Jangan Terbiasa Mengosongkan Tangki Terlalu Lama"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Jangan Terbiasa Mengosongkan Tangki Terlalu Lama

Hati-hati bila Anda tergolong pengendara yang kerap membiarkan tangki bahan bakar mobil kosong berlama-lama. Tangki akan gampang berkarat. Dampaknya bisa tak terduga. Di perjalanan tiba-tiba mesin tersendat-sendat, bahkan mogok.
Seperti kasus yang pernah ditangani Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld beberapa waktu lalu. Ada seorang customer yang mengalami mogok di tengah jalan. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa kondisi darurat itu muncul karena pasokan bahan bakar ke ruang bakar tidak lancar.
Penyebabnya mirip dengan kasus fuel filter kotor yang pernah diulas astraworld.com edisi sebelumnya. Fuel filter yang tersumbat kotoran membuat aliran bahan bakar ke ruang bakar tidak lancar. Penyumbatan ini yang membuat mesin tersendat-sendat, dan mogok. Itulah sebabnya fuel filter perlu dibersihkan.
Cuma, pada kasus ini, ketika fuel filter dibersihkan, ternyata masalah belum terselesaikan. Akhirnya, dilakukanlah pembersihan ke komponen bahan bakar yang lebih dalam. Yaitu, tangki bahan bakar dan strainer.
Membersihkan tangki dan strainer bisa dilakukan dengan terlebih dahulu menguras seluruh bahan bakar dari tangki. Langkah-langkahnya:

Turunkan tangki dari dudukannya.
Lepas strainer dan sender gauge.
Barulah kemudian tangki bahan bakar dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel.
Pembersihannya bisa dilakukan dengan meniup tangki dengan menggunakan air gun. Lalu, masukkan sedikit bahan bakar ke dalam tangki. Kotoran yang menempel bisa tambah rontok bila tangki yang berisi sedikit bahan bakar tadi digoncang-goncangkan berkali-kali.
Setelah yakin kotoran-kotoran keluar, tiup tangki dengan air gun lagi. Lakukan tindakan ini berulang-ulang.

Jangan lupa bersihkan pula strainer. Caranya dapat dilakukan dengan meniup atau menyikat strainer. Untuk lebih memudahkan pembersihan, siram strainer ini dengan sedikit bahan bakar sebelum menyikatnya. Sama seperti tangki, setelah disikat, tiup dengan menggunakan air gun.
Menurut Suwarno, Technical and Training Staff ERA AstraWorld, timbulnya kotoran di sistem bahan bakar memang sulit dihindari. Sebab, kotoran bisa saja berasal dari bahan bakar itu sendiri. Karena itulah, dalam sistem bahan bakar terdapat penyaring. Selain fuel filter, juga ada strainer yang berfungsi sebagai saringan bahan bakar.
Secara teknis, menurut Suwarno, masalah di atas bisa dihindari dengan tidak mengisi bahan bakar di pom bensin yang sudah ketahuan bahan bakarnya banyak mengandung kotoran.
Kedua, yang tidak kalah penting, pengendara bisa meminimalisir munculnya kotoran-kotoran dengan tidak membiarkan tangki dalam kondisi kosong pada waktu yang lama. Sebab, udara akan mengisi tangki yang kosong. Nah, interaksi antara udara dan logam tangki ini bisa mengakibatkan korosi (karat). Karat ini lama kelamaan akan menumpuk dan bercampur dengan bahan bakar. Ketika mengalir ke ruang bakar, pada suatu ketika tumpukan kotoran tersebut bisa menyumbat aliran bahan bakar.
Itulah sebabnya, kasus diatas akhirnya ditangani dengan menguras tangki bahan bakar dan membersihkan strainer. (AstraWorld)

Share this article
Tanya Tasia