knalpot-mobil-keluar-asap-putih-dan-air.jpg

Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air? Ini 4 Penyebabnya

Diterbitkan25 Jan 2023

Knalpot mobil keluar asap putih dan air memang tidak bisa diabaikan. Pada dasarnya asap mobil yang normal dengan kondisi mesin yang sehat seharusnya tidak berwarna sama sekali.

Berbeda dengan mesin diesel yang asapnya sedikit berwarna pekat. Tentu saja itu didasari oleh bahan bakar solar yang digunakan.

Namun ketika mobil berbahan bakar bensin malah mengeluarkan asap yang tidak lazim ditambah dengan air ketika sedang melaju, tentu kejadian ini menandakan adanya masalah dalam mesin. Sebenarnya apa penyebab knalpot mobil keluar asap putih dan air?

AutoFamily pasti pernah melihat mobil bermasalah dengan keluarnya asap knalpot berwarna putih ketika sedang di jalan.

Dari asap berwarna putih pekat yang terhitung tidak biasa itu, sudah bisa dipastikan bahwa ada masalah di bagian mesin. Kalau mobil AutoFamily juga terkena masalah yang sama, sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama.Segera bawa mobil kesayangan Anda ke bengkel Auto2000 untuk diperbaiki oleh teknisi ahli.

Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mencari tahu apa saja penyebab knalpot mengeluarkan asap putih pekat dan berair agar bisa mencari solusi paling tepat.


Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air

Ada beberapa penyebab dari masalah knalpot mobil keluar asap putih dan air yang perlu Anda waspadai. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Oli Bocor ke Ruang Pembakaran

Jika mobil Anda mulai menunjukkan knalpot mengeluarkan asap putih, maka hati-hati. Bisa saja oli mobil sudah bocor masuk ke ruang pembakaran. Inilah yang menimbulkan asap putih muncul secara otomatis dari kendaraan.

Anda jangan membiarkan masalah ini terlalu lama. Makin sering oli bocor, maka volumenya pasti susut bahkan habis. Berbagai komponen mobil yang seharusnya dilumasi oleh oli jadi tidak terlindungi dan akan bergesekan secara langsung sehingga mengakibatkan kerusakan. Mobil Anda bahkan bisa saja mengalami mogok hingga harus turun mesin.

Oli yang bocor ke ruang bakar pun memiliki banyak penyebab yang harus Anda waspadai. Kejadian ini bisa disebabkan oleh gasket bocor, klep bocor, silinder mesin aus, atau ada retakan di dinding silinder.

Terkadang hal ini juga membuat mesin jadi susah dihidupkan saat pagi hari ketika mau memanaskan mobil. Proses pembakaran menjadi tidak sempurna hingga menimbulkan masalah ini.

Baca Juga:4 Bahaya Yang Mengintai Jika Oli Mobil Mesin Bocor

2. Air Pendingin Bocor

Air pendingin yang bocor ke ruang bakar atau sistem exhaust juga bisa menghasilkan asap putih. Kebocoran air pendingin bisa dipicu oleh retakan di dinding silinder.

Suhu mesin juga bisa naik alias memanas karena air pendingin terus berkurang. Sama seperti ada pepatah mengatakan "sudah jatuh, tertimpa tangga pula". Maksudnya kebocoran tersebut mampu menimbulkan masalah-masalah lain yang harus segera diperbaiki. Di satu sisi mesin mobil makin panas, kemudian di sisi lainnya knalpot mobil malah mengeluarkan asap putih.

Untuk itu Anda harus segera membawa mobil ke bengkel Auto2000 jika sudah terlihat asap putih dari knalpot.

3. Terdapat Sisa Air di Knalpot

Knalpot mobil Anda juga bisa membuat genangan air terperangkap di dalamnya. Kalau hal ini terjadi, maka tetesan air yang terperangkap akan menguap dikarenakan gas buang. Hasil penguapan inilah yang akan berbentuk asap dan sedikit berwarna putih.

Untuk masalah ini, biasanya hanya berlangsung sebentar saja. Kalau genangan air di dalam knalpot sudah habis, maka asap putih akan hilang dengan sendirinya.

Namun bukan berarti Anda bisa lantas tenang tanpa waspada. Seharusnya Anda mencari tahu dari mana air di knalpot berasal. Jangan biarkan air selalu masuk ke dalam knalpot karena bisa membuat pipa pembuangan itu cepat berkarat lalu akhirnya keropos. Lama kelamaan knalpot pasti berlubang.

Baca Juga:Mengenal Bagian-Bagian Knalpot Mobil Beserta Fungsinya

4. Pengembunan Gas Buang

Mobil dengan sistem pembakaran yang sempurna dan lancar tidak akan mendapatkan masalah asap putih dari knalpot. Ketika teknologi bergerak maju, campuran udara dan bahan bakar menjadi satu bagian penting.

Kondisi ini akan membuat pembakaran menjadi lebih sempurna. Namun Anda bisa saja menemukan air bening tanpa asap keluar dari knalpot. Tetapi tidak perlu khawatir karena itu artinya mesin mobil masih dalam keadaan yang baik.

Pertanda yang wajib AutoFamily perhatikan adalah saat asap putih dan uap air muncul bersamaan dari knalpot. Kalau sudah muncul pertanda seperti ini, sebaiknya segera bawa mobil AutoFamily ke Auto2000 secepatnya untuk langsung mengecek kondisi kendaraan dan komponen mesin secara menyeluruh.

Sebagai bengkel resmi yang siap memberikan layanan terbaik kepada setiap pelanggan, AutoFamily bisa membawa mobil Toyota yang dimiliki untuk diperbaiki jika ada kerusakan pada satu atau lebih komponen.

Baca Juga:Ketahui Fungsi Dongkrak dan Cara Menggunakannya Saat Darurat

Didukung oleh teknisi berpengalaman, masalah knalpot mobil keluar asap putih dan air bisa diatasi dengan maksimal. Anda bisa melihat berbagai fasilitas dan layanannya pada layanan purna jual diAuto2000 Digiroom. Cek terlebih dahulucabang Auto2000di wilayahmu dan lakukanbooking servicesecara online. Kini semuanya lebih mudah!

KunjungiDealer Toyotasekarang juga untuk memperoleh berbagai informasi mengenai mobil terbaik persembahan Toyota, sepertiEksterior Toyota New Raize.

Dapatkan juga berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenis mobil terbaik persembahan Toyota, seperti mobilToyota Fortuner 4x2hinggaToyota Fortuner 4x4. Anda bisa jadwalkan kunjungandi sinisekarang juga!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi, dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.