Contoh Modifikasi Yang Bikin Gugur Garansi Mobil Anda"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Contoh Modifikasi Yang Bikin Gugur Garansi Mobil Anda

"

Auto2000.co.id – Kami mewanti-wanti Anda yang doyan modifikasi mobil Toyota kesayangan. Bukan tidak boleh tampil keren di jalan, tapi modifikasi yang dilakukan asal-asalan tanpa paham aspek teknis bisa berakibat fatal.

Seperti yang pernah kita lihat bersama, banyak mobil terbakar di jalan ternyata karena sistem kelistrikan pernah diubah untuk modifikasi.

Dan yang terpenting dan Anda pasti tak mau terjadi, ada potensi garansi gugur bila ternyata suatu saat bagian yang Anda modifikasi itu bermasalah. Begitu mobil terbakar, Anda rugi dua kali.

Lantas, seperti apa contoh modifikasi yang bisa membahayakan dan berpotensi menggugurkan garansi mobil Toyota Anda?

BACA JUGA : Catat! Ini 5 Bagian Mobil Yang Sensitif Abu Vulkanik

1. Instalasi audio

Salah satunya seperti melakukan instalasi perangkat audio. Pemasangan head unit atau penambahan komponen lain seperti speaker paling sering dilakukan dengan alasan meningkatkan sistem hiburan.

Tapi dikarenakan pemasangan yang salah, seperti mengambil power yang tidak sesuai atau asal menyambung kabel tanpa memperhitungkan tegangan justru mengakibatkan banyak masalah.

Mulai dari aki yang cepat tekor sampai korsleting listrik yang bisa berujung pada terbakarnya mobil. Ini banyak terjadi di instalatur amatir atau modifikasi dengan budget seadanya.

Sebenarnya tidak dilarang selama pemasangannya baik-baik saja, tapi bahayanya kalau dipasang tidak sesuai. Ada yang main sambung sana-sini atau teknisinya tidak mengerti sistem perkabelan dari mobil tersebut.

BACA JUGA : Bikin Kagum, Ini Beda New Avanza dan New Veloz Dari Pendahulunya

Padahal itu bisa membuat beban di wiring system menjadi tidak normal dan over, efek fatalnya bikin mobil terbakar.

2. Pasang piggyback

Tidak hanya itu, beberapa konsumen yang merasa tidak puas dengan performa mesin standar dari mobilnya juga kerap mengambil jalan pintas.

Salah satu alternatifnya adalah dengan memasang perangkat elektronik tambahan berupa chip microcomputer atau biasa disebut piggyback.

Tapi sistem kerja piggyback yang mengubah pola kerja engine control unit (ECU) berdampak cukup besar bagi mesin. Pemasangan pigyback itu membuat ECU dipaksa berkerja ekstra keras.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto2000

Memang tenaga mobil akan lebih responsif dibandingkan setingan standar pabrikan, tapi efek samping dari penggunaan pigyback itu bisa membuat ECU mobil rusak, bahkan jebol.

Kalau ECU sudah rusak ini repot sekali sekaligus mahal, dan ketika ditemui kerusakanya akibat pemasangan perangkat tambahan, otomatis garansi mobil Anda langsung hangus.

3. Pakai pelek racing

Lainnya yang paling umum untuk tampilan luar adalah penggunaan pelek racing dengan ukuran jauh lebih besar dari standar. Penggunaan pelek besar memberi beban berlebih pada komponen kaki-kaki mobil, baik kemudi maupun peredam kejut.

Kalau sampai terjadi masalah di kaki-kaki akibat penggunaan pelek besar, maka klaim garansi Anda bisa ditolak.

Belum lagi aspek lain terkait dengan keselamatan berkendara karena penggunaan pelek besar pasti berpengaruh pada kinerja kaki-kaki mobil.

BACA JUGA : Waspadalah! Ini Pemicu Karat Tumbuh di Bodi Mobil Anda

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berdiskusi lebih dulu dengan teknisi bengkel resmi Auto2000 saat akan memasang atau mau membeli aksesori yang sifatnya di luar tanggung jawab dari pabrikan.

Atau jika tidak mau repot, Auto2000 juga menjual beberapa perangkat modifikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik tampilan dan meningkatkan performa mobil.

Dengan produk berkualitas tinggi yang sesuai standar Toyota, Anda akan merasa tenang dan nyaman lantaran dipasang oleh teknisi berpengalaman dengan prosedur kerja terjaga. Pun ada garansi diberikan untuk setiap pemasangan.

Sebagai panduan, Anda bisa membaca buku manual yang mencantumkan klausul mengenai garansi mobil.

Auto2000

"
Share this article
Tanya Tasia