LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Bagaimana Cara Mengatasi Lampu Mobil Yang Berembun

Ada beberapa cara yang bisa Auto Family lakukan untuk menghilangkan air/embun dari dalam lampu mobil. Mari kita bahas satu persatu ;

1. Menggunakan panas lampu

Cara pertama, Auto Family bisa manfaatkan panas yang dihasilkan dari lampu untuk menguapkan air didalam kaca mobil. Caranya, pertama lepas dulu bolam lampu sein dari lampu ini berfungsi sebagai lubang keluar air dari dalam lampu. Selanjutnya, nyalakan mesin dan nyalakan lampu utama. Tunggu beberapa menit hingga embun menghilang.

Kelemahan dari cara pertama ini mungkin membutuhkan waktu yang lama. Sehingga gunakan cara ini apabila kondisi embun pada lampu masih sedikit.

BACA JUGA : Tips Memperbaiki Karet Wiper yang Berderit

2. Menggunakan udara bertekanan

Cara lain, Auto Family bisa menggunakan udara bertekanan. Caranya dengan menyemprotkan udara bertekanan kedalam lampu melalui lubang bolam lampu utama. Tetapi, ingat untuk melepas semua bolam lampu saat akan menggunakan cara ini. Cara ini terbilang aman apabila tekanan udara yang disemprotkan masih rendah, namun kalau tekanan udara berlebihan justru bisa merusak kaca lampu. Sehingga kalau akan menggunakan cara kedua ini Auto Family harus lebih berhati-hati.

3. Melepas kaca lampu

Cara ketiga, bisa Auto Family lakukan dengan melepas mika lampu. Namun, ini adalah yang tersulit dibandingkan dua cara diatas. Karena, Auto Family harus bisa memisahkan antara kaca lampu dengan reflektor. Pemisahan kedua komponen ini, biasa dilakukan pada aktifitas retrofit lampu (penggantian lampu kepala). Umumnya, mereka menggunakan hair dryer untuk memanaskan bagian seal kaca dan setelah dipanaskan maka kedua komponen ini bisa dipisahkan dengan mudah.

BACA JUGA : 5 Kerusakan pada Wiper Mobil dan Cara Mudah Mengatasinya

Setelah kaca berhasil lepas, Auto Family bisa mengelapnya menggunakan kain lap. Cara ketiga ini, Auto Family gunakan apabila ada keretakan pada sambungan antar kaca lampu dengan mika lampu. Saat akan menyambungkannya kembali jangan lupa beri sealant agar tidak kembali bocor.

4. Menggunakan kain dan kayu

Cara lain, bisa Auto Family gunakan sebuah kain dibantu dengan tongkat/kayu tumpul. Caranya, lepas semua bolam lampu kemudian letakan kain lap pada ujung kayu, kemudian arahkan ujung kayu tersebut kedalam lampu untuk mengelap semua bagian yang berembun. Cara terakhir ini terbilang aman dan mudah, sehingga Auto Family bisa melakukan hal ini dirumah apabila lampu mobil berair.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia