Jangan Panik, Ini Sebab Remote Keyless Entry Tidak Berfungsi"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Jangan Panik, Ini Sebab Remote Keyless Entry Tidak Berfungsi


Auto2000.co.id – Mobil Toyota keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur keyless entry. Sebagai contoh, model terbaru di segmen mobil keluarga pilihan masyarakat Indonesia yaitu New Avanza Veloz.

Secara umum, kegunaan dari fitur keyless entry adalah supaya pemilik mobil bisa mengunci atau membuka pintu dan menyalakan mesin tanpa harus menggunakan anak kunci.

Tinggal pencet tombol di hendel pintu untuk mengunci/membuka dan tekan tombol start/stop di dasbor kanan untuk menyalakan mesin, tapi dengan catatan remote dan kunci ada di kantong baju atau celana. Cukup praktis kan?

Namun kadang di daerah atau tempat tertentu remote tersebut tidak berfungsi. Bukan karena rusak tapi karena ada gangguan sinyal atau frekuensi pemancar radio atau BTS di sekitar lokasi mobil parkir.

BACA JUGA : Auto2000 Memperkenalkan Tasia, Chatbot Otomotif Pertama di Indonesia, Sebagai Virtual Assistant Pelanggan 24 Jam

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat gangguan lain juga bisa terjadi apabila baterai dari remote sudah tidak berfungsi maksimal atau sudah lemah.

Sehingga terkadang tidak bisa digunakan untuk membuka pintu dan lain sebagainya sesuai dengan fungsi dari keyless entry tersebut.

“Hanya itu saja gangguannya, tidak ada gangguan yang lebih berarti lagi. Karena fitur tersebut sudah dirancang sedemkian rupa untuk memudahkan konsumen,” ujar Sapta belum lama ini di Jakarta.

Kalau sampai terjadi kondisi remote tidak berfungsi dengan baik, apakah itu membuka pintu atau untuk menyalakan mesin, ada trik yang perlu diketahui konsumen.

BACA JUGA : Ini Sebab Pintu Geser Mobil Toyota Harus Rutin Dirawat

Untuk membuka pintu, Anda bisa mendekatkan remote ke posisi dipasangnya tuner (penerima sinyal) pada kendaraan, sambil menekan berulangkali tombol buka kunci.
Biasanya, tuner mobil Toyota, terletak di pilar C sebelah kanan atau kiri bodi, cukup dikelilingi saja mobil Anda sembari menekan tombol remote.

Jika sudah berhasil masuk ke dalam kabin, untuk menyalakan mesin, tempelkan remote tadi ke tombol start/stop sampai lampu indikator menyala warna hijau.

BACA JUGA : Ini Alasan Anda Dilarang Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan Deras

Selanjutnya pedal rem bisa diinjak sambil menekan tombol start untuk menyalakan mesin mobil tersebut. Tekan beberapa saat saat panel instrumen aktif dan mesin nyala.

“Apabila mengalami masalah lebih sebaiknya datang langsung ke bengkel resmi Auto2000, akan langsung ditangani dengan cepat oleh para teknisi dan dicek sumber permasalahannya kemudian diperbaiki,” tutur Sapta.

Konsumen juga bisa menggunakan layanan Emergency Road Assistance, untuk mendapatkan layanan darurat di jalan. Juga bisa menggunakan layanan THS – Auto2000 Home Service jika mau menyelesaikan masalah, sekaligus servis berkala di rumah.

Share this article
Tanya Tasia