Cara Klaim Asuransi Mobil Toyota yang Lecet atau Baret di Auto2000"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Cara Klaim Asuransi Mobil Toyota yang Lecet atau Baret di Auto2000

Auto2000.co.id – Beberapa di antara Anda pasti ada yang penyok bodi mobilnya lantaran terlibat kecelakaan, entah kecelakaan tunggal atau melibatkan kendaraan lain.

Untuk Anda yang membeli kendaraan Toyota di Auto2000, terutama secara kredit, pasti menggunakan jasa asuransi yang menjadi rekanan Auto2000 untuk menjaga mobil dari risiko hilang atau celaka.

Masalahnya, banyak pengguna mobil yang masih belum paham mengenai tata cara klaim asuransi. Padahal caranya sangat mudah. Nah, tidak pakai urusan yang rumit, inilah langkah mudah klaim asuransi mobil Toyota Anda.

BACA JUGA : Alasan Asuransi Bikin Pelanggan Auto2000 Merasa Tenang 

1. Ikuti prosedur

Beberapa pihak beranggapan bahwa cara klaim asuransi mobil itu menyulitkan. Padahal tidak begitu adanya kalau Anda mau meluangkan waktu untuk mempelajarinya.

Dan ini menjadi hal penting mengingat jika Anda tidak ikuti prosedur dengan baik, ada risiko klaim asuransi mobil bisa ditolak. Kalau begini ceritanya, jadi seperti pepatah lama ‘sudah jatuh tertimpa tangga’.

Sebenarnya prosedur klaim asuransi itu mudah, apalagi di zaman now yang segala sesuatu bisa dilakukan secara digital. Tapi jangan disepelekan, karena kalau Anda tidak melakukannya sesuai syarat dan prosedur, klaim Anda bisa ditolak.

Nah, oleh karena itu, luangkanlah waktu sejenak untuk mempelajari prosedur klaim asuransi mobil ini. Prosedur ini berlaku baik untuk kehilangan maupun kecelakaan. Termasuk pula untuk pertanggungan Comprehensive dan Total Lost Only (TLO).

BACA JUGA : Cara Klaim Asuransi Perbaikan Tabrakan Beruntun di Bengkel Auto2000

2.  Melaporkan kejadian

Langkah pertama adalah melaporkan kejadian kehilangan atau kecelakaan ke cabang asuransi terdekat dengan lokasi kejadian. Langkah ini merupakan langkah paling penting.

Oleh sebab itu, pastikan Anda segera melaporkannya maksimal 3 hari setelah kejadian. Lebih dari 3 hari maka klaim Anda akan hangus dan ditolak.

3. Membuat kronologis kecelakaan

Langkah selanjutnya adalah membuat kronologis kejadian dan mengisi data kerugian yang Anda derita. Buat sewajarnya tanpa perlu menambahkan apa-apa.

BACA JUGA : Pastikan Hal Ini Sebelum Ajukan Klaim Asuransi Perbaikan Mobil di Auto2000 4. Membuat laporan polisi

Satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah membuat laporan ke polisi di area lokasi kejadian. Dari situ Anda akan mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan atau Surat Keterangan Kecelakaan atau Surat Blokir Kendaraan.

4. Masukkan dokumen kendaraan

Tahapan kelima adalah memasukkan data dokumen kendaraan, seperti fotokopi STNK dan fotokopi SIM pengemudi. Jangan lupa sertakan fotokopi polis asuransi Anda.

Oh ya, pastikan semua surat tersebut masih berlaku saat kejadian. Karena kalau surat-surat Anda di atas mati, maka bisa dipastikan klaim asuransi akan ditolak. Jangan remehkan hal ini lantaran akan merugikan kalau sampai terjadi.

BACA JUGA : Demi Kenyamanan, Mohon Tidak Melakukan 6 Hal Ini di Cabang Auto2000

5. Tunggu tim survey

Selesai, Anda tinggal tunggu tim survey memeriksa kondisi fisik kendaraan dan mencocokkan berkas-berkas yang diterima dengan berkas asli yang Anda pegang. Waktu tunggu hingga tim survey datang umumnya butuh waktu maksimal 3 hari kerja.

Sebelum datang, tim survey akan memberitahukannya pada Anda via telepon. Namun kalau ada berkas yang masih harus dilengkapi, Anda akan diberikan waktu hingga 7 hari kerja untuk melengkapi.

Mudahnya untuk pemilik mobil Toyota yang menggunakan asuransi rekanan Auto2000 seperti Garda Oto, dapat langsung membawa mobil ke bengkel resmi Auto2000 untuk melakukan prosedur klaim.

Ini karena di bengkel resmi Auto2000 terdapat tim surveyor dari pihak asuransi yang bisa langsung meng-handle klaim Anda dan memasukkan mobil ke fasilitas perbaikan bodi dan cat Auto2000 jika seluruh syarat formal sudah terpenuhi.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia