LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Kapan Waktu Poles Bodi Mobil yang Tepat?

Auto2000.co.id – Poles menjadi salah satu cara merawat warna bodi mobil agar tidak cepat kusam. Apalagi bagi mobil-mobil yang memiliki warna cerah.

Bila sering terkena paparan sinar matahari, debu, air hujan, maka berisiko membuat lapisan cat mudah terkontaminasi yang berujung pada rusaknya kelir pada bodi mobil.

Bila demikian, lantas seberapa sering seharusnya pemilik mobil melakukan perawatan poles bodi dengan cara memoles dalam jangka waktu satu tahun ?

Menjawab hal ini, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada anjuran atau aturan berapa kali harus memoles dalam satu tahun.

BACA JUGA : Dear Generasi Millenial, Aplikasi Ini Paling Top Untuk Jadi Asisten Urusan Servis Mobil Anda

Urusan poles bodi untuk menjaga kecerahan warna dilakukan berdasarkan kebutuhan, bukan berpatok pada waktu.

“Baiknya disesuaikan dengan kebutuhan saja, contoh bila memang mobil saat digunakan itu sering terkena matahari atau hujan,” jelas Suparna.

“Bisa juga dilakukan saat melihat warna bodi mulai redup, tidak cerah lagi. Bukan berarti ada kewajiban dalam satu tahun itu harus ke salon tiga atau empat kali,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Suparna menjelaskan melakukan poles bodi memang cara ampuh untuk mengusir kusam dan membuat kelir menjadi cerah. Tapi bila terlalu sering dilakukan ada efek negatif yang juga harus ditanggung, yakni terkikisnya lapisan clear coat pada cat.

BACA JUGA : Mudah dan Nyaman, Ini Sebab Anda Harus Ngobrol Dengan Tasia

Apabila lapisan tadi sudah benar-benar habis, maka otomatis cat pada bodi seperti tidak ada pembungkusnya. Padahal clear coat memiliki dua kegunaan sekaligus, yakni sebagai pelapis dan juga pemberi efek cerah pada warna bodi.

Suparna menganjurkan pemilik mobil baiknya melakukan perawatan poles cat bodi mobil sesuai kondisi dan kebutuhan, tidak perlu terpaku dari segi waktu.

Saat dirasa warna mobil sudah mulai kusam, atau sudah sering terkena air hujan dan timbul jamur, baru melakukan poles.

“Lihat dari kondisinya, tidak perlu sampai dikasih jadwal harus tiap tiga bulan sekali atau bagaimana, karena selain efek buruk tadi biaya memoles pun tidak murah,” terang Suparna.

“Selebihnya cukup melakukan perawatan reguler saja, seperti rutin mencuci mobil dan mengeringkan, itu sudah cukup,” tutupnya.

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF