LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Jaga Tampilan Setir Mobil Tetap Bersih Dengan Pratekkan Cara Ini

 

Mobil keluaran saat ini tidak sedikit yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur pada setir kemudi. Karena letaknya persis di depan pengemudi, kondisi setir mobil harus selalu dalam keadaan yang bersih agar indah dipandang dan menambah kenyamanan ketika sedang berkendara.

Karena sering mendapat sentuhan, setir mobil jadi lebih mudah kotor. Kalau sudah kotor, tentu saja ini akan mengurangi kenyamanan pengemudi dalam memegang setir mobil. Maka dari itu, setir mobil perlu dibersihkan.

Sebelum membersihkan setir mobil, harus diketahui dahulu bahan material yang digunakan untuk lingkar setir. Bahan setir mobil terdapat 2 jenis, yakni berbahan vynil dan berbahan kulit. Tiap jenis bahan setir memiliki cara perawatan yang berbeda. Berikut cara perawatan sesuai dengan jenis bahan setir.

Setir Dengan Balutan Bahan Plastik atau Vinyl

Cairan pembersih plastik atau vinyl sangat mudah sekali didapatkan, bisa juga menggunakan air hangat yang dicampur dengan shampoo apa saja. Usahakan komposisi cairannya tidak terlalu kental. Kemudian isi cairan pembersih tersebut ke dalam botol sprayer dan siapkan juga sikat gigi, kain lap bersih dan kain microfibre. Bersihkan dengan cara berikut :

  • Semprotkan cairan pembersih secara merata di permukaan plastik pembungkus setir kemudi, lalu diamkan beberapa menit.
  • Kemudian gosok dengan kain lap bersih. Bersihkan kotoran yang menempel di atas permukaan roda kemudi dengan gosokan yang lembut sehingga tidak merusak bahan plastik.
  • Jika masih ada kotoran yang sulit dibersihkan, semprotkan sekali lagi dengan cairan pembersih. Gunakanlah sikat gigi untuk mengangkat kotoran tersebut. Setelah itu, keringkan dengan kain bersih yang halus atau kain microfiber.

Setir Dengan Balutan Bahan Kulit

Gunakan pembersih khusus bahan kulit, dapat pula menggunakan air hangat yang dicampur dengan shampoo apa saja. Kemudian isi cairan pembersih tersebut ke dalam botol sprayer dan siapkan juga sikat gigi, kain lap bersih dan kain berserat halus kemudian lakukan langkah – langkah berikut.

  • Hilangkan debu yang biasanya menempel pada kemudi berbahan kulit dengan menggunakan kuas atau kain lap kering.
  • Semprotkan pembersih ke seluruh permukaan roda kemudi secara merata dan biarkan beberapa saat sampai meresap ke bahan kulit tersebut.
  • Gosok lembut dengan sikat gigi terutama pada bagian-bagian roda yang ada noda membandelnya.
  • Bersihkan dengan kain lap bersih dan kering.
  • Perlu diingat untuk membersihkan pada bagian tengah kemudi terutama pada tombol-tombol fungsional. Bersihkan dengan menggunakan kain lap basah yang sudah diperas kering.
  • Langkah pamungkas, gunakanlah bahan conditioner ke semua permukaan berbahan kulit yang ada di roda kemudi. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembaban bahan tersebut.

Meskipun letaknya berada di dalam kabin, setir mobil bisa mengalami kerusakan sehingga butuh perawatan dari pemilik mobil. Semoga bermanfaat untuk menjaga tampilan setir mobil Anda.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF