denda-pajak-kendaraan-bermotor-jawa-barat.jpg

Berapa Denda Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Barat?

Diterbitkan7 Nov 2021

Bagi AutoFamily yang terlambat membayar pajak kendaraan, maka akan dikenakan denda. Denda tersebut wajib dilunasi saat Anda membayar pajak kendaraan. Lalu, berapakah besaran denda pajak kendaraan? Bagi Anda pemilik kendaraan yang tercatat di Jawa Barat, simak uraian mengenai denda pajak kendaraan bermotor Jawa Barat berikut.

Berapa denda pajak kendaraan bermotor Jawa Barat?

Denda pajak kendaraan bermotor (PKB) merupakan biaya yang dibebankan kepada wajib pajak kendaraan saat mereka terlambat melakukan pembayaran pajak sebagai bentuk sanksi. Ketentuan ini telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Denda PKB mulai berlaku satu hari setelah jatuh tempo pembayaran PKB. Misalnya, PKB Anda jatuh tempo pada 12 Juni 2021 dan baru bisa melakukan pembayaran pada 13 Juni 2021, maka pembayaran tersebut harus ditambah dengan denda PKB.

Lalu, bagaimanakah cara menghitung PKB? Untuk wilayah Jawa Barat, besaran denda PKB adalah 2% dari total PKB dengan ketentuan paling tinggi 48% (24 bulan). Perlu diingat, selain denda PKB tersebut, Anda juga harus membayar pajak Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Ketentuan ini diatur dalam Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No. 13 Tahun 2011 Pasal 14.

Mengetahui besaran SWDKLLJ

Sebelum menghitung besaran denda pajak kendaraan bermotor Jawa Barat yang harus dibayarkan, Anda juga harus tahu berapa besaran SWDKLLJ. Besaran SWDKLLJ ini menyesuaikan dengan golongan kendaraan. Untuk kendaraan sedan, jeep, mobil penumpang non angkutan, dan pick up dengan kapasitas mesin hingga 2.400 cc, maka besaran SWDKLLJ yang harus dibayar adalah Rp143.000.

Sedangkan untuk kendaraan bermotor roda dua dengan kapasitas 500-250 cc, besaran SWDKLLJ yang harus dibayarkan adalah Rp35.000. Anda bisa mengetahui detail lengkap mengenai SWDKLLJ ini melalui fitur Info Pajak Kendaraan Bermotor yang ada di websiteBapenda Jawa Baratatau melalui aplikasi Sambara yang dapat diunduh gratis di Playstore.

CEK PENAWARAN TERBAIK TOYOTA CALYA DI SINI!

Cara menghitung denda pajak kendaraan bermotor Jawa Barat

Dari penjelasan pada poin sebelumnya, maka bisa ditarik rumus pembayaran denda PKB Jawa Barat adalah sebagai berikut:

PKB x 25% x bulan menunggak pajak/12 + SWDKLLJ

Untuk memudahkan Anda dalam penghitungan denda PKB Jawa Barat, simak simulasi penghitungan di bawah ini.

Katakanlah Tuan A yang tinggal di Bandung memiliki kewajiban PKB sebesar Rp1.800.000 untuk mobilToyota Calya 1.2 Gkeluaran 2020 miliknya. Besaran SWDKLLJ untuk mobil Calya saat ini adalah Rp143.000. Tuan A terlambat membayar PKB selama tiga bulan. Berapa denda pajak kendaraan bermotor Jawa Barat yang harus dibayar Tuan A?

PKB x 25% x bulan menunggak pajak/12 + SWDKLLJ

Rp1.800.000 x 25% x 3/12 + Rp143.000

= Rp255.500

Maka, denda yang harus dibayarkan oleh Tuan A adalah sebesar Rp255.500. Total pembayaran (PKB ditambah SWDKLLJ dan denda) yang harus dilunasi Tuan A adalah Rp2.198.500.

Baca Juga:5 Alasan Perlunya Tune Up pada Mesin Mobil Anda

Pemutihan pajak kendaraan bermotor

Merasa denda yang dibebankan terlalu berat? Tenang, pemerintah daerah Jawa Barat memiliki kebijakanpemutihan pajak kendaraan Jawa Baratyang bisa Anda manfaatkan. Pemutihan merupakan suatu kebijakan untuk menghapuskan denda wajib pajak. Dengan adanya kebijakan ini, Anda hanya perlu membayar PKB.

Namun, perlu diingat, pemutihan denda pajak hanya ada pada durasi waktu tertentu. Durasi waktu pemutihan ditentukan oleh pemerintah daerah Jawa Barat. Pada 2020 lalu, pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Barat dilakukan mulai dari 1 Agustus 2020 hingga 23 Desember 2020. Selalu ikuti informasi dari SAMSAT dan Bapenda Jawa Barat untuk mengetahui tanggal pasti pemutihan pajak kendaraan bermotor di daerah Anda.

Baca Juga:Selain Umur, Cari Tahu Persyaratan Bikin SIM A

Demikian uraian mengenai denda pajak. Semoga dapat menjawab pertanyaan Anda mengenai berapa denda pajak kendaraan bermotor Jawa Barat. Di samping menjalankan kewajiban pajak, sebaiknya pemilik kendaraan bermotor juga rutin mengecek kondisi mesin mobil. Lakukan pengecekan mesin menyeluruh hanya di bengkel Auto2000.KunjungiDealer Toyotasekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungandi sini.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.