cara merawat karet wiper

7 Cara Merawat Karet Wiper Mobil Agar Awet

Diterbitkan16 Apr 2024

Merawat karet wiper mobil merupakan langkah penting untuk memastikan kinerja optimal sistem penghapus kaca saat AutoFamily berkendara. Karet wiper yang bersih dan terawat akan membantu membersihkan kaca mobil dengan efisien, meningkatkan visibilitas, dan mengurangi risiko kecelakaan. Lalu, bagaimana cara merawat karet wiper?


Merawat karet wiper tidaklah sulit, namun perlu dilakukan secara teratur agar tetap dalam kondisi yang baik. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa langkah sederhana yang dapat AutoFamily lakukan untuk merawat karet wiper mobil Anda dan menjaga keamanan serta kenyamanan saat berkendara.


Apa itu Karet Wiper

Karet wiper adalah bagian penting dari sistem penghapus kaca mobil. Biasanya terdiri dari karet elastis yang dipasang di lengan wiper dan berfungsi untuk membersihkan kaca mobil dari air, debu, kotoran, atau bahkan salju saat hujan atau kondisi cuaca buruk. Karet wiper ini bergerak secara bersamaan dengan lengan wiper saat diaktifkan oleh pengemudi melalui tuas atau tombol di dalam mobil.


Fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan visibilitas pengemudi dengan membersihkan dan menghilangkan hambatan dari kaca depan mobil sehingga pengemudi dapat melihat dengan jelas selama berkendara.


Baca Juga: Perhatikan 9 Tips Berkendara Aman Saat Hujan


7 Cara Merawat Karet Wiper

Merawat karet wiper mobil sangat penting untuk menjaga agar kinerjanya tetap optimal. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk merawat karet wiper:


1. Bersihkan Secara Teratur 

Membersihkan karet wiper secara teratur sangat penting untuk menjaga agar tidak terbentuknya kotoran atau residu yang dapat mengganggu kinerjanya. Gunakan air sabun atau cairan pembersih kaca mobil yang tidak mengandung bahan kimia yang keras.


Basahi kain lembut dengan larutan pembersih tersebut, lalu usap secara lembut sepanjang karet wiper untuk menghilangkan kotoran dan debu. Pastikan untuk membersihkan bagian dalam dan luar karet wiper untuk membersihkan area yang tersembunyi dan memastikan kebersihannya secara menyeluruh.


BOOKING SERVICE TOYOTA SECARA ONLINE DENGAN MUDAH DI AUTO2000 DIGIROOM!

2. Hindari Penggunaan Bahan Kimia yang Keras

Penting untuk diingat bahwa karet wiper adalah bahan yang sensitif terhadap bahan kimia keras atau abrasif. Penggunaan bahan pembersih yang mengandung bahan-bahan tersebut dapat merusak karet wiper dan mengurangi umur pakainya. Sebaiknya, gunakan cairan pembersih yang dirancang khusus untuk kaca mobil dan formulanya aman untuk digunakan pada karet.


3. Periksa Secara Berkala 

Rutin memeriksa kondisi karet wiper adalah langkah yang sangat penting dalam merawatnya. Periksa secara visual untuk mengetahui adanya tanda-tanda keausan, robekan, atau kerusakan lainnya pada karet wiper. Jika Anda melihat tanda-tanda seperti garis-garis atau noda-noda pada karet wiper, atau bahkan jika karet terasa keras atau retak, maka ini bisa menjadi indikasi bahwa sudah waktunya untuk menggantinya dengan yang baru.


4. Jaga Agar tetap Fleksibel 

Salah satu masalah umum yang dapat terjadi pada karet wiper adalah kekakuan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan elemen-elemen cuaca lainnya. Kekakuan ini dapat mengurangi kemampuan karet wiper untuk menutupi kaca dengan sempurna dan membersihkannya dengan efisien.


Oleh karena itu, pastikan untuk tidak meninggalkan karet wiper dalam keadaan terangkat saat mobil tidak digunakan, terutama saat cuaca panas. Sebaiknya, biarkan karet wiper beristirahat dalam posisi normal untuk menjaga kelembutan dan fleksibilitasnya.


5. Ganti Karet Wiper Secara Teratur 

Meskipun Anda melakukan perawatan secara teratur, karet wiper masih akan mengalami keausan seiring waktu. Karet wiper yang aus atau rusak tidak akan efektif dalam membersihkan kaca mobil dengan baik dan dapat meningkatkan risiko terjadinya goresan pada kaca.


Baca Juga: Cari Tahu Cara Merawat Mobil Untuk Pemula


Oleh karena itu, penting untuk mengganti karet wiper secara teratur sesuai dengan panduan produsen atau ketika Anda mulai melihat tanda-tanda keausan. Biasanya, karet wiper perlu diganti setiap 6 hingga 12 bulan tergantung pada frekuensi penggunaan dan kondisi cuaca tempat tinggal.


6. Simpan Mobil pada Tempat yang Terlindung 

Paparan sinar matahari secara langsung dan cuaca ekstrem seperti panas yang berlebihan atau dingin yang ekstrem dapat merusak karet wiper. Untuk mengurangi risiko kerusakan akibat faktor lingkungan, disarankan untuk memarkir mobil di tempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung dan elemen cuaca ekstrem. Jika memungkinkan, gunakan kanopi atau carport untuk melindungi mobil Anda dari paparan langsung sinar matahari dan cuaca yang ekstrem.


MILIKI AKSESORIS TOYOTA MENARIK DI AUTO2000 DIGIROOM!


Dalam menjaga kinerja optimal karet wiper mobil, kita telah mempelajari langkah-langkah sederhana namun penting dalam merawatnya. Melalui pembersihan teratur, pemantauan kondisi, dan perhatian terhadap fleksibilitasnya, kita dapat memastikan bahwa karet wiper berfungsi dengan baik untuk membersihkan kaca mobil secara efisien.

Namun, merawat karet wiper hanya satu bagian dari perawatan keseluruhan yang diperlukan untuk menjaga kendaraan dalam kondisi prima. Baik juga untuk diingat pentingnya service berkala setiap 6 bulan merupakan bagian wajib dari perawatan mobil yang baik. Melalui service berkala di Auto2000 Digiroom, Anda dapat memastikan bahwa mobil menerima perawatan menyeluruh oleh teknisi yang terlatih dan menggunakan peralatan berkualitas.


Oleh karena itu, AutoFamily tidak hanya menjaga karet wiper dalam kondisi optimal, tetapi juga memastikan bahwa seluruh sistem mobil Anda berfungsi dengan baik, meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan. Jadi, jangan ragu untuk melakukan service berkala setiap 6 bulan di Auto2000 Digiroom untuk menjaga kendaraan Anda dalam kondisi terbaiknya.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.