LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Jangan Anggap Sepele, Perhatikan 3 Hal Ini Untuk Anda Yang Mau Melakukan Perjalanan Balik Setelah Mudik Lebaran

Auto2000.co.id – Setelah merayakan Lebaran di kampung halaman, sekarang saatnya untuk pulang ke rumah masing-masing dan kembali beraktivitas.

Meski demikian, mohon untuk tidak langsung berkendara tanpa mempersiapkan segala sesuatu. Baik untuk diri Anda sebagai pengemudi, untuk penumpang, dan untuk mobil Toyota kesayangan.

Sebenarnya yang mesti dipersiapkan tidak banyak berbeda dengan saat ingin mudik. Namun sebagai pengingat, ini beberapa hal yang harus diperhatikan dengan seksama.

BACA JUGA : Sangat Instagramable, Inilah Alasan Anda Harus Coba Jalur Pantai Selatan Jawa Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran

1. Persiapan fisik pengemudi

Anda pasti sudah merasa lelah saat berkendara mudik kemarin. Belum lagi jika di kampung halaman Anda melakukan silaturahmi atau berwisata dengan keluarga menggunakan mobil.

Pastikan fisik dalam kondisi terbaik saat ingin melakukan perjalanan balik. Apalagi bila Anda hanya mengemudi seorang diri.

Istirahat cukup menjadi kuncinya. Dan istirahat terbaik adalah tidur pulas. So, pastikan Anda bisa tidur nyenyak sebelum berangkat pulang ke rumah.

Jangan paksakan mengemudi kalau kondisi fisik belum sepenuhnya bugar. Kondisi badan yang sudah lelah dan keinginan untuk buru-buru sampai ke rumah kadang memaksa Anda untuk mengemudi melampaui limit. Dan itu sangat berbahaya!

Tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman energi, kopi, ataupun minuman bersoda. Memang sejenak Anda akan merasa segar, tapi itu hanya sugesti. Plus kandungan kafein justru memicu jantung untuk bekerja lebih cepat.

BACA JUGA : Waspadalah! Inilah Gejala Microsleep Yang Bisa Bikin Mudik Lebaran Anda Berantakan

Perbanyak minum air putih. Siapkan pula camilan ringan sebagai teman perjalanan. Tapi jangan makanan ‘berat’ karena akan membuat Anda mengantuk.

Fungsikan teman di samping sebagai navigator yang membantu beberapa hal, seperti menyiapkan makanan dan minuman, kartu e-toll, dan teman ngobrol di perjalanan. Ia juga bisa sebagai pengingat bila Anda terlihat lelah.

2. Persiapan mobil

Sama dengan tubuh Anda, mobil juga punya risiko mengalami kelelahan saat dipakai mudik. Bedanya, obat mobil Anda bukanlah tidur, melainkan pemeriksaan beberapa aspek teknis guna menghindari risiko masalah di jalan.

Ban pegang prioritas utama untuk diperiksa. Paling mendasar adalah pengecekan tekanan angin di pagi hari saat kondisi ban masih dingin. Isi sesuai ketentuan termasuk ban cadangan.

Periksa pula kondisi fisik dinding dan telapak ban. Bersihkan telapak ban dari kerikil agar tidak sampai merusak anyaman kawat baja ban. Cek pula kondisi pelek.

BACA JUGA : Auto2000 Siapkan 12 Pos Jaga dan 4 Bengkel Siaga 24 Jam Sambut Mudik Lebaran 2018, Ini Lokasinya

Sedikit repot, lakukan pemeriksaan kaki-kaki dan kolong mobil. Lakukan spooring dan balancing bila terdeteksi ketidaknyamanan di sistem kemudi.

Berikutnya pindah ke ruang mesin. Cek ulang cairan-cairan penting seperti oli mesin dan transmisi, minyak rem dan kopling, minyak power steering, air wiper, dan air aki. Tambah bila kurang dan waspadai risiko adanya kebocoran.

Pastikan AC mobil dingin mengingat panasnya cuaca di siang hari. Nyalakan mesin dan perhatikan apakah ada hal aneh terdeteksi. Lihat panel instrumen apakah ada indikator yang nyala.

Buat pemilik Toyota yang mau melakukan pengecekan, dapat mendatangi bengkel resmi Auto2000 terdekat di kota Anda. Bisa pula di Pos Jaga Lebaran bila rute Anda melewatinya.

BACA JUGA : Bikin Hati Tenang, Tips Ini Bantu Anda Berkendara Dengan Aman dan Nyaman di Jalan Tol Trans Jawa

3. Persiapan rute perjalanan

Pilihan yang paling mudah adalah melalui rute yang sama dengan yang Anda lewati ketika mudik kemarin. Jika waktu libur Anda masih panjang, hindari untuk jalan di hari Senin (18/6), Selasa (19/6), dan Rabu (20/6) karena merupakan puncak arus balik.

Namun jika tetap harus jalan, pantau kondisi jalan via aplikasi peta digital. Perhatikan apakah rute yang akan dilalui tersebut kondisinya cukup kondusif atau tidak.

Di sini navigator punya peran untuk terus memantau keadaan, termasuk mencari rute alternatif bila terdeteksi macet parah di depan. Jangan sungkan untuk bertanya pada polisi mengenai rute alternatif yang disarankan.

Sebisa mungkin hindari rest area karena itu merupakan simpul kemacetan saat arus mudik kemarin. Isi bensin hingga full dan persiapkan logistik makanan yang memadai untuk seluruh penumpang.

BACA JUGA : Banjir Hadiah Keren, Auto2000 Adakan Kompetisi Video dan Foto Carpool Karaoke #mudikserubersamaauto2000

Anda bisa memanfaatkan MID mobil untuk menghitung kapan diperkirakan mobil harus isi bensin lagi. Bermodalkan peta digital, cobalah untuk mencari pom bensin di jalan umum yang dekat exit tol.

Untuk Anda yang menggunakan ruas tol trans Jawa, ruas tol fungsional Brebes – Semarang dan Salatiga – Sragen dibuka satu arah ke arah barat. Pun dengan jembatan Kali Kuto yang instagramable itu.

Satu lagi potensi bottle neck untuk warga Jakarta adalah gerbang tol (GT) Cikarang Utama. Anda bisa keluar di daerah Karawang untuk kembali masuk di GT Bekasi Barat. Jangan lupa isi kartu e-toll ya.

Atau kalau tidak diburu waktu, Anda bisa coba jalur pantai selatan Jawa (pansela) yang memiliki panorama apik dan bertabur lokasi wisata pantai yang asri dan keren.

​​​​​​​Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF