Jangan Lupakan Merawat Ban Serep di Kolong Mobil"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Jangan Lupakan Merawat Ban Serep di Kolong Mobil

"

Auto2000.co.id – Ban cadangan atau ban serep memiliki peran yang tak bisa dianggap remeh. Ia sangat dibutuhkan ketika ban utama mengalami kebocoran. Karena itu penting bagi pemilik mobil untuk selalu mengecek dan melakukan perawatan.

Apalagi bagi ban serep yang letaknya berada di kolong mobil, tepatnya di bawah ruang bagasi. Posisinya yang tak terlihat oleh mata, kerap dilupakan, padahal penting saat darurat.

Di sisi lain, ban serep di kolong biasanya tidak tertutup. Otomatis kondisi ban serta pelek yang menggantung tersebut akan cepat kotor karena debu atau hujan.

“Memang karena posisinya ada di kolong dan terbuka, jadi akan lebih mudah kotor,” kata Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana.

BACA JUGA : Anda Harus Cari Sales Advisor Auto2000 di Stand Toyota GIIAS 2019

“Ban dan peleknya itu bisa kena debu dan air hampir setiap hari, di sini pemilik mobil harus aktif memeriksa untuk memastikan bila kondisi masih layak dan siap pakai,” lanjutnya.

Untuk melakukan perawatan, ban serep yang berada di kolong memang sedikit merepotkan. Pemilik mobil harus melepasnya dulu dengan peralatan standar, yakni kunci pembuka baut, serta tiga batang besi sambungan yang ujungnya berbentuk seperti pengait.

Setelah sambungan besi tadi diputar, ban serep yang terikat rantai besi akan turun secara berlahan. Dari posisi tersebut, pemilik ban sudah bisa melakukan pengecekan.

BACA JUGA : Cara Beli Mobil Baru yang Tepat di Pameran GIIAS 2019

Bila semuanya normal, sebelum dipasang kembali sebaiknya ban dan pelek dicuci lebih dulu. Bila ternyata kurang tekanan udara, ban harus dilepas dari besi penyangga yang ada di rantai untuk kemudian diisi sesuai tekanan.

“Cuci dan sikat dengan sabun, setelah itu langsung dibilas air bersih serta dikeringkan. Ini dilakukan bukan hanya untuk membersikan debu dan kotoran, tapi juga untuk mencegah timbulnya korosi pada pelek,” kata Indah.

Proses pembersihan ban serep yang berada di kolong baiknya rutin dilakukan minimal satu bulan sekali. Tapi bila sedang dalam kondisi hujan, baiknya lebih cepat guna menghindari timbulnya karat.

“Bisa juga dilakukan tanpa melepas ban, tapi caranya dilakukan saat sedang mencuci mobil dengan hidrolik. Ketika mobil diangkat untuk membersihkan kolong, minta petugasnya untuk sekaligus membersihkan ban cadangan,” ujarnya.

Auto2000

"
Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF