Cara Klaim Asuransi Body Mobil Toyota Lecet
Diterbitkan24 Mar 2020
#N/A
Beberapa di antara Anda pasti ada yang penyok bodi mobilnya lantaran terlibat kecelakaan, entah kecelakaan tunggal atau melibatkan kendaraan lain.
Untuk Anda yang membeli kendaraan Toyota diAuto2000, terutama secara kredit, pasti menggunakan jasa asuransi yang menjadi rekanan Auto2000untuk menjaga mobil dari risiko hilang atau celaka.
Masalahnya, banyak pengguna mobil yang masih belum paham mengenai tata cara klaim asuransi. Padahal caranya sangat mudah. Nah, tidak pakai urusan yang rumit, inilah cara klaim asuransi mobil lecet.
1. Ikuti prosedur
Beberapa pihak beranggapan bahwa cara klaim asuransi mobil itu menyulitkan. Padahal tidak begitu adanya kalau Anda mau meluangkan waktu untuk mempelajarinya. Dan ini menjadi hal penting mengingat jika Anda tidak ikuti prosedur dengan baik, ada risiko klaim asuransi mobil bisa ditolak. Kalau begini ceritanya, jadi seperti pepatah lama sudah jatuh tertimpa tangga.
Sebenarnya prosedur klaim asuransi itu mudah, apalagi di zaman now yang segala sesuatu bisa dilakukan secara digital. Tapi jangan disepelekan, karena kalau Anda tidak melakukannya sesuai syarat dan prosedur, klaim Anda bisa ditolak.
Nah, oleh karena itu, luangkanlah waktu sejenak untuk mempelajari prosedur klaim asuransi mobil ini. Prosedur ini berlaku baik untuk kehilangan maupun kecelakaan. Termasuk pula untuk pertanggungan Comprehensive dan Total Lost Only (TLO).
2. Melaporkan kejadian
Langkah pertama adalah melaporkan kejadian kehilangan atau kecelakaan ke cabang asuransi terdekat dengan lokasi kejadian. Langkah ini merupakan langkah paling penting. Oleh sebab itu, pastikan Anda segera melaporkannya maksimal 3 hari setelah kejadian. Lebih dari 3 hari maka klaim Anda akan hangus dan ditolak.
3. Membuat kronologis kecelakaan
Langkah selanjutnya adalah membuat kronologis kejadian dan mengisi data kerugian yang Anda derita. Buat sewajarnya tanpa perlu menambahkan apa-apa.Satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah membuat laporan ke polisi di area lokasi kejadian. Dari situ Anda akan mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan atau Surat Keterangan Kecelakaan atau Surat Blokir Kendaraan.
4. Masukkan dokumen kendaraan
Tahapan kelima adalah memasukkan data dokumen kendaraan, seperti fotokopi STNK dan fotokopi SIM pengemudi. Jangan lupa sertakan fotokopi polis asuransi Anda.
Oh ya, pastikan semua surat tersebut masih berlaku saat kejadian. Karena kalau surat-surat Anda di atas mati, maka bisa dipastikan klaim asuransi akan ditolak. Jangan remehkan hal ini lantaran akan merugikan kalau sampai terjadi.
5. Tunggu tim survey
Selesai, Anda tinggal tunggu tim survey memeriksa kondisi fisik kendaraan dan mencocokkan berkas-berkas yang diterima dengan berkas asli yang Anda pegang. Waktu tunggu hingga tim survey datang umumnya butuh waktu maksimal 3 hari kerja.
Sebelum datang, tim survey akan memberitahukannya pada Anda via telepon. Namun kalau ada berkas yang masih harus dilengkapi, Anda akan diberikan waktu hingga 7 hari kerja untuk melengkapi.
Mudahnya untuk pemilik mobil Toyota yang menggunakan asuransi rekanan Auto2000 seperti Garda Oto, dapat langsung membawa mobil ke bengkel resmi Auto2000 untuk melakukan prosedur klaim.
Ini karena di bengkel resmi Auto2000 terdapat tim surveyor dari pihak asuransi yang bisa langsung meng-handle klaim Anda dan memasukkan mobil ke fasilitas perbaikan bodi dan cat Auto2000 jika seluruh syarat formal sudah terpenuhi. Selain perawartan body dan mesin, di bengkel auto2000 juga bisa melayani servis ac mobil, Ayo bawa mobil anda sekarang ke bengkel auto2000 terdekat agar mobil tetap prima dan tangguh.
Baca Juga: Biaya Servis Mobil di Auto2000 ROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!
Promo Terkait
Lihat semuaArtikel Lainnya
Lihat semuaShare With:
AUTO2000 DIGIROOM
Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.