LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Fungsi Lampu Indikator di Speedometer Mobil

Pernahkah anda bertanya apa fungsi lampu indikator yang berada di sekitar speedometer dan memiliki lambang berbeda-beda? Lampu indikator dalam mobil menandakan tiap bagian dari mobil seperti lambang bahan bakar, check engine, airbag, air radiator, suhu mesin, dll.

Fungsi Lampu Indikator

Indikator pengingat punya fungsi sebagai informasi awal apabila terjadi malfungsi atau kerusakan pada suatu bagian kendaraan. Biasanya terjadi kendala teknis, sehingga bisa segera dicek dan diperbaiki. Indikator pengingat akan bekerja saat kunci kontak diputar ke posisi ON, lampu indikator akan menyala mengindikasikan tanda adanya kendala. Kemudian setelah mesin di-start, lampu tersebut akan mati kembali. Ini berarti ia masih bekerja dengan baik.

Selain itu, ada pula lampu indikator pengingat yang otomatis mati setelah kunci kontak berada di posisi ON dalam beberapa saat. Contohnya adalah lampu indikator pengingat fungsi airbags.

Jka terjadi masalah pada salah satu bagian kendaraan atau bagian tersebut belum pada posisi yang seharusnya, lampu indikator akan tetap menyala atau berkedip meski mobil sudah berjalan.

Jika itu terjadi, periksa apa fungsi dari fitur yang indikator pengingatnya nyala. Berbahayakah bila dilanjutkan? Jika tidak, Anda bisa melanjutkan perjalanan, dengan catatan tetap membawanya ke bengkel resmi Toyota untuk pengecekan.

Tapi bila berbahaya dan riskan untuk melanjutkan, bisa segera hubungi dealer Auto2000 terdekat atau layanan darurat ERA. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Auto2000 Mobile supaya mudah, cepat, dan praktis.

4 Area Utama Indikator Pengingat pada Mobil

Untuk lebih jelas, ada 4 area utama indikator pengingat di panel instrumen mobil Toyota Anda. Setiap mobil tentu ada perbedaan karena lebih banyak fitur akan membuatnya memiliki lebih banyak indikator peringatan. Baca informasi di bawah ini untuk lebih mengenal mobil Anda.

1. Sistem permesinan

Terdapat beberapa indikator yang menggambarkan kegagalan fungsi di sektor permesinan, seperti indikator peringatan sistem pengisian baterai atau aki dan tekanan oli mesin rendah.

Lampu indikator pengingat tekanan oli mesin rendah akan berkedip saat mesin idling atau nyala sebentar setelah mesin dimatikan. Jika ya, itu mengindikasikan bahwa jumlah oli kurang atau sistem sirkulasi oli terhambat.

Untuk peringatan pengisian aki, segera cek ke bengkel resmi Auto2000 bila nyala karena mungkin masalahnya berat sehingga mobil tidak bisa dinyalakan kembali. Tentu akan sangat merepotkan kalau sampai terjadi.

2. Sistem pengereman

Terdapat beberapa indikator yang menggambarkan malfungsi di sistem pengereman, seperti indikator peringatan sistem rem dan indikator ABS.

Indikator peringatan sistem rem akan menyala saat rem parkir atau rem tangan belum dibebaskan secara sempurna. Kalau tidak ada masalah, bisa berarti jumlah minyak rem kurang.

Segera cek posisi rem tangan bila indikator ini menyala karena kalau dibiarkan maka akan merusak kampas dan teromol rem belakang akibat terus bekerja saat mobil berjalan.

Namun kalau masalah dari volume minyak rem, segera lakukan pengisian minyak rem sesuai standar yang ditentukan oleh pabrikan. Sekalian periksa sistem pengereman seperti selang dan sambungan dari potensi kebocoran.

3. Sistem keselamatan berkendara

Awalnya, sistem keselamatan berkendara hanya ada indikator rem ABS, itupun hanya di mobil tertentu dan masuk ke sistem pengereman. Seiring waktu, sistem keselamatan berkendara semakin lengkap sehingga indikator pengingatnya kian kompleks.

Selain ABS, ada pula airbags, VSC, hill start assist, kontrol traksi, blind spot indicator, dan fitur keselamatan lain tergantung tipe dan model mobil Toyota. Untuk lebih detail, Anda bisa baca buku manual kepemilikan kendaraan.

​​​​4. Interior dan eksterior

Terdapat beberapa indikator di sektor ini, seperti indikator pintu mobil belum ditutup sempurna dan indikator belum digunakannya seatbelt. Untuk seatbelt, beberapa mobil juga menyertakan alarm sebagai pengingat.

Ketika indikator seatbelt menyala, sebaiknya Anda segera menggunakan sabuk pengaman. Ini tentu terkait dengan keselamatan berkendara di jalan agar aman. Selain itu, airbag di mobil Toyota tidak akan bekerja bila Anda tidak menggunakan seatbelt.

Untuk indikator pintu mobil, segera periksa seluruh pintu mobil Anda sampai indikator tersebut mati. Sangat berbahaya jika didiamkan karena pintu bisa terbuka dengan sendirinya ketika mobil berjalan.

Masih ada indikator lain yang bisa Anda temukan di mobil Toyota, tergantung tipe dan merek. Bahkan untuk model tertentu, indikator tersebut juga diakomodir oleh panel multi information display (MID) yang lebih simpel dan informatif. Yang jelas, fungsi lampu indikator sangatlah besar untuk menandakan adanya bahaya atau kesalahan dalam mobil Anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karat di Beberapa Bagian Mobil

Secara rutin teknisi Auto2000 akan melakukan pengecekan di indikator pengingat saat mobil Toyota Anda menjalani servis berkala. Informasikan pada mereka bila ada masalah di indikator pengingat mobil Anda.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo OCTOFEST Bunga 1%
Penawaran yang seru di Octo Fest, bisa dapat mobil baru dengan lebih hemat! Miliki mobil Toyota baru dengan bunga 1% untuk tenor 1 tahun! Rasakan kemudahan untuk bawa pulang Vios, Agya, Yaris, Calya, Avanza, Sienta, Rush, CHR, Altis, Corolla Cross, atau Camry sekarang. Potongan PPnBM sampai dengan 100%* juga di perpanjang loh.

Anda juga bisa mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga tambahan uang elektronik 500 ribu untuk pembelian dengan paket kredit melalui Digiroom.

Yuk bawa pulang mobil Toyotanya dan ikutan kemeriahan Octo Fest!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku

22 Oktober 2021
Promo OCTOFEST Calya DP Ringan
Penawaran spesial di bulan Oktober, ikutan OCTOFEST dan nikmati keuntungannya! Dapatkan mobil Calya sekarang dengan DP Ringan mulai dari 24 jutaan* aja dan Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa pompa elektrik. Anda juga akan mendapatkan potongan PPnBM hingga 100%* loh.

Yuk dapatkan penawarannya sekarang dan nikmati mudahnya beli mobil bersama Auto2000.

Isi formulir di bawah untuk dapatkan penawarannya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku

14 Oktober 2021
Promo OCTOFEST Avanza
Mau beli mobil Avanza yang banyak keuntungannya? Ikutan program special dari Auto2000 di bulan Oktober yuk!

Hanya di Auto2000, Anda bisa mendapatkan asuransi all risk 1 tahun hanya dengan membayar 2 juta rupiah*! Anda cukup melakukan pembelian Toyota Avanza secara cash, dan Anda bisa nikmati keuntungannya.

Tak hanya itu, setiap pembelian melalui Digiroom Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier! Yuk dapatkan penawarannya sekarang dengan megisi formulir di bawah.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*Syarat dan ketentuan berlaku

14 Oktober 2021
Octo Fest Cicilan Ringan
Mau punya mobil stylish tanpa perlu bayar mahal? Ikutan program Cicilan Ringan aja! Melali EZ Deal Anda bisa mendapatkan mobil
- All New Yaris dengan cicilan mulai dari 3,4juta / bulan
-Toyota Raize dengan cicilan mulai 2,7 juta / bulan*
-Toyota Vios dengan cicilan 4 juta / bulan*
-Toyota Rush dengan cicilan mulai 3,4 juta / bulan*

Dengan mengikuti program ini, cicilannya terjamin ringan! Anda juga bisa mendapatkan potongan PPnBM hingga 100%* loh. Yuk isi formulir di bawah untuk dapatkan penawarannya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku

11 Oktober 2021
Tanya TasiaBackground Lazy GIF