LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Bermodalkan Busi, Ini Cara Mudah Cek Kesehatan Ruang Bakar Mesin Mobil


Auto2000.co.id – Usai melalui perjalanan panjang berlibur bersama kelurga atau  kerabat menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya Anda melakukan pengecekan mobil kembali.
Pengecekan kembali ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa mobil benar-benar ‘sehat’ untuk digunakan kembali beraktivitas.

Dari beberapa komponen mobil, busi menjadi salah satu komponen penting yang wajib dicek. Caranya juga mudah, yaitu melalui warna busi.

Pemilik mobil bisa mengetahui kondisi pembakaran pada mobil. Metode ini bisa dilakukan sendiri, tanpa perlu repot datang ke bengkel.

BACA JUGA : Inilah Tips Cara Bikin Anak Tidak Stres Saat Perjalanan Pulang Liburan

Kepala Bengkel Auto2000 Salemba, Jakarta Pusat, Suparna, menjelaskan, mengidentifikasi adanya masalah pada ruang bakar bisa dilakukan sendiri dengan membuka busi.
Caranya cukup menyediakan kunci untuk membuka busi, dan pastikan saat melakukan pengecekan mesin dalam kondisi dingin, atau ketika pagi hari sebelum mobil dipanaskan.
“Dari warna busi, akan ketahuan bagimana situasi dan kondisi kendaraan, khususnya mobil. Apakah pembakarannya baik, kotor, sampai mengetahui gejala busi yang sudah waktunya diganti karena fungsinya sudah tidak optimal,” jelasnya.

“Ini rutinitas penting, sebagai upaya untuk menghindari efek mesin pincang karena salah satu busi yang sudah tidak baik atau tidak lagi berfungsi,” kata Suparna.

BACA JUGA : Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Mengemudi Balik ke Rumah Setelah Berlibur

Menurut Suparna, indikasi busi dalam kondisi ‘sehat’ bisa dipantau dari warna kepala busi setelah dilepaskan dari silinder blok.

Busi yang memilik pembakaran sempurna, alias tanpa masalah alias normal, bagian kepala atau ujung elektroda akan menunjukkan warna coklat sedikit kemerahan.
Sebaliknya, bila kepala busi memiliki warna hitam pekat, bisa dipastikan ada masalah pada ruang bakar. Warna itu terjadi akibat adanya jelaga hitam dari sisa pembakaran yang
menumpuk dan lama-kelamaan membungkus elektroda busi.

“Busi yang hitam itu biasanya sudah mendekati mati atau tak bisa berfungi maksimal, artinya sudah waktunya diganti juga,” jelasnya lagi.

BACA JUGA : Hati-hati! Ini Potensi Bahaya Mengemudi Mobil Dengan Muatan Penuh

“Sementara bila warna busi menunjukkan terlalu kemerahan, mengindikasikan bahwa ada kesalahan pemakaian bahan bakar. Umumnya karena karena ketidak cocokan oktan yang
digunakan pemilik dengan yang dianjurkan pabrikan,” ucap Suparna.

Suparna mengingatkan bila penggunaan bahan bakar yang sesuai anjuran akan membuat usia busi lebih panjang sehingga membuat kondisi mesin tetap sehat.
Sedangkan untuk toleransi waktu pergantian busi khusus mobil Toyota, baiknya dilakukan tiap 20.000 km untuk busi biasa, dan 100.000 km untuk jenis busi iridium.

​​​​​​​Namun, bagi yang memang terlalu sibuk atau tidak hobi membuka ruang mesin mobil sendiri, bisa dengan mudah menghubungi layanan THS – Auto2000 Home Service.
Lewat layanan ini, mobil Anda bakal mendapatkan layanan setara bengkel resmi Auto2000, tetapi dilakukan di rumah pelanggan. Bisa pesan lewat aplikasi Auto2000 Mobile yang bisa diunduh baik Android maupun IOS.

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF