Jangan Asal Pilih Obat Waxing Untuk Perawatan Bodi Mobil"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Jangan Asal Pilih Obat Waxing Untuk Perawatan Bodi Mobil

Auto2000.co.id – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat mobil kesayangan, salah satunya dengan menjaga kecerahan warna cat mobil.

Selain membuat warna mobil terlihat bersinar alias kinclong, dengan perawatan yang rutin juga bisa menjaga nilai jual kendaraan.

Bagi pemilik mobil pribadi, merawat eksterior menjadi bagian yang paling mudah karena bisa dilakukan sendiri. Namun demikian tetap ada aturan mainnya agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, bagi pemilik mobil yang ingin melakukan perawatan ekterior hal paling penting diperhatikan jangan sembarang membeli obat poles atau waxing yang saat ini banyak beredar di pasaran.

BACA JUGA : Cara Lipat Bangku Toyota Sienta Bermodalkan Fitur Dive-In Seat yang Praktis

“Pastikan wax atau cairan poles yang mau digunakan tak banyak mengandung zat kimia. Sebisa mungkin hindari waxing atau poles yang mengandung silikon, karena bila digunakan terus-menerus punya efek buruk ke depannya,” kata Suparna.

Cairan wax dengan kandungan silikon yang cukup banyak dan digunakan rutin untuk memoles, menurut Suparna bisa membuat lubang-lubang kecil di bagian struktur permukaan bodi.

Kondisi ini akan sangat riskan bila suatu saat mobil ingin melakukan proses pengecatan ulang atau repainting.

BACA JUGA : Gunung Tangkuban Perahu Erupsi, Waspadai 6 Bagian Mobil Ini Agar Tidak Rusak

“Silikon itu menimbulkan lubang kecil seperti bintik yang cukup banyak pada bagian bodi. Ini bisa menyulitkan proses repainting nantinya, karena permukaan bodi menjadi tidak rata,” ucapnya.

Tidak hanya itu, kandungan silikon dan zat lain yang terlalu banyak pada obat poles juga bisa membuat terkikisnya pelapis cat atau clear coat. Hal tersebut justru membuat cat mobil tanpa lapisan yang lama kelamaan bisa menimbulkan kusam.

Selain menghindari penggunaan obat poles yang memiliki kadar silikon cukup banyak, menurut Suparna pemilik mobil juga harus mengimbangi dengan kebiasaan-kebiasaan lainnya.

BACA JUGA : Ada Hadiah Oli Gratis, Bengkel Resmi Auto2000 Buka di Hari Minggu

Mulai dengan rajin mencuci kendaraan sampai menghindari parkir mobil di ruang terbuka pada siang hari.

“Paling mudah bisa dengan cairan paint protection saja, tapi pemakaiannya juga jangan terlalu sering, disesuaikan dengan kebutuhan,” jelas Suparna.

“Hindari polesan yang memiliki gimik seperti instan shine karena banyak mengandung zat-zat yang justru berbahaya, paling penting lagi rutin mencuci mobil,” tutupnya.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia