kuliner pantura lamongan.webp

8 Kuliner Pantura Lamongan: Kelezatan Kuliner Khas Daerah

Diterbitkan19 Feb 2024

Apakah AutoFamily akan melintasi jalur Pantura Lamongan dalam perjalanan mudik? Jika ya, persiapkan diri untuk merasakan nikmatnya kelezatan kuliner Pantura Lamongan yang menggugah selera di sepanjang perjalanan Anda. Lamongan, dengan pesona pesisirnya yang memikat, tidak hanya menawarkan panorama alam yang memesona, tetapi juga mempersembahkan ragam hidangan yang mencerminkan kekayaan budaya kuliner Jawa Timur. 


Auto2000 akan memberikan AutoFamily rekomendasi kuliner terbaik di sepanjang perjalanan Anda melintasi jalur Pantura Lamongan. Melalui rekomendasi ini, Anda akan menemukan petualangan kuliner yang memuaskan dan menjadikan perjalanan mudik semakin berkesan. Maka dari itu, simak di bawah ini daftar tempat kuliner terbaik yang harus Anda singgahi saat melintasi Pantura Lamongan.


8 Rekomendasi Kuliner Pantura Lamongan

Berikut adalah 8 rekomendasi kuliner Pantura Lamongan yang wajib AutoFamily coba saat melakukan perjalanan melintasi daerah tersebut:


1. Soto Lamongan 

Soto Lamongan memiliki ciri khas yang sangat menonjol dibandingkan dengan soto dari daerah lain, yaitu taburan bubuk koya yang menjadi ciri khas. Bubuk koya ini memberikan cita rasa gurih dengan sedikit sentuhan renyah, sementara juga menghasilkan kuah yang agak kental. 


Uniknya, soto Lamongan tidak menggunakan tomat dalam penyajiannya, sehingga kuahnya tetap bening dengan warna kuning yang khas. Kombinasi antara bumbu koya yang gurih dan kuah yang kental menjadi ciri khas utama yang membuat soto Lamongan begitu lezat dan berbeda dari soto-soto lainnya.


2. Sego Boranan

Sego boranan merupakan kuliner Pantura Lamongan yang hanya dapat ditemukan di daerah ini. Tempat penyajian sego boranan terbuat dari anyaman bambu, yang disebut boranan. Lauk pada sego boranan sangat bervariasi, mulai dari ikan bandeng, udang, telur asin, teri, daging ayam, tahu, jeroan, tempe, telur dadar, dan banyak lagi. 


Setelah itu, hidangan ini diberi tambahan urapan sayuran segar seperti yang biasa ditemui pada hidangan nasi pecel, yaitu parutan kelapa dan sambal. Baru kemudian disiram dengan bumbu kuah khas yang memberikan cita rasa pedas yang khas. Kombinasi antara nasi yang lezat, lauk-pauk yang beragam, serta bumbu dan sayuran segar menjadikan sego boranan sebagai hidangan yang sangat menggugah selera dan patut untuk dicicipi saat Anda berada di Pantura Lamongan.


Baca juga: 7 Panduan Cek Mobil Mudik Demi Keamanan Perjalanan


3. Kare Rajungan

Kare rajungan adalah hidangan khas Pantura Lamongan yang menggugah selera dengan cita rasa yang kaya dan unik. Rajungan, atau kepiting kecil, dimasak dalam kuah kari yang kental dan beraroma harum. Hidangan ini memperoleh kesegaran dari bahan-bahan alami yang digunakan dalam pembuatannya, seperti rempah-rempah tradisional dan santan kelapa yang segar. 


Selain itu, kare rajungan juga dikenal memiliki rasa pedas yang lezat, sesuai dengan selera kuliner lokal. Ketika disajikan, hidangan ini biasanya dihiasi dengan daun bawang atau daun ketumbar untuk memberikan aroma segar dan tampilan yang menarik. 


4. Tahu Campur

Kuliner Pantura Lamongan selanjutnya adalah tahu campur. Hidangan ini terdiri dari berbagai bahan seperti tahu goreng, daging sapi yang kenyal, kikil sapi, perkedel singkong, taoge segar, selada air segar, mi kuning, dan kerupuk udang. 


Semua bahan ini kemudian dicampur dengan bumbu petis, bawang goreng, dan sambal, serta disiram dengan kuah sop yang kaya rasa. Kombinasi antara tekstur yang beragam dari bahan-bahan tersebut dengan cita rasa gurih, pedas, dan segar dari bumbu-bumbunya menjadikan tahu campur sebagai hidangan yang sangat menggugah selera. 


RASAKAN KENYAMANAN MOBIL TOYOTA, SEGERA JADWALKAN TEST DRIVE ANDA DI AUTO2000 DIGIROOM

5. Asem-asem Bandeng

Asem bandeng merupakan salah satu hidangan khas Lamongan yang patut dicicipi. Kuahnya berwarna kuning bening dengan cita rasa asam kecut yang menyegarkan, yang sangat cocok dipadukan dengan daging ikan bandeng yang gurih. Perbedaan mencolok dengan asem-asem bandeng dari daerah lain, seperti Jawa Tengah, terletak pada bahan-bahan dan penyajiannya. 


Di Lamongan, asem-asem bandeng tidak menggunakan kuah kecap dan asam tua seperti versi dari Jawa Tengah, melainkan memiliki kuah yang kuning bening. Rasanya yang segar dan berbeda membuat hidangan ini menjadi favorit di kalangan pecinta kuliner Pantura Lamongan.


Baca juga: Wajib Untuk Perjalanan Jauh! Makanan Dan Minuman Pencegah Mabuk Perjalanan


6. Jumbrek

Jumbrek adalah salah satu makanan tradisional khas Lamongan yang memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Terbuat dari bahan-bahan seperti tepung beras, santan kelapa, dan gula merah siwalan, jumbrek memiliki karakteristik rasa yang khas. Saat musim nangka tiba, biasanya Jumbrek dicampur dengan potongan nangka untuk menambah citarasa yang beragam. 


Proses pembuatannya dimulai dengan membungkus adonan jumbrek ke dalam daun lontar yang dibentuk kerucut, kemudian melalui tahap kukus untuk matang sempurna. Hasilnya adalah makanan yang lembut, manis, dan aromatik, yang merupakan salah satu camilan favorit di Pantura Lamongan.


7. Sego Jagung

Sego jagung adalah hidangan yang terbuat dari bahan dasar tepung jagung, sehingga menghasilkan nasi yang berbeda dari nasi pada umumnya. Sego jagung tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna buatan, sehingga memberikan kesan alami dan sehat. 


Hidangan ini biasanya disajikan dengan berbagai lauk pauk, seperti ikan asin, lodeh tempe tahu, bakwan, ayam bakar, urap, dan sambal terong. Kombinasi antara nasi jagung yang gurih dengan aneka lauk tersebut memberikan sensasi makan yang lezat dan memuaskan, serta menciptakan pengalaman kuliner yang khas dari Pantura Lamongan.


DAPATKAN PROMO TOYOTA TERBARU HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM


8. Pecel Lele Lamongan

Pecel lele Lamongan adalah hidangan yang sangat populer di daerah Lamongan, Jawa Timur. Terdiri dari lele goreng yang renyah dilengkapi dengan sambal pecel yang khas, hidangan ini menjadi favorit bagi banyak orang. Lele yang digoreng dengan sempurna memberikan tekstur yang gurih di luar namun tetap empuk di dalam. 


Sementara sambal pecel lele terbuat dari campuran bumbu rempah yang khas, memberikan cita rasa pedas dan gurih yang memanjakan lidah. Pecel lele Lamongan biasanya disajikan dengan nasi hangat, lalapan segar seperti mentimun dan kubis, serta kerupuk sebagai pelengkap.


Baca juga: 8 Tips Mudik Sehat: Menjaga Kesehatan Selama Perjalanan

Dari delapan rekomendasi kuliner Pantura Lamongan di atas, dapat disimpulkan bahwa saat melakukan perjalanan mudik melintasi daerah ini, AutoFamily akan disuguhi dengan berbagai hidangan yang menggugah selera. Setiap hidangan mencerminkan kekayaan cita rasa dan keunikan kuliner daerah Lamongan. Pastikan untuk menyempatkan waktu selama perjalanan mudik Anda untuk menikmati pengalaman kuliner yang tak terlupakan di daerah ini.


Setelah mengeksplorasi ragam kuliner khas Pantura Lamongan, saatnya melanjutkan perjalanan AutoFamily dengan kenyamanan dan keamanan yang optimal. Anda dan keluarga dapat melanjutkan petualangan kuliner dengan mobil keluarga empat seater Toyota yang dapat diandalkan. Kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang untuk menemukan berbagai pilihan mobil Toyota yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda. 


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.