melalui jalan tol ini harus rutin untuk mendapat pengecekan di bengkel Auto2000.


Daftar Golongan Kendaraan di Tol

Sebelum bisa mengetahui tarif tol Jakarta-Bandung, Anda harus tahu dulu kendaraan Anda masuk golongan berapa.

Berdasarkan Badan Pengatur Jalan Tol, kendaraan bermotor yang menggunakan jalan tol dikelompokkan menjadi enam jenis golongan kendaraan, yaitu:

  1. Golongan I : sedan, jip, pick up atau truk kecil, dan bus.
  2. Golongan II : truk besar dengan dua gandar.
  3. Golongan III : truk besar dengan tiga gandar.
  4. Golongan IV : truk besar dengan empat gandar.
  5. Golongan V : truk besar dengan lima gandar.
  6. Golongan VI : kendaraan bermotor roda dua.

Penggolongan tersebut telah diatur dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR) No. 370/KPTS/M/2007. Masing-masing golongan kendaraan ini dikenakan tarif tol yang berbeda.

Tarif Tol Jakarta-Bandung 2024 untuk Golongan I

Kendaraan yang termasuk golongan I adalah mobil sedan, bus, jip, pick up, dan truk kecil. Jadi, kebanyakan kendaraan pribadi pun masuk ke dalam kategori golongan I.


Berikut ini total tarif yang harus dikeluarkan pengendara kendaraan golongan I jika melewati jalan tol Jakarta-Bandung. Tarif ini dihitung dari berbagai pintu keluar gerbang tol (GT). Jumlah tarif yang sama juga berlaku dari Bandung menuju Jakarta. Berikut daftar lengkap tarif tol Jakarta-Bandung golongan I.

  • Jakarta-Bandung keluar area Padalarang: Rp63.000
  • Jakarta-Bandung keluar area Baros: Rp64.500
  • Jakarta-Bandung keluar area Pasteur: Rp66.000
  • Jakarta-Bandung keluar area Pasir Koja: Rp67.000
  • Jakarta-Bandung keluar area Kopo: Rp67.500
  • Jakarta-Bandung keluar area Moh Toha: Rp67.500
  • Jakarta-Bandung keluar area Buah Batu: Rp68.500
  • Jakarta-Bandung keluar area Cileunyi: Rp72.500

RAMAH LINGKUNGAN! DAPATKAN MOBIL LISTRIK TOYOTA BZ4X DI AUTO2000 DIGIROOM


Total tarif tol Jakarta-Bandung tersebut didapatkan dari biaya tarif tol Jakarta-Cikampek (Cawang-Cikampek) sebanyak Rp20.000 dan tol Cipularang (SS Sadang-SS Padalarang) sebanyak Rp42.500. Sedangkan biaya tarif tol Padaleunyi berkisar antara Rp500 sampai Rp10.000, tergantung dari pintu keluar tol yang AutoFamily pilih untuk memasuki Bandung.


Perlu diketahui bahwa daftar tarif di atas dapat berubah sewaktu-waktu tertentu. Jika AutoFamily berniat untuk menggunakan jalan tol ini di awal tahun 2024, maka informasi seputar biaya tol di atas masih bisa digunakan. Karena masih belum ada perubahan atau penyesuaian untuk tarifnya.


Baca juga: Pilihan Exit Tol Cileunyi Hingga Padalarang Terlengkap

Penyesuaian tarif tol Jakarta-Bandung dilakukan untuk meningkatkan pelayanan bagi pengguna jalan tol, khususnya pada ruas tol Jakarta-Cikampek, tol Cipularang, dan tol Padaleunyi. Salah satunya melalui pemeliharaan rutin dan periodik. Dengan ruas jalan tol yang dirawat optimal, keamanan dan kenyamanan perjalanan dari Jakarta ke Bandung pun meningkat. Jadi itulah besaran tarif tol Jakarta-Bandung.


Selain mengetahui tarif tol sebelum memulai perjalanan, Anda juga harus memastikan kendaraan dalam kondisi baik sebelum melakukan perjalanan agar tidak mengganggu kenyamanan berkendara Anda dan keluarga. Yuk, baca artikel mengenai tips cek mobil sebelum perjalanan jauh.


Dan tentu saja, hal tersebut juga harus diimbangi dengan perawatan rutin mobil Anda. Segera bawa ke bengkel Auto2000 untuk servis rutin.


Kunjungilah Auto2000 Digiroom sekarang juga apabila AutoFamily ingin melakukan servis berkala.Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui websiteatau aplikasi Auto2000 Digiroom.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Untuk informasi terbaru mengenai tarif tol silakan selalu mengacu pada instansi terkait.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.