jakarta-surabaya-berapa-jam-naik-mobil.png

Jakarta-Surabaya Naik Mobil Berapa Jam? Cari Informasinya di Sini!

Diterbitkan26 Jun 2023

Surabaya merupakan salah satu kota yang terletak di pulau Jawa, tepatnya di pulau Jawa bagian timur. Surabaya sendiri juga dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan dengan berbagai macam tempat yang memiliki beberapa nilai sejarah, contohnya Jembatan Suramadu, Tugu Pahlawan, hingga Patung Sura dan Baya. Sebelum mengunjungi kota satu ini, Anda perlu mengetahui informasi mengenai Jakarta Surabaya naik mobil berapa jam terlebih dahulu.

Melakukan perjalanan dari kota Jakarta menuju kota Surabaya sendiri akan membutuhkan waktu yang bervariasi, karena hal tersebut akan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang ada. Untuk membantu Anda dalam mengetahui informasi mengenai Jakarta Surabaya naik mobil berapa jam, maka simak penjelasan pada artikel di bawah ini hingga tuntas ya!

Jakarta-Surabaya Berapa Jam Naik Mobil?

Jarak yang dimiliki antara kota Jakarta dan kota Surabaya adalah sekitar 780 kilometer. Untuk menempuh jarak tersebut, AutoFamily akan membutuhkan waktu sekitar 9 hingga 10 jam tergantung pada kecepatan Anda ketika berkendara serta rute perjalanan yang dipilih.

Selain itu, estimasi waktu tersebut juga akan bergantung pada beberapa faktor yang ada, di antaranya seperti kondisi lalu lintas serta kondisi cuaca yang tidak bisa Anda hindari. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan perhitungan terhadap faktor-faktor tersebut saat merencanakan perjalanan dari kota Jakarta menuju kota Surabaya menggunakan mobil pribadi.

Baca juga:5 Tempat Wisata di Surabaya yang Cocok Untuk Keluarga Bersama Toyota Voxy

Melakukan pengecekan terhadap mobil yang akan digunakan untuk melakukan perjalanan jauh juga tidak kalah penting untuk Anda lakukan. Untuk itu, AutoFamily bisa langsung mengunjungi Layanan Bengkel Resmi Toyota terdekat agar dapat memastikan bahwa seluruh komponen mobil, mulai dari rem, kondisi ban mobil, hingga kelistrikan mobil sudah dalam kondisi yang prima untuk melakukan perjalanan yang jauh.

Pilihan Rute Jakarta-Surabaya

Sebelum melakukan perjalanan dari kota Jakarta menuju kota Surabaya, AutoFamily juga harus mempersiapkan rencana terhadap pilihan rute mana saja yang akan dilalui. Hal ini sendiri dilakukan agar Anda dapat melakukan perjalanan secara efektif.

Adapun beberapa pilihan rute dari kota Jakarta menuju kota Surabaya yang dapat AutoFamily pilih, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Rute melalui Jalur Tol Trans Jawa

Pilihan rute Jakarta Surabaya pertama yang dapat AutoFamily pilih adalah rute yang melalui jalur tol Trans Jawa. Jika AutoFamily memilih rute satu ini, maka Anda akan melakukan perjalanan Jakarta Surabaya dengan panjang sekitar 782 kilometer.

Rute ini sendiri masih terbilang baru dan memang dirancang khusus untuk mempercepat perjalanan antara dua kota, sehingga AutoFamily dapat menikmati perjalanan yang lebih lancar dengan akses jalan yang baik.

Jika Anda menggunakan rute Jakarta Surabaya melalui jalur tol Trans Jawa, maka Anda akan melewati beberapa ruas tol, mulai dari tol Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, serta Mojokerto-Surabaya.

2. Rute melalui Pantai Selatan

Rute selanjutnya yang bisa AutoFamily pilih adalah rute perjalanan yang melalui jalur Pantai Selatan. Rute ini akan membawa Anda untuk melintasi beberapa kota dan desa yang indah di sepanjang pantai selatan pulau Jawa.

3. Rute melalui Jalur Utara

Alternatif rute lainnya yang bisa Anda pilih adalah rute Jakarta Surabaya melalui Jalur Utara Jawa. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan rute Jalur Utara, maka Anda akan membutuhkan waktu perjalanan yang lebih lama. Namun, jangan khawatir karena AutoFamily akan disuguhkan dengan suasana perjalanan yang lebih tenang dan jauh dari kepadatan lalu lintas.

Baca juga:Tips Road Trip Pulau Jawa: Rute Terbaik dan Rekomendasi Tempat Wisata

3 Tips Persiapan Perjalanan Antar-Provinsi dengan Mobil Pribadi

Ketika melakukan perjalanan antar-provinsi menggunakan mobil pribadi, akan terdapat beberapa tips mengenai persiapan penting yang harus AutoFamily perhatikan terlebih dahulu. Hal ini sendiri bertujuan agar AutoFamily dapat melakukan perjalanan jauh yang aman dan nyaman.

Berikut ini adalah beberapa tips persiapan perjalanan antar-provinsi dengan mobil pribadi yang dapat AutoFamily ketahui.

1. Memastikan Kondisi Mobil

Agar dapat melakukan perjalanan jauh secara aman dan nyaman, AutoFamily perlu memastikan terlebih dahulu bahwa kondisi mobil sudah dalam kondisi yang prima. Dalam hal ini, AutoFamily bisa langsung membawa mobil Toyota yang Anda miliki ke bengkel Auto2000 terdekat di provinsi Anda.

2. Mempersiapkan Rute Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan juga bahwa Anda sudah melakukan persiapan terhadap rute perjalanan yang akan Anda lalui nantinya. Selain itu, AutoFamily juga perlu mempelajari rute yang akan dilalui, agar Anda memiliki gambaran terhadap perjalanan yang akan dilakukan nantinya.

Selama melakukan perjalanan, Anda juga dapat menggunakan bantuan GPS atau aplikasi peta untuk membantu Anda dalam menunjukkan jalan. Jika memungkinkan, siapkan juga peta fisik sebagai cadangan jika terjadi suatu masalah dengan perangkat elektronik yang Anda miliki.

Baca juga:Cari Tahu 11 Perlengkapan Road Trip Mobil Pribadi

3. Menyiapkan Peralatan Darurat

Dalam berkendara, AutoFamily harus selalu menyiapkan dan menyediakan peralatan darurat yang akan dibutuhkan di dalam mobil, seperti ban serep, alat bantu penggantian ban, kunci roda, hingga segitiga pengaman. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda selalu membawa kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) sebagai langkah pencegahan jika terjadi kecelakaan atau insiden selama perjalanan jauh.

Demikianlah informasi mengenai Jakarta Surabaya naik mobil berapa jam yang dapat AutoFamily ketahui. Melalui penjelasan di atas, tentu Anda sudah dapat mengetahui beberapa informasi yang Anda butuhkan dalam melakukan perjalanan dari kota Jakarta menuju kota Surabaya.

Jika AutoFamily sedang membutuhkan mobil baru untuk kebutuhan keluarga maupun pribadi, maka AutoFamily bisa langsung mengunjungi Dealer Toyota terdekat maupun melalui Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan berbagai penawaran dan promo menarik untuk mobil Toyota terbaru.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.