Ketahui Cara Membuat Knalpot Mobil Ngebass
Diterbitkan15 Mei 2021
Knalpot adalah komponen pada mobil yang berfungsi sebagai saluran pembuangan hasil pembakaran bahan bakar. Ada kalanya knalpot mengeluarkan bunyi bising karena proses pembakaran tersebut. Hal tersebut sebenarnya normal-normal saja, namun pada saat-saat tertentu terkadang bisa membuat kesal.
Untuk mengatasinya, beberapa orang pun melakukan modifikasi pada knalpot mobil agar menghasilkan suara yang lebih ngebass. Anda tertarik melakukannya? Simak cara membuat knalpot mobil ngebass dalam ulasan berikut ini.
Cara Membuat Knalpot Mobil Ngebass
Membobok knalpot
Cara membuat knalpot mobil ngebass yang paling umum adalah dengan membobok knalpot. Membobok knalpot adalah proses menghilangkan beberapa komponen penyekat yang ada di dalam silencer knalpot mobil.
Membobok knalpot bisa diawali dengan memotong bagian ujung knalpot. Setelah bagian ujung knalpot terbuka, ambil penyekat atau saringan yang ada di dalam silencer knalpot menggunakan las. Jika Anda belum berpengalaman memodifikasi knalpot, sebaiknya proses bobok knalpot ini dilakukan di bengkel atau tempat khusus yang memang menyediakan jasa bobok knalpot.
Menambah corong knalpot
Cara lain yang bisa Anda tempuh untuk membuat knalpot mobil ngebass adalah dengan menambah corong knalpot. Dibandingkan dengan bobok knalpot yang harus membongkar bagian ujung knalpot, cara ini cenderung lebih simpel.
Anda cukup menambahkan corong khusus knalpot pada bagian ujung knalpot mobil. Komponen tambahan ini bisa Anda dapatkan di toko otomotif khusus modifikasi. Sebelum menambahkan corong pada ujung knalpot, pastikan untuk memilih tipe corong yang memang sesuai dengan knalpot mobil Anda agar tidak terjadi kerusakan di masa mendatang.
CEK PENAWARAN TERBAIK TOYOTA YARIS DI SINI!
Menutup moncong knalpot
Selanjutnya, cara membuat knalpot mobil ngebass juga bisa dilakukan dengan menutup moncong knalpot. Tidak perlu khawatir, meski proses ini disebut menutup, namun gas buang dari proses pembakaran bahan bakar bisa tetap keluar dari knalpot.
Ini karena proses menutup moncong knalpot sebenarnya tidak menutup keseluruhan moncong knalpot. Idealnya, teknisi modifikasi mobil sudah tahu berapa ukuran yang pas untuk menghasilkan suara ngebass. Biasanya, bagian tengah moncong knalpot akan disisakan sedikit agar gas buang tetap bisa keluar melalui knalpot.
Baca Juga:Menyesuaikan Kebutuhan Mobil untuk Keluarga
Menambah leher knalpot
Cara terakhir adalah dengan menambah leher knalpot. Teknik ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari proses bobok knalpot. Setelah ujung knalpot dipotong dan penyekat knalpot diambil, Anda bisa mengganti leher knalpot dengan komponen modifikasi.
Untuk menghasilkan suara yang ngebass, biasanya leher knalpot dibuat lebih panjang dari ukuran standar. Ada dua jenis leher knalpot modifikasi untuk keperluan ini, yaitu jenis satu leher dan dua leher. Jenis satu leher memiliki diameter lebih besar daripada ukuran leher asli knalpot. Sementara jenis dua leher merupakan dua pipa berukuran kecil yang disatukan menjadi leher knalpot.
Baca Juga:Cara Mengurus STNK Hilang dan Biaya Penggantiannya
Bagaimana, ternyata cara membuat knalpot mobil ngebass tidak terlalu rumit, bukan? Namun sebenarnya Anda tidak dianjurkan membuat suara knalpot menjadi ngebass karena tidak hanya mengganggu pendengaran pengendara lain, tetapi konsekuensi lainnya adalah menggugurkan garansi mobil tersebut. Daripada fokus pada modifikasi, lebih baik AutoFamily jangan lupa untuk mengecek kondisi mesin mobil kesayangan dengan datang ke bengkel Auto2000.KunjungiDealer Toyotasekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungandi sini.
Promo Terkait
Lihat semuaArtikel Lainnya
Lihat semuaShare With:
AUTO2000 DIGIROOM
Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.