LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Cek Filter Kabin Sebelum dan Sesudah Mudik Lebaran

 

Auto2000.co.id – Filter kabin memiliki peran yang cukup penting pada mobil, jika kondisinya kotor maka tidak baik untuk kesehatan penumpang di dalam.

Oleh sebab itu, lebih baik sering mengecek dan mengganti sesuai dengan rekomendasi oleh masing-masing pabrikan. Apalagi saat mudik Lebaran seperti sekarang ini, tidak ada salahnya Anda mengecek kondisi filter kabin.

Jika sudah kotor, sebaiknya diganti atau jika masih bisa dibersihkan, minta dibersihkan menggunakan alat khusus agar pembersihan berlangsung sempurna.

BACA JUGA : Waspadalah! Inilah 6 Cara Aman Mengemudi Mobil Saat Musim Hujan

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, sebaiknya konsumen Toyota mengganti filter kabin setiap 10.000 km sekali atau enam bulan sekali, agar performa pendingin kabin tetap berfungsi normal.

“Kalau sudah kotor, sudah pasti akan menyumbat karena banyak debu yang menempel, jadi harus diganti agar kembali normal lagi,” ujar Sapta belum lama ini di Jakarta.

Selain itu, setiap dua atau tiga bulan sekali sebaiknya pemilik mobil melakukan pengecekan atau merawat dengan cara membersihkan filter kabin tersebut, paling tidak bisa menjaga kualitas AC di kabin tetap dalam kondisi normal.

BACA JUGA : Begini Cara Tasia Bantu Hitung Kredit Beli Mobil Baru di Auto2000

“Kalau dalam 10.000 km sekali ternyata masih bagus, maka bisa diganti pada saat servis mobil selanjutnya. Tetapi idealnya setiap 10.000 km sekali,” ungkap Sapta.

Konsumen yang rutin melakukan servis berkala, kata Sapta akan selalu terpantau kondisi dari filter kabinnya, karena akan dicek oleh teknisi dari Auto2000. Jadi pastikan juga selalu melakukan perawatan berkala di bengkel resmi Auto2000.

Makanya, jika sudah pulang mudik pemilik mobil Toyota juga harus kembali mengecek kondisi filter kabin, karena mobil sudah digunakan ratusan bahkan ribuan kilometer, sudah pasti menyerap banyak debu selama di perjalanan.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia