LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Info tentang mencegah potensi terjadinya kebakaran pada kendaraan

Faktor Penyebab Terjadinya kebakaran Kendaraan

Ada 3 faktor penyebab munculnya api, antara lain: bahan bakar/bahan yang mudak terbakar, sumber api/pemantik, dan oksigen. Jika salah satu faktor tersebut tidak terpenuhi, maka mustahil terjadi kebakaran. Sedangkan faktor penyebab trejadinya kebakaran kendaraan adalah:

  1. Oli

Pada dasarnya karakteristik oli mudah terbakar jika terkena sumber panas. Misalnya:

  1. Sistem oli bocor pada kendaraan yang melaju. Tetesan oli terpercik ke mesin yang kondisinya panas, dapat memicu timbulnya api.
  2. Seal/sekat oli rusak. Hal ini dapat menyebabkan oli merembes dan merambat ke bagian mesin kendaraan, sehingga berpotensi terbakar.
  3. Jika oli kendaraan tidak diganti secara rutin, maka dapat berdampak pada berkurangnya viskositas/kekentalan oli yang mengakibatkan mesin cepat panas, aus dan berpotensi terjadi kebakaran kendaraan ketika terpercik.

Sebaiknya lakukan regular check untuk menghindari potensi kebocoran sistem oli serta lakukan ganti oli mesin dan oli transmisi secara rutin maksimal setiap 10.000 km atauper 6 bulan.

  1. Electrical Parts

Electrical parts dapat berupa hubungan singkat. short-circuit. Hubungan singkat/ short-circuit terjadi bila kabel muatan (+) bersentuhan langsung dengan kabel muatan (-).

  1. Fuel (Bahan Bakar)

Kebocoran selang atau tangki bahan bakar di area engine kendaraan juga berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran kendaraan.  Karenanya, pastikan melakukan  service kendaran secara rutin untuk mengecek dengan teliti bahwa sistem aliran bahan bakar (hose,tube) atau tangki bahan bakar dalam keadaan baik yakni tidak bocor ataupun retak, juga pengencangan clamp (penjepit/klem) sehingga selalu dalam keadaan baik dan pada posisi yang benar.

  1. Exhaust

Kualitas bahan bakar yang tidak bagus mengakibatkan tidak sempurnanya pelepasan gas buang kendaraan sehingga masih menyisakan kotoran yang tertinggal dan tersumbat di exhaust system. Kotoran tersebut dapat ikut terbakar jika kondisi kendaraan sedang berjalan dimana exhaust sedang dalam keadaan panas.

  1. Penyebab Eksternal ( Eksternal cause)

Penyebab kebakaran kendaraan ini karena faktor eksternal misalnya memarkir kendaraan dekat dengan area sumber api, membuang puntung rokok didalam kendaraan, meninggalkan kain/lap atau bahan apapun di area mesin kendaraan dan lain sebagainya.

Tapi tidak usah khawatir, selama anda melakukan perawatan dan pengecekan berkala di bengkel resmi Toyota secara rutin, hal tersebut bisa dihindari.

(Detty Septianingrum)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF