LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Habis Berlibur, Ini Cara Pastikan AC Mobil Tetap Dingin dan Sejuk

Auto2000.co.id – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kenyamanan kabin mobil usai digunakan berlibur. Apalagi bila mobil diajak wisata ke berbagai wilayah dengan muatan penuh.

Selain membersihkan interior seperti jok, dasbor, door trim hingga dek bawah, jangan lupa salah satu komponen penunjang kenyamanan utama yakni pendingin udara atau air conditioner (AC).

Umumnya, mobil yang digunakan menempuh perjalanan jauh, kondisi AC akan selalu menyala terus untuk memastikan suhu kabin terjaga.

Dalam perjalanan ini, tentu bakal melalui berbagai kondisi medan jalan yang beragam, mulai aspal sampai berdebu. Ini yang membuat filter atau penyaring AC bekerja lebih berat, alhasil jadi lebih cepat kotor.

BACA JUGA : Bermodalkan Busi, Ini Cara Mudah Cek Kesehatan Ruang Bakar Mobil Anda

So, penting untuk memastikan kondisi filter guna menjaga kualitas udara yang dihasilkan tetap sehat dan segar.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana, pengecekan filter AC usai menggunakan kendaraan berlibur ke luar kota penting untuk dilakukan. Sayangnya masih banyak pemilik mobil yang tidak tahu cara dan bagaimana melakukannya.

“Umumnya pada mobil Toyota letak fiter AC berada di belakang kompartemen atau laci penyimpanan pada dasbor. Usai melakukan perjalanan jauh, baiknya memang filter tetap dijaga kondisinya,” terangnya.

“Bila sudah kotor dan banyak debu, bisa langsung dibersihkan atau diganti dengan yang baru,” ujar Indah.

BACA JUGA : Masih Perlukah Budaya Memanaskan Mesin Mobil di Pagi Hari?

Untuk memantau kondisi filter memang dibutuhkan sedikit peralatan dan keterampilan karena filter AC sendiri biasanya ditempatkan di antara blower dan evaporator yang masih dalam sektor kabin.

Karena letaknya tersebut, banyak juga yang menyebutnya dengan filter kabin. Masalahnya, hingga kini banyak yang belum paham bahwa setiap mobil punya filter kabin yang wajib dibersihkan.

Sebagai contoh filter AC pada Toyota Avanza. Untuk membersihkan pemilik mobil harus membuka laci dasbor dan melepaskannya. Posisi filter akan terlihat tepat di belakang laci tersebut, dan bisa langsung dilepas untuk mengetahui kondisinya.

“Membersihkan filter tidak boleh pakai cairan apalagi sampai direndam. Cukup disedot pakai vacumm cleaner atau disemprot menggunakan kompresor bertekanan rendah,” urai Indah.

BACA JUGA : Jangan Sepelekan Kebersihan Plafon Mobil, Begini Cara Merawatnya

“Apabil memang sudah sangat kotor, disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru saja. Ingat AC yang kotor akan tidak sehat bagi udara di kabin, selain itu kesejukan juga akan berkurang,” tegasnya.

Selain filter, lubang ventilasi yang menjadi saluran udara sejuk keluar juga perlu diperhatikan. Proses pembersihannya tidak sulit untuk dilakukan sendiri, cukup menggunakan sikat halus berdimensi kecil.

Bagi pemilik mobil Toyota yang merasa sulit atau tidak memiliki waktu untuk mengecek dan melakukan pembersihan filter AC, tidak perlu cemas.

Anda bisa memanfaatkan layanan THS – Auto2000 Home Service alias THS yang siap memberikan layanan bagi pemilik Toyota baik di rumah atau kantor.

Juga bisa datang sekalian servis berkala ke bengkel resmi Auto2000, dengan booking via aplikasi Auto2000 Mobile yang bisa diunduh secara gratis.

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF