Cara Menghitung Kapasitas Mesin Mobil.webp

Cara Menghitung Kapasitas Mesin Mobil dan Contoh Perhitungannya

Diterbitkan28 Mei 2024

Apakah AutoFamily sudah memahami cara menghitung kapasitas mesin mobil? Selain membantu dalam memahami performa kendaraan, mengetahui kapasitas mesin juga memberikan informasi tentang efisiensi bahan bakar, emisi, dan biaya perawatan jangka panjang sehingga menghitung kapasitas mesin menjadi sangat penting.


Sebagai contoh, ketika Anda mempertimbangkan untuk membeli mobil baru, kapasitas mesin menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan. Ini juga penting saat Anda ingin melakukan modifikasi atau upgrade pada mesin kendaraan. Untuk lebih memahaminya, mari simak rumus dan cara mudah menghitung kapasitas mesin mobil melalui artikel ini!


Menghitung Kapasitas Mesin Mobil

Kapasitas mesin sering diukur dalam satuan liter atau cubic centimeters (cc). Kapasitas ini mengacu pada volume total ruang bakar di dalam semua silinder mesin. Ruang bakar sendiri merupakan tempat campuran udara dan bahan bakar dibakar untuk menghasilkan tenaga yang menggerakkan mobil.


Pada umumnya, makin besar kapasitas mesin (cc) mobil, maka makin besar pula ruang bakar yang dimilikinya. Informasi mengenai kapasitas mesin mobil bisa dengan mudah AutoFamily temukan melalui informasi yang tertera di Auto2000 Digiroom, brosur, dan juga showroom dealer Auto2000. Namun, AutoFamily dapat menghitung volume tabung dari silinder mesin dan juga ruang bakar.


Baca juga: Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Toyota


Melalui kedua informasi di atas, Anda akan menemukan jawaban dari kapasitas mesin mobil. Tentunya tidak disarankan melakukan pengukuran sendiri karena terdapat beberapa faktor lainnya yang harus diserahkan pada ahlinya.


TEMUKAN BERBAGAI PILIHAN MOBIL BARU TOYOTA DI AUTO2000 DIGIROOM

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kapasitas Mesin Mobil

Setelah memahami cara menghitung kapasitas mesin mobil, Anda juga perlu memahami bahwa terdapat berbagai faktor penting yang memengaruhi kapasitas mesin. Berikut ini adalah sejumlah faktor penting yang memengaruhi kapasitas mesin kendaraan Anda.


1. Volume Silinder

Volume silinder merupakan indikator langsung dari kemampuan mesin dalam mengambil dan mengompres campuran udara dan bahan bakar yang akan dibakar untuk menghasilkan tenaga. Volume ini dihitung berdasarkan ukuran diameter (bore) dan panjang langkah (stroke) dari piston di dalam silinder. Biasanya, ukuran diameter dan langkah piston yang besar akan memengaruhi besarnya volume silinder sehingga kapasitas mesin juga makin besar.


Baca juga: 5 Komponen Silinder Roda pada Sistem Rem Tromol


2. Jumlah Silinder

Mesin dengan lebih banyak silinder memiliki lebih banyak ruang untuk pembakaran. Ini berarti kapasitas mesin secara keseluruhan juga lebih besar. Contohnya, mesin 4 silinder biasanya memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan dengan mesin V6 atau V8 yang memiliki lebih banyak silinder. Setiap silinder tambahan akan menambah volume total mesin sehingga memungkinkan mesin untuk menghasilkan lebih banyak tenaga dan torsi.


SEGERA JADWALKAN SERVIS BERKALA DI AUTO2000 DIGIROOM UNTUK MEMASTIKAN KEADAAN MOBIL TOYOTA ANDA TETAP PRIMA

3. Ukuran dan Bobot Mobil

Mobil yang lebih besar dan berat umumnya membutuhkan mesin dengan kapasitas lebih besar untuk menghasilkan tenaga yang cukup untuk menggerakkannya. Hal ini disebabkan mobil tersebut memiliki hambatan udara yang lebih besar dan membutuhkan banyak tenaga guna mencapai kecepatan yang sama. Sebaliknya, mobil yang lebih kecil dan ringan dapat berfungsi dengan baik menggunakan mesin yang berkapasitas lebih kecil.


4. Teknologi dan Material

Penggunaan teknologi canggih dan material ringan dapat memengaruhi kapasitas mesin tanpa mengorbankan performa. Penggunaan teknologi canggih, seperti turbocharging dan material ringan aluminium dapat meningkatkan efisiensi dan performa mesin tanpa perlu meningkatkan kapasitas secara signifikan. Ini memungkinkan mobil dengan mesin berkapasitas lebih kecil tetap menghasilkan tenaga yang sama dengan mesin yang lebih besar.


5. Tujuan Penggunaan Kendaraan

Tujuan penggunaan kendaraan juga menentukan kapasitas mesin yang diperlukan. Contohnya, mobil sport dirancang untuk menghasilkan tenaga tinggi dan memiliki performa yang cepat sehingga membutuhkan mesin dengan kapasitas besar. Di sisi lain, kendaraan perkotaan biasanya lebih mengutamakan efisiensi bahan bakar dan emisi rendah sehingga dapat menggunakan mesin dengan kapasitas lebih kecil.


Bagaimana, apakah Anda sekarang sudah lebih memahami cara menghitung kapasitas mesin mobil? Pada prinsipnya, Anda harus mengetahui diameter dan panjang tabung, serta jumlah silinder untuk mengetahui kapasitas mesin (cc) keseluruhan. Langkah ini tentunya dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi, baik dari segi performa maupun efisiensi bahan bakar.


Selain memperhatikan kapasitas, Anda juga perlu memberikan perhatian ekstra terhadap mesin mobil Toyota Anda. Maka dari itu, memahami pentingnya service berkala mobil Toyota tidak dapat diabaikan. Untuk memastikan kinerja optimal dan usia mesin yang panjang, melakukan servis berkala di bengkel resmi seperti Auto2000 adalah langkah yang bijak.


Bersama dengan teknisi terlatih dan menggunakan suku cadang asli, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan Anda selalu dalam kondisi optimal. Segera kunjungi Auto2000 Digiroom untuk menjadwalkan servis dan memastikan mobil Toyota Anda tetap andal.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi. 

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.