LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ekspor Perdana Produk Unggulan Desa Sejahtera Astra Indragiri Hilir Riau

 

BATAM: Desa Sejahtera Astra Indragiri Hilir, Riau, kemarin (12/10) mengadakan acara Ekspor Perdana Produk Unggulan Kopra Putih ke India.

Produksi kopra putih saat ini produksinya mencapai 26 ton per bulan. Ekspor perdana ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Desa Sejahtera Astra dan Parshwanath Agri Resources dari India dengan total kontrak kerjasama sebesar 15 kontainer kopra atau sebesar 390 ton.

Dalam kesempatan yang sama, secara simbolis diserahkan donasi bantuan berupa pembangunan 20 green house produksi di 10 desa, pembangunan gudang tempat pengolahan akhir kopra putih, donasi alat dan sarana produksi serta revitalisasi sarana transportasi dan penunjang produksi untuk 10 Desa Sejahtera Astra di Kabupaten Indragiri Hilir.

Deputy Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah (kedua kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan alat dan gudang produksi kopra yang diterima oleh Penggerak Desa Sejahtera Astra Indragiri Hilir Biwi Suwito disaksikan Direktur Jendral Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Samsul Widodo (kanan), Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan (kedua kiri) dan CEO Inacom.id Muhammad Nasrulyani (kiri) pada acara Ekspor Perdana Produk Unggulan Kopra Putih ke India (12/10).

 

Acara dihadiri oleh Direktur Jendral Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Drs Samsul Widodo MA, Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan, Deputy Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah serta Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Batam Kamil Hasan.

Adapun program Desa Sejahtera Astra di 10 desa ini telah berlangsung sejak Juli 2019 sampai Oktober 2019 dengan jumlah masyarakat yang terlibat sebanyak 900 orang. Sejak pembinaan desa tersebut, pendapatan masyarakat telah meningkat 16% menjadi Rp1,4 juta per bulan dari sebelumnya Rp1,2 juta per bulan.

Program ini berhasil membuka 50 lapangan kerja baru dengan produksi kopra olahan saat ini meningkat menjadi 26 ton per bulan. Kopra putih adalah bahan baku untuk membuat minyak kelapa murni, briket, sabun herbal dan sebagainya.

Deputy Head of Environment and Social Responsibility Astra Diah Suran Febrianti (kanan) bersama Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik (kiri) dan Deputi Hubungan Antarlembaga dan Wilayah Bekraf Endah Wahyu Sulistianti (kedua kanan) seusai penandatanganan nota kesepahaman antara Bekraf, Pemerintah dan Non Pemerintah di Solo (5/10).

 

Kerjasama dengan Bekraf

Astra juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) beberapa waktu yang lalu. Kerjasama yang akan diwujudkan ialah dalam meningkatkan daya saing ekonomi kreatif kawasaan perdesaan. Hal ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi Astra dalam mengembangkan 20 Desa Sejahtera Astra baru di wilayah Singkawang, Toraja Utara, Belitung serta Wakatobi.

Semangat Astra mengembangkan Desa Sejahtera Astra sejalan dengan cita-cita Astra yaitu sejahtera bersama bangsa.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia