ciri-ciri-injeksi-mobil-rusak.jpg

Waspada, Ini Dia Ciri-ciri Injeksi Mobil Rusak

Diterbitkan28 Nov 2022

Sebagai pengemudi mobil, sudahkah AutoFamily mengetahui ciri-ciri injeksi mobil rusak? Sistem injeksi pada mobil merupakan rangkaian komponen yang bekerja untuk mengirimkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar. Sistem ini banyak diterapkan pada mobil sebagai pengganti fungsi kerja karburator.

Injeksi pada mobil memiliki peran yang penting. Maka dari itu, jika terjadi kerusakan harus segera ditemukan permasalahan komponennya dan diperbaiki oleh teknisi ahli sehingga bisa kembali dalam kondisi normal. Pada artikel Auto2000 kali ini, AutoFamily akan mempelajari secara lebih mendalam mengenai sistem injeksi pada mobil. Simak selengkapnya di bawah ini.

Ciri-ciri Injeksi Mobil Rusak

Ciri-ciri injeksi mobil rusak biasanya cukup terlihat dan mudah untuk dikenali. Maksudnya Anda tidak perlu merasakan tanda-tanda yang berat atau kondisi yang parah untuk menyadari adanya sebuah kerusakan. Meski demikian, masih banyak orang yang bingung dengan ciri-ciri injeksi mobil rusak. Agar tidak lagi bingung, cek ulasan selengkapnya di bawah ini:

1. Mesin Mobil Brebet

Ciri-ciri injeksi mobil rusak yang pertama adalah mesin mobil menjadi brebet atau tersendat dan cenderung sulit untuk distarter. Hal ini akan berpengaruh pada tarikan gas yang menjadi lebih berat dibanding biasanya.

2. Respon Pedal Gas Telat

Saat terdapat masalah atau kerusakan pada sistem injeksi, AutoFamily akan merasakan respon pedal gas ketika diinjak yang cenderung terlambat dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Tetapi, kondisi ini justru terjadi saat permasalahan injeksi belum terlalu besar, hanya saja bagian injektor mulai melemah.

Baca juga:8 Cara Cek Koil Mobil Injeksi

3. Konsumsi Bahan Bakar yang Tidak Efisien

Sebagai komponen mobil yang berkaitan dengan sistem bahan bakar mobil, ketika terjadi kerusakan injeksi tentu akan berpengaruh pada efisiensi penggunaan bahan bakar. Kerusakan injektor pada dasarnya akan menghambat aliran bahan bakar ke ruang bakar.

Sehingga, sensor akan memberikan sinyal pada ECU agar injektor lainnya mengambil sisa bahan bakar yang ada di tangki. Dampaknya, konsumsi bahan bakar mobil menjadi tidak efisien.

4. Indikator Menyala

Perlu diketahui bahwa saat ini mobil telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang membolehkan mobil memberikan sinyal ketika terjadi masalah di bagian mesin, termasuk juga masalah injeksi. Saat injeksi rusak, AutoFamily akan melihat indikator check engine pada bagian dashboard akan menyala.

BOOKING SERVICE DENGAN MUDAH DAN PRAKTIS SEKARANG JUGA MELALUI AUTO2000 DIGIROOM

Apa yang Terjadi Jika Injeksi Rusak?

Jika AutoFamily berpikir bahwa kerusakan pada injeksi tidak memberikan dampak besar pada mobil, maka hal tersebut kurang tepat. Faktanya, ada beberapa dampak yang terjadi ketika kerusakan injeksi pada mobil:

1. Menurunkan Performa

Kerusakan teknologi injeksi dalam mobil dapat membuat performa mesin menurun dan tidak dapat menghasilkan tenaga yang maksimal. Kaitannya lagi-lagi dengan proses pembakaran yang berjalan tidak normal dan temperatur mesin menjadi lebih cepat meningkat.

2. Pembakaran Tidak Terjadi Sempurna

Injeksi mobil berperan besar dalam memasok kebutuhan bahan bakar dengan jumlah yang tepat dan tercampur sempurna dengan perbandingan bahan bakar udara yang tepat. Jika bagian ini rusak atau kotor, maka proses pembakaran di ruang bakar menjadi tidak sempurna karena komponen yang tidak bekerja maksimal. Selain itu, adanya penumpukan karbon di dalam ruang bakar juga dapat memengaruhi proses pembakaran.

Mengenal Komponen Injeksi Mobil dan Fungsinya

Dalam sebuah sistem, tentu sebuah komponen tidak bekerja sendiri melainkan terdapat beberapa komponen penting yang saling bekerja sama. Untuk itu, sebaiknya AutoFamily mengenal seluruh komponen serta fungsinya pada sistem kerja injeksi mobil di bawah ini:

1. Tangki Bahan Bakar

Tangki bahan bakar berfungsi sebagai tempat penampungan bahan bakar mobil. Saat ini, sebagian besar tangki mobil dibuat dengan menggunakan bahan plastik tebal dengan bobot yang lebih ringan namun tetap kuat dan tahan lama.

2. Fuel Filter

Fuel filter atau filter bensin merupakan komponen yang berguna untuk menyaring kotoran dari aliran bensin ketika melewati fuel feed.

3. Fuel Pump

Pada praktiknya fuel pump memiliki dua fungsi. Pertama sebagai komponen yang mengalirkan bensin dari tangki ke bagian injektor dan kedua untuk meningkatkan tekanan bahan bakar yang ada pada fuel feed.

4. Delivery Pipe

Dalam saluran bahan bakar, terdapat pipa di ujung saluran yang digunakan untuk menampung bahan bakar yang dipompa oleh fuel pump. Pipa ini dilengkapi dengan inlet hose yang terhubung ke saluran serta tangki bensin dan injektor hose yang terhubung pada hampir seluruh injektor.

Baca juga:Apakah Mobil Injeksi Perlu Dipanaskan? Ini Dia Jawabannya

5. Injektor

Injektor adalah bagian yang berfungsi untuk mengeluarkan bahan bakar dari delivery pipe dengan jumlah yang pas dengan bantuan solenoide.

6. Pressure Regulator

Pressure regulator berfungsi sebagai komponen yang menjaga tekanan dalam saluran bahan bakar agar tetap stabil.

7. Fuel Feed

Slang bahan bakar atau fuel feed bekerja untuk menjadi komponen yang mengalirkan bahan bakar dari tangki ke injektor.

Baca juga:Inilah Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Saat Distarter

8. Return Feed

Tak jauh berbeda dengan fuel feed, return feed berfungsi sebagai komponen yang mengalirkan bahan bakar sisa saat kelebihan tekanan untuk dikembalikan ke bagian tangki.

9. Sensor

Sensor berfungsi untuk mendeteksi segala keadaan dalam mesin mobil. Kemudian, hasil deteksi akan menjadi acuan bagi ECU untuk menentukan durasi terbukanya injektor.

10. ECU

Engine Control Unit atau ECU adalah komponen injeksi yang berfungsi sebagai alat pengolah data yang sebelumnya diterima dari sensor.

11. Baterai

Komponen injeksi yang terakhir adalah baterai. Pada mobil otomatis, baterai mungkin bukan komponen penting. Tetapi pada mobil hybrid atau mobil listrik, baterai berfungsi sebagai sumber energi yang menggunakan tegangan listrik dan nantinya akan diolah pada sensor sehingga menjadi tegangan balik ke ECU.

DAPATKAN SUKU CADANG RESMI MOBIL TOYOTA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

Demikian tadi merupakan informasi seputar komponen injeksi, dampak, serta ciri-ciri injeksi mobil rusak yang harus AutoFamily ketahui. Kondisi kerusakan yang berpengaruh pada tarikan mesin ini tentu akan sangat mengganggu kenyamanan berkendara AutoFamily.

Jika sudah begini, jalan keluar satu-satunya untuk mengatasi masalah pada injeksi mobil adalah membawanya ke bengkel resmi Auto2000. Perbaikan dan perawatan pada mobil sejatinya memang perlu dilakukan secara rutin untuk menghindari segala bentuk kerusakan pada komponen apa pun.

Sebab itu, sebaiknya selalu cek kondisi mobil secara berkala ke bengkel terdekat seperti bengkel Toyota Bekasi, Jakarta, atau di mana pun AutoFamily berada. Jika ingin melakukan reservasi perawatan di Auto2000, gunakan Auto2000 Digiroom agar lebih mudah dan praktis. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mobil Anda untuk menciptakan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.