LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Cek Lagi Kondisi Wiper Saat Mudik dan Balik Lebaran

 

Auto2000.co.id – Berkendara di musim mudik Lebaran tahun ini akan diwarnai dengan cuaca yang tak menentu. Pasalnya sampai saat ini di beberapa wilayah curah hujan masih cukup tinggi.

Kondisi tersebut membuat Anda harus benar-benar menyiapkan mobilnya agar siap tempur menempuh perjalanan jauh. Seperti diketahui, senjata utama berkendara saat menghadapi hujan lebat adalah wiper, jadi baiknya pastikan kondisi wiper tetap bekerja optimal.

“Masih banyak yang kurang mengerti soal fungsi wiper, tapi paling utama wiper sangat membantu dalam memaksimalkan visibilitas atau pandangan berkendara ketika berkendara di bawah guyuran hujan lebat,” jelas Suparna, Kepala Cabang Auto2000 Cilandak.

BACA JUGA : Dear Generasi Millenial, Aplikasi Ini Paling Top Untuk Jadi Asisten Urusan Servis Mobil Anda

“Dengan demikian wiper juga berpengaruh pada keamanan berkendara,” tegasnya.

Agar wiper mampu menjalankan fungsinya secara baik, otomatis pemilik kendaraan harus melakukan pengecekan soal bagaimana kondisinya.

Suparman menjelaskan paling utama adalah dengan melihat permukaan pada karet-karet lengan wiper, pastikan bila tidak ada kerusakan dan dalam kondisi yang baik.

Bila ternyata sudah ada getas atau karet terasa mengeras tak lagi elastis, wajib hukumnya untuk segera melakukan penggantian.

BACA JUGA : Ini Sebab Anda Nyaman Berlibur Bersama Auto2000

Penting diketahui, saat karet sudah tidak optimal maka akan mempengaruhi kemampuannya dalam menyeka air dari kaca yang imbasnya membuat visual berkendara berkurang.

Menurut Suparman, dalam mengganti karet wiper pemilik mobil memiliki dua pilihan. Pertama hanya dengan mengganti karetnya saja, atau sekaligus dengan wiper blade yang di dalamnya sudah termasuk dengan keret.

Untuk merawat agar karet tidak mudah rusak, Suparman menyarankan pemilik mobil tidak sering memarkirkan mobil di tempat yang panas layaknya di lapangan terbuka.

BACA JUGA : Waspadalah! Ini Pemicu Karat Tumbuh di Bodi Mobil Anda

Selain itu, dengan mengangkat wiper saat terpaksa parkir di bawah terik matahari juga bisa mengurangi panas yang diterima wiper.

“Jangan diremehkan, cek kondisinya sebelum jalan, lakukan pergantian lebih baik bila mamang wiper sudah mengeluarkan tanda-tanda kerusakan,” urai Suparman.

“Untuk perawatan simple saja, kalau sudah ada kotoran pada karet langsung dibersihkan dengan kain,” tutupnya.

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF