Cara Bersihkan Lampu Mobil Kuning.webp

5 Cara Bersihkan Lampu Mobil Kuning yang Tepat Agar Tetap Bersih

Diterbitkan28 Mei 2024

Lampu mobil yang bersih dan jernih tidak hanya meningkatkan estetika kendaraan Anda, tetapi juga penting untuk menjaga keamanan berkendara, terutama saat malam hari. Sebab itu penting untuk memahami cara bersihkan lampu mobil kuning agar menjaga kinerjanya tetap optimal. 


Apakah lampu mobil Anda menguning dan membuatnya terlihat kusam? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini Auto2000 akan membahas cara bersihkan lampu mobil kuning dengan efektif. Mari jelajahi lebih dalam cara-cara yang dapat diterapkan untuk membersihkan lampu mobil yang menguning dan membuatnya kembali bersinar seperti baru di bawah ini.


Cara Bersihkan Lampu Mobil Kuning

Lampu mobil yang menguning dapat menjadi masalah yang mengganggu, terutama karena dapat memengaruhi pencahayaan dan estetika kendaraan Anda. Untuk mengatasi lampu mobil yang berubah kuning, terdapat beberapa cara perbaikan yang dapat AutoFamily lakukan di bengkel. Berikut adalah beberapa metode yang dapat diterapkan:


1. Perawatan Profesional

Membawa mobil Anda ke bengkel profesional adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan lampu mobil yang menguning. Teknisi Auto2000 yang terampil dapat menggunakan peralatan dan bahan khusus untuk membersihkan, menghaluskan, dan mengembalikan kilau pada lampu mobil Anda.


Memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam industri otomotif, teknisi ahli di Auto2000 memastikan bahwa setiap detail perawatan kendaraan ditangani dengan sempurna, termasuk membersihkan dan merestorasi lampu mobil Anda.


2. Penggantian Lensa

Jika lampu mobil sudah sangat menguning atau tergores secara signifikan, sebaiknya lakukan penggantian lensa. Bengkel Auto2000 dapat membantu Anda mengganti lensa lampu dengan yang baru dan bersih, sehingga lampu mobil akan kembali terlihat seperti baru.


Baca juga: Ketahui Aturan Warna Lampu Kendaraan Pribadi


3. Polishing 

Bengkel Auto2000 juga menawarkan layanan polishing profesional untuk membersihkan dan menghilangkan baret pada lampu mobil. Proses polishing ini menggunakan alat dan bahan khusus untuk mengembalikan kilau dan kejernihan lampu mobil.


4. Perlindungan Coating

Setelah membersihkan lampu mobil, disarankan untuk mengaplikasikan lapisan pelindung khusus yang dapat melindungi lampu dari faktor-faktor yang menyebabkan penguningan, seperti sinar UV dan polusi. Lapisan pelindung ini dapat membantu lampu mobil tetap bersih dan jernih lebih lama.


5. Perawatan Rutin

Sebaiknya, untuk tetap menjaga setiap komponen mobil selalu dalam kondisi optimal, selalu lakukan servis rutin sesuai dengan saran dan jadwal perawatan rutin dari teknisi bengkel Auto2000. Hal ini penting sebab selain pengecekan, teknisi ahli juga akan melakukan pembersihan berkala dan perlindungan tambahan untuk menjaga komponen mobil termasuk lampu tetap bersih dan berfungsi dengan baik.


BUAT MOBIL TOYOTA ANDA SEMAKIN NYAMAN DENGAN AKSESORIS DARI AUTO2000 DIGIROOM!

Penyebab Lampu Mobil Kuning

Lampu mobil yang menguning bisa menjadi masalah yang umum terjadi, dan ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini. Memahami penyebab penguningan lampu mobil dapat membantu mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk menjaga lampu tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa penyebab umum lampu mobil kuning:


1. Paparan Sinar Matahari

Salah satu penyebab utama penguningan lampu mobil adalah paparan sinar matahari secara langsung. Paparan UV dari sinar matahari dapat menyebabkan degradasi pada lapisan pelindung plastik pada lampu mobil yang pada akhirnya dapat membuatnya menguning dan buram.


2. Oksidasi

Oksidasi adalah proses di mana material plastik pada lampu mobil bereaksi dengan oksigen di udara. Oksidasi ini dapat disebabkan oleh paparan udara terbuka dan kelembaban yang mengakibatkan lampu menjadi kusam dan menguning seiring waktu.


3. Polusi Udara

Partikel polusi udara, seperti debu, kotoran, dan polutan lainnya, dapat menempel pada permukaan lampu mobil dan menyebabkan penguningan. Reaksi antara polutan tersebut dengan cahaya matahari dan udara dapat mempercepat proses oksidasi dan mengurangi kejernihan lampu.


Baca juga: Mengenal Beda Lampu LED Mobil, HID, dan Halogen


4. Penggunaan Produk Pembersih yang Tidak Tepat

Penggunaan produk pembersih yang mengandung bahan kimia keras atau abrasif yang tidak cocok untuk material plastik lampu mobil dapat merusak lapisan permukaan dan menyebabkan penguningan. Pasalnya penggunaan produk yang tidak tepat dan tidak berkualitas dapat mengurangi kejernihan lampu dan membuatnya terlihat kusam.


5. Usia dan Pemakaian

Seperti halnya komponen kendaraan lainnya, lampu mobil juga mengalami penuaan seiring penggunaan dan faktor-faktor lingkungan. Meskipun AutoFamily merawat lampu dengan baik, penggunaan yang terus-menerus dan faktor-faktor lingkungan dapat menyebabkan penguningan dan penurunan kualitas lampu seiring berjalannya waktu.


Melalui perawatan rutin dan penggunaan produk perawatan yang tepat, AutoFamily dapat meminimalkan risiko penguningan lampu mobil serta memastikan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi lampu mobil Anda dan segera lakukan tindakan perawatan yang diperlukan agar dapat menikmati pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan.

Dalam upaya menjaga lampu mobil tetap bersih dan berfungsi dengan baik, AutoFamily perlu mengetahui pentingnya melakukan service berkala mobil Toyota. Sebab itu, bawa mobil Toyota Anda ke bengkel Auto2000 siap memberikan layanan berkualitas untuk kebutuhan perawatan mobil Anda. 

Melalui layanan service berkala yang profesional dan tepercaya, teknisi ahli dari Auto2000 akan membantu menjaga kualitas lampu mobil serta seluruh komponen mobil Toyota Anda tetap prima.


Baca juga: 4 Penyebab Lampu Mobil Tidak Mau Mati


Jangan biarkan lampu mobil yang kuning mengganggu kenyamanan dan keamanan perjalanan Anda. Segera ambil langkah-langkah perawatan yang diperlukan untuk menjaga kejernihan lampu mobil Anda dan kunjungi Auto2000 Digiroom untuk booking service di mana saja dan kapan saja dengan mudah sekarang juga!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.