Jika flashback ke sekitar 20 tahun yang lalu, bisa dikatakan fitur yang membuat putaran setir lebih ringan itu hanya dapat ditemukan di mobil kelas atas. Namun kini tak lagi demikian.
Lantas bagaimana cara kerja fitur satu ini hingga memudahkan pengemudi dalam berkendara sehari-hari? Yuk simak sampai habis artikel ini karena kita akan bahas cara kerjanya.
BOOKING SERVICE DI BENGKEL AUTO2000 DENGAN MUDAH MENGGUNAKAN DIGIROOM
Power steering sendiri biasanya memiliki sebuah pompa yang sangat vital perannya. Namun sesuai namanya, ada sebuah motor listrik yang menggantikan pompa dalam cara kerja fitur EPS ini.
Jika pada sistem power steering gerakan pompa akan membangkitkan tekanan hidraulis yang dipakai untuk menggerakan torak pada power cilinder dan memberikan tambahan tenaga pada pinion dan rack dalam mekanisme setir, maka sedikit beda pada electric power steering.
Pada power steering yang bekerja secara elektris ini tidak memiliki pompa power steering yang justru bisa memberatkan kerja mesin. Pada EPS menggunakan motor listrik yang langsung terhubung ke bagian rack gear.
Tentu harus ada modul pengontrol agar EPS bekerja presisi, maka sebagai pengatur beberapa putaran Rpm motor dan ke mana arahnya, ada serangkaian perhitungan yang diperlukan power steering control module.
Baca juga:Apa Benar Ada yang Namanya Kadaluarsa Ban Mobil?
Modul khusus tersebut menggunakan beberapa data dari sensor yang dipasang, seperti sensor sudut arah kemudi, sensor pendeteksi kecepatan putaran kemudi, serta sensor kecepatan mobil.
Selain bisa memudahkan pengemudi di saat bermanuver dalam kecepatan rendah karena setir tidak berat, electric power steering juga dapat menyesuaikan ketika mobil melesat dalam kecepatan tinggi.
Tentu akan sangat berbahaya jika kemudi tetap selalu ringan bergerak ketika mobil AutoFamily tengah melaju kencang. Sebab dalam kecepatan tinggi lingkar kemudi justru harus selalu stabil dan tak mudah bergerak.
Dalam hal ini EPS menjawab kebutuhan tersebut. Karena ada perintah dari modul ketika kecepatan tinggi, maka motor listrik tidak akan berputar dan kemudi pun menjadi lebih "berat" dan laju mobil tetap stabil.
Jadi pada dasarnya prinsip kerja dari power steering adalah memberikan bantuan pada steering rack yang langsung menggerakan roda depan kendaraan. Sebab akan sangat berat jika tanpa assist atau bantuan untuk membelokkan roda depan, contohnya saat mobil diparkir.
Enaknya lagi, mobil Toyota yang sudah menganut electric power steering tidak lagi membutuhkan minyak hidrolik. Dengan demikian perawatannya pun jadi lebih simpel.
Serahkan perawatan dan perbaikan mobil Toyota Anda pada bengkel Auto2000 terdekat. Gunakan aplikasi Auto2000 Digiroom untuk melakukan booking service atau membeli mobil baru Toyota secara online dengan transaksi yang aman.
Auto2000 Digiroom
MILIKI COROLLA CROSS DENGAN PENAWARAN MENARIK DARI AUTO2000