Apa Penyebab Tangki Cadangan Radiator Tak Boleh Diisi Penuh"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Apa Penyebab Tangki Cadangan Radiator Tak Boleh Diisi Penuh

"

Mesin mobil memiliki peranan yang sangat penting. Keberadaannya sangat sensitif jika tidak dijaga dan diperlakukan dengan baik. Mesin mobil bisa kita diibaratkan jantung mobil untuk manusia, sehingga jika mesin rusak, maka mobil tidak akan bisa berfungsi secara normal. Karena material-material yang ada di dalam mobil mengalami disfungsi.

Di dalam rangkaian mobil ada komponen radiator, radiator berfungsi sebagai cairan pendingin yang telah menjadi panas, dan diproses melalui saluran water jacket yang terdiri dari tangki atas, inti radiator dan tangki bawah. Sehingga komponen radiator ini memiliki peran yang sangat penting demi menjaga suhu musin tetap terkendali.

BACA JUGA : Resiko Terlambat ganti Oli Mesin

Radiator biasanya dilengkapi dengan reservoir atau tanki cadangan di dalamnya. Reservoir ini berfungsi sebagai penampung air radiator yang mendidih karena panas mesin mobil saat mobil hidup atau ketika sedang melaju.

Tetapi, perlu kita ketahui bahwa reservoir ini tidak boleh diisi air hingga penuh karena ketika radiator mulai panas berlebih, maka sistem radiator akan bekerja dengan cara memberi tekanan ke dalam tangki cadangan. Kemudian air radiator akan mulai masuk ke reservoir dan jika tangki cadangan ternyata penuh, akibatnya air radiator akan tumpah dan terbuang lewat katup pembuangan.

BACA JUGA : Jangan Sembarangan membersihkan kaca mobil

Dengan begitu mengisi air radiator dalam tangki cadangan sebaiknya sesuai batas yang telah ditentukan di dalam tangki agar jumlahnya bisa sesuai dengan kebutuhan karena jika air radiator terlalu penuh di reservoir proses pendinginan tidak akan optimalRadiator sebaiknya diisi dengan cairan khusus atau radiator coolant. Karena air khusus ini akan mencegah terbentuknya karat dan mencegah endapan yang menyumbat saluran sistem radiator.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000

"
Share this article
Tanya Tasia